Mom, Agar Keluarga Tak Terjangkit Kurap, Kenali Cara Penyebarannya


Mom, masalah infeksi jamur itu tidak bisa dianggap enteng. Infeksi jamur seperti kadas, kurap, atau kutu air bila tidak ditangani maka infeksinya bisa tembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Makanya sebaiknya dicegah sedini mungkin, mom. 

Masalah infeksi jamur kulit itu memang masalah masyarakat yang tinggal di negara-negara tropis dan berudara lembab, salah satunya di Indonesia. Sekitar ratusan ribu sampai jutaan orang terjangkit masalah infeksi kulit mulai dari kadas, kurap, panu, sampai kutu air. Infeksi jamur kulit tidak memandang tempat tinggal dan usia, mau tinggal di desa atau di kota, mau tua dan muda tetap berisiko terhadap penyakit ini.


Sebuah survei mengatakan bahwa penderita infeksi jamur terbanyak itu berada di usia 20 – 30 tahun, mom. Dan perbandingannya sekitar 1,09% pria dan 0,6% wanita. Sekarang ini waktu yang tepat untuk kita membuka mata dan lebih waspada akan infeksi jamur agar tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, ada perlunya kita ketahui dulu bagaimana kadas, kurap, dan sebagian besar infeksi jamur lainnya menyebar.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan sedikit riset, berikut ini beberapa cara penyebarannya.

Dari manusia ke manusia


Ini penyebaran infeksi jamur paling umum, mom. Ketika seseorang bersentuhan  kulit atau memakai handuk atau pakaian dengan orang yang terjangkit infeksi jamur maka kemungkinan besar jamur itu akan menyebar juga ke orang tersebut. Sebagai orang tua, kita harus menjaga benar anak-anak kita agar tidak bersentuhan atau berbagi handuk atau pakaian dengan penderita.

Dari hewan peliharaan ke manusia


Bagi yang memelihara hewan di rumah, tidak ada salahnya rawat dan jaga kesehatan hewan dengan baik karena infeksi jamur itu bisa menular dari hewan yang terjangkit ke manusia. Selain itu hewan lain seperti kuda, kambing, dan kelinci juga bisa menyebarkan infeksi jamur, mom. Pastikan membersihkan diri dengan benar setelah bermain dengan hewan.

Dari tanah ke manusia


Meskipun agak jarang, tapi penularan infeksi jamur dari tanah yang mengandung bakteri penyebab jamur itu mungkin. Jadi kalau memiliki anggota keluarga atau anak yang aktif beraktivitas di luar rumah maka jaga higienitas dengan baik agar tidak terjangkit infeksi jamur.

Itu dia penyebab infeksi jamur, mom. Lalu bagaimana kalau sudah terjangkit? Jangan panik, mom. Kalau ada anggota keluarga terjangkit infeksi jamur pakai aja KRIM 88. Kalau belum tahu, KRIM 88 ini produk varian baru dari obat jamur paling legendaris dan sudah dipakai turun temurun di rumahku yaitu Salep 88.


Varian baru ini punya formula baru yang lembut dan anti lengket sehingga pas untuk penggunaan di area sensitif seperti wajah, lipatan kulit, dan selangkangan. Terus KRIM 88 juga tidak lengket dan cepat menyerap, bikin lupa kalau lagi pakai obat anti jamur. Selain itu KRIM 88 anti bau dan memiliki aroma mint yang menyegarkan, jadi cocok buat dipakai di kaki beralas sepatu, dan yang tidak kalah penting, KRIM 88 punya sensasi dingin yang meredakan rasa gatal.

Anak kecil biasanya lebih rentan terkena infeksi jamur seperti kadas atau kurap, mom. Dan kalau kejadian sama si kecil, KRIM 88 juga aman di pakai anak di atas umur 5 tahun, kalau untuk di bawah umur itu ada baiknya konsultasi dulu sama dokter ya mom.

KRIM 88 bisa didapatkan di toko obat, apotek, dan toko ritail terdekat.

Wassalam,




Prita HW

2 komentar: