Sering Kebelet Pipis, Jangan-jangan Terjangkit Beser!

 


“Aduh, kebelet pipis terus nih…” Adakah yang merasa punya keluhan semacam ini? Hm, kalau temen-temen merasa udah sering pipis dalam batas waktu yang nggak wajar, bisa jadi kita terjangkit yang namanya penyakit beser. Waduh, seperti apa tuh dan kira-kira apa saja penyebabnya?

Masa PPKM dan WFH begini, biasanya banyak dari kita, tak terkecuali saya biasanya lebih banyak duduk, sedikit mager bila ingin pipis. Sekalinya pipis, eh justru kebablasan. Sebaiknya jika kita mengalami gejala semacam ini, jangan dibiarkan ya, jangan-jangan kita terkena penyakit beser yang juga dikenal dengan nama ilmiah Overactive Bladder. 

Beberapa penyebab dari OAB atau beser ini biasanya disebabkan sistem buang air kecil (kemih) tak bekerja sebagaimana mestinya.. Ada kontraksi yang menyebabkan kontraksi otot polos yang tidak disengaja selama kandung kemih diisi oleh urine. Normalnya otot kandung kemih akan berkontraksi saat sudah penuh terisi urine. Kondisi inilah yang nantinya akan memunculkan keinginan untuk berkemih. Parahnya, bila desakan itu makin kuat dan kita tak kuasa menghalanginya, bisa jadi celana dalam tiba-tiba basah alias ngompol. Haduh, jadi salah tingkah semua kan.  

Dari beberapa referensi yang saya baca, ternyata penyebabnya beragam nih, misalnya :

• Idiopatik

Idiopatik ini suatu kondisi dimana penyebabnya tidak diketahui. Misalnya, setelah diperiksakan ke ke dokter, ternyata tubuh kita tidak mengalami diabetes, infeksi saluran kemih atau kondisi medis lain, namun beser tersebut tetap terjadi. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun dan diusia berapapun.

● Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab sering buang air kecil yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika bakteri menyerang saluran kemih.

Hal tersebut menyebabkan peradangan, sehingga mengganggu kemampuan kandung kemih untuk menahan kencing. Gejala khas yang menyertai ISK adalah demam dan nyeri perut bagian bawah atau pinggang.

● Diabetes mellitus

Penyakit yang satu ini membuat kadar gula dalam darah naik. Ginjal sudah berusaha menyaringnya namun tak selamanya bertahan, sehingga urine menampung endapan gula. Rasa ingin kencing secara terus menerus sering dialami. 

● Diabetes insipidus

Diabetes insipidus merupakan suatu kelainan yang menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga membuat pengidapnya jadi sering ingin buang air kecil dan memiliki rasa haus yang berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan waktu tidur malam pengidap menjadi terganggu, bahkan pengidap dapat mengompol.. 

● Efek diuretik

Banyak terdapat di teh, kopi, atau pil diuretik yang digunakan untuk mengatasi hipertensi, hati, dan ginjal. Gejala berikutnya bisa terjadi pusing, nyeri, dan mual. 

● Sindrom nyeri kandung kemih

Saya pun pernah mengalaminya. Rasanya macam orang kebelet pipis tapi keluarnya hanya sedikit atau malah nggak sama sekali. Ini disebabkan jaringan kandung kemih membengkak dan super sensitif. 

● Batu ginjal

Batu-batu kecil yang ada di ginjal akan terbentuk menjadi mineral dan garam.  Selain keinginan untuk selalu berkemih, batu ginjal biasanya muncul dengan gejala urine keluar sedikit dan terasa nyeri ketika berkemih Perubahan warna urine menjadi keruh atau gelap, urine berdarah, dan rasa sakit pada perut bagian bawah. 

● Kehamilan

Ini yang pernah saya alami. Saat kondisi hamil, ternyata bumil sering beser karena bayi makin bertumbuh besar dan menghasilkan hormon yang membuat lebih sering kencing.

Terus Gimana Cara Mencegah dan Mengatasi Beser?

Iyap, di masa pandemi ini tentu kita semua ingin kesehatan prima dan terbaik ya. Buat yang sudah mengalami beser, maupun yang belum pernah, ini dia cara mengatasi dan mencegah beser datang :

●Kalau termasuk perokok, sebaiknya berhenti, sebab nikotin mengiritasi kandung kemih.

●Kalau tubuh mengalami obesitas, sebaiknya segera lakukan perubahan pola hidup supaya BB turun dan tak lagi membuat kandung kemih tertekan

●Atur jumlah air yang diminum. Minum normal saat kondisi santai, namun tambah dengan cairan lebih banyak bila cuaca panas, sedang berolahraga, atau beraktivitas fisik berat.

● Senam kegel

Senam ini melatih otot dasar panggul dan mengencangkan otot dasar panggul yang letaknya diantara kedua kaki. Otot ini yang menopang organ dalam panggul, termasuk kandung kemih dan bisa membantu mengendalikan pola berkemih. Coba cari tutorialnya di YouTube ya, hehe. 

Wah, cukup mudah ya cara mengatasi dan juga pencegahan. Memang dibutuhkan banget yang namanya kondisi sadar sekaligus sabar. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati? Semangat buat yang sedang terkena penyakit beser, dan untuk yang tidak pernah merasakannya, semangat yok hidup sehat supaya kita bisa berkarya lebih produktif dan berkah. 

Untuk tahu cara pencegahan lainnya kunjungi website Beser Indonesia yang dikeluarkan oleh Astellas di www.beser.id. Atau follow juga Instagram @beser_indonesia dan Fanpage Facebook Beser. Salam sehat semuanya.


–  Wassalam – 


Referensi :

https://www.halodoc.com/kesehatan/kandung-kemih-overaktif

https://www.alodokter.com/cystitis

Prita HW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar