Ketahui Penyebab dan 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Berikut Ini



Siapa sih yang ga pernah jerawatan? Pas jaman-jaman ABG mungkin jerawat ini adalah salah satu sumber kegalauan. Hm, tapi ternyata sampai sekarang pun, kalau kita lagi bercermin dan ada titik-titik jerawat, pastinya secara alamiah kita pengen untuk segera mengusirnya. Bener ga? Sebenarnya, apa sih penyebab munculnya jerawat dan sepeti apa cara menghilangkan jerawat secara alami?

Penyebab Jerawat


Kalau tahu penyebabnya, nantinya kita bakal tahu gimana cara untuk mencegah penyebabnya. Kalau sudah terlanjur, bau deh cari tahu cara menghilangkan jerawat secara alami. 

Ternyata jerawat bisa muncul karena folikel rambut yang terdapat di wajah tersumbat. Campuran kotoran, sel kulit mati, dan sebum yang dihasilkan kelenjar keringat adalah biang keladi dari sumbatan ini. 

Sumbatan inilah yang menyebabkan timbulnya infeksi, kemudian meradang dan akhirnya menjadi jerawat. Hm, beberapa sebab asalnya seperti perubahan hormon, stres, pubertas, sering cuci muka, efek samping konsumsi obat ataupun kosmetik, juga keturunan. Termasuk yang mana kira-kira?

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Ada banyak cara yang bisa dicoba, pilih saja salah satunya ya :

1 Bawang Putih Praktis Atasi Jerawat


Caranya, ambil 1 siung bawang putih, potong jadi dua. Lnagsung gosokkan ke jerawat, tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2 Lidah Buaya, Alami Atasi Jerawat


Manfaatkan polifenol yang ada dalam lidah buaya. Caranya iris saja lidah buaya, ambil dagingnya, lalu haluskan seperti bentuk gel. Oleskan ke bagian berjerawat atau seluruh wajah, diamkan 30-45 menit, bilas menggunakan air hangat. 

3 Air lemon, Bisa Hilangkan Jerawat Hingga Bekasnya


Ambil manfaat asam karbonat-L. Caranya potong 1 buah lemon jadi dua bagian, peras dan ambil airnya. Oleskan ke seluruh wajah, termasuk ke bagian berjerawat, diamkan 15-20 menit, bilas dengan air hangat. 

4 Mentimun, Buah Segar yang Bisa Hilangkan Jerawat


Kandungan air, asam amino, antioksidan, dan vitamin A, B, C bisa dimanfaatkan. Caranya iris mentimun tipis-tipis, sebar di seluruh wajah, utamanya yang berjerawat, diamkan 15-30 menit, bilas dengan air hangat.

5 Tomat, Buah Kaya Manfaat yang Bisa Juga untuk Jerawat


Caranya hampir sama seperti timun. Ambil tomat matang, ris tipis-tipis atau blender, oleskan merata ke bagian wajah, diambkan 15-30 menit, bilas dengan air hangat. 

6 Pepaya, Mencerahkan dan Menghilangkan Jerawat


Manfaatkan antioksidan dan enzim papain dalam pepaya. Caranya, ambil pepay amatang dan potong-potong. Haluskan sampai jadi lunak seperti bubur, bisa tambahkan madu atau lemon 1 sendok jika ingin hasil optimal, oles merata, diamkan 20-30 menit, bilas dengan air hangat.

7 Madu Murni, Gunakan Setiap Hari untuk Hilangkan Jerawat


Caranya ambil 1-2 sendok madu, bisa dihangatkan 30 detik saja atau langsung tanpa dihangatkan, oles ke wajah, dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air biasa.

8 Putih Telur, Bunuh Bakteri Penyebab Jerawat


Manfaatkan pula enzim lysonzim yang ada di putih telur. Caranya ambil bagian putih telurnya saja, kocok sampai mengembang. Bisa campurkan dengan perasan air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis (bisa dilewati atau tidak), diamkan 15-30 menit, bilas dengan air hangat. 

9 Masker Beras, Bahan Alami untuk Hilangkan Jerawat


Tahu ga manfaat beras untuk menyerap minyak dan membuat kulit lebih kesat? Bisa gunakan masker beras alami yang berasal dari tumbukan beras dan dicampur dengan bahan organk tertentu, dari kopi, coklat, ataupun bahan tumbuhan dan rempah alami lainnya. Salah satu rekomendasi yang pernah saya coba adalah Hana Masker, baca reviewnya disini

10 Minyak Herbal Sinergi HPAI (Minyak Butbut) Juga Efektif Hilangkan Jerawat


Minyak ini andalan saya banget, khasiatnya banyak. Tak hanya jerawat, tapi juga luka bakar, luka terkena cipratan minyak saat menggoreng, gatal-gatal, sampai bayi rewel, dsb. Bisa juga dioleskan untuk jerawat ke bagian yang berjerawat, diamkan saja, lalu oles dengan air biasa. 

Yap, itu dia rekomendasi cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kita coba. Tapi yang perlu diingat adalah konsisten ya, tergantung seberapa parah jerawat yang sedang kita hadapi. 

Kalau cuma sekali oles tapi jerawatnya cukup parah, ya jangan harap deh. Jadi, sesuaikan usaha kita dengan kondisi yang ada, jangan lupa doa, dan berharap hanya pada Allah yang Maha Menyembuhkan. Bukan pada bahan alami tadi, karena mereka hanya media. Selamat mencoba ya, say no untuk bahan-bahan non alami ya. Dari alam kembali ke alam saja lah. 



Wassalam,





Prita HW

4 komentar: