Hidup Sehat itu Mudah dengan DokterBabe



Mendengar kata dokter, yang saya pikirkan adalah menghindar. Entah kenapa, rasanya bertatap muka dan berkonsultasi dengan dokter di ruangan 'ajaib' nya yang didahului dengan mengantri panjang itu buat saya macam buang-buang waktu dan kurang puas. Saya lebih memilih untuk japri teman yang menempuh pendidikan dokter atau sudah berprofesi jadi dokter. Maunya pakai shortcut ya, hehe.



Dan saat saya tahu ada aplikasi yang memungkinkan bisa konsultasi langsung lewat genggaman gadget, otomatis saya langsung antusias. Iyap, dari media sosial yang tiba-tiba muncul di timeline Instagram, saya tahu ada aplikasi bernama DokterBabe (bacanya dok-ter-ba-be apa dok-ter-be-ib ya?). Sebelumnya sih, yang saya tahu ada macam konsultasi maya juga, tapi lewat website yang lebih enak dibuka lewat PC atau laptop. 


Hm, kalau aplikasi kan lebih memudahkan ya, itu yang ada di benak saya pertama kali. Baiklah, cus download aplikasinya, langsung cari DokterBabe (dengan disambung ya), dan tarrraa, muncullah aplikasi keren ini.




Pertama, sebelum download aplikasinya, saya kepo sama website nya dulu. Ya seperti orang PDKT lah, tak kenal maka tak sayang kan. Nah, sebelum sayang-sayangan, baiknya kenalan dulu :) Dan, setelah lihat kategori Tentang Kami, suka banget dengan visi misinya yang terangkum dalam kalimat sederhana namun mengena ini : Situs kesehatan paling terdepan di Indonesia, membahas secara lengkap dan menyeluruh tentang masalah kesehatan dan tips hidup sehat yang sesuai dengan gaya hidup orang Indonesia.   

Sederhana, tapi serius. 



Pas udah download aplikasinya di handphone, kesan pertama, tampilannya familiar. Image dokter yang cenderung serius bisa lumayan cair dengan karikatur dokter yang manis :) Saya suka warna desainnya, ga bikin mata berat. Halah, cuma warna! Eits, ini elemen yang penting juga loh, soalnya kemampuan mata kita melihat layar elektronik juga ga bisa lama seperti kita melihat halaman tercetak secara langsung, apalagi membaca detail. Jadi, kesan pertama akan menentukan selanjutnya seperti apa. 

Ada 3 fitur standar yang bisa kita buka, mulai dari :
  • Home,  
  • Konsultasi,  
  • Saya
Di fitur Home, kita akan menemukan ada sub kategori di panel atas, mulai dari Terbaru yang pastinya memuat pertanyaan-pertanyaan terbaru dari user yang bisa jadi sama dengan keluhan yang kita alami. 

Untuk kategori Hidup Sehat, kita bisa menyimak artikel-artikel kesehatan yang ringan seputar tema itu. Begitu juga saat kita menyimak kategori lain seperti Kecantikan, Ibu dan Bayi, Keluarga, Kesehatan, dan Intim.



Semua tema lengkap kap, jadi kalau misal kita punya kasus yang mencakup tema-tema itu, bisa banget untuk mendapat pencerahan juga solusi lewat artikel-artikelnya yang menurut saya bermutu dan disertai data ilmiah. Tapi bukan berarti bikin dahi berkerut, karena bahasanya mudah dimengerti oleh orang awam di bidang kesehatan semacam kita :)

Di fitur Konsultasi, kita bisa membaca semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan maksud konsultasi dengan para dokter atau konsultan kesehatan yang menjadi mitra DokterBabe. Lumayan fast response loh, terakhir saya lihat saat menulis ini, ada yang mengajukan pertanyaan dengan keterangan 4 jam lalu, sudah dijawab juga oleh tim dokternya. 

Jawaban yang diberikan juga lumayan runtut, dengan penjelasan asal muasal hal yang ditanyakan (misal penyakit atau kondisi tertentu yang dialami), beserta dasar ilmiah dan juga saran yang bsia dilakukan oleh si penanya untuk mengatasi masalahnya. 

Kalau kita juga ikutan ingin berkonsultasi, nah sekarang ga perlu takut atau menghindar lagi seperti bayangan saya tentang dokter. Langsung klik aja untuk tanya dokter dan kita tinggal mengetikkan pertanyaan yang dibatasi hingga 500 karakter. Mau anonymous juga bisa kok. 

Di fitur Saya, kita bisa melengkapi foto profil. Kalau login via Facebook kayak saya, profile pic nya otomatis persis kayak profile pic Facebook. Praktis. Ada juga kategori Favorite unuk menandai dengan tanda bintang kalau kita ingin menyimpan pertanyaan atau artikel yang related dengan kasus atau kondisi yang kita alami.   

Ada juga Notification kalau kita ingin selalu update dengan DokterBabe. Ada pula penjelasan versi aplikasi kita sudah up to date atau belum, juga S & K Penggunaan Aplikasi yang bisa kita baca.





Informasi dan data saat ini boleh dibilang adalah bentuk 'nyawa' baru. Berlebihan? Ga juga. Dengan informasi dan data yang ada di genggaman, kita bisa menentukan langkah untuk selanjutnya memudahkan apa yang mau kita putuskan. 

Pernah kan ada dalam situasi kepepet, lalu kita sibuk bikin status demi dapat informasi yang cepat kalau lagi males banget hunting info sendiri? Atau malah bolak balik nyamperin search engine supaya dapat hasil yang pas dengan keyword yang berbeda-beda? 

Nah, kalau kita sedang dalam kondisi hectic dan butuh banget informasi seperti lokasi RS terdekat, atau lagi sakit dan ingin cari tahu tentang obat atau penyakit yang lagi kita/saudara/keluarga alami, ga perlu bingung, kita bisa mengandalkan www.dokterbabe.com




Bahkan, untuk obat atau penyakit, udah disusun rapi layaknya glosarium, dari A-Z, dan hebatnya, setiap diklik akan muncul artikel penjelasan detailnya. Wow, ini menurut saya kerja yang kompleks, tapi well done! Silakan dicoba sendiri ya. Memuaskan.

Untuk kategori lainnya, sama seperti di aplikasi via handphone. Hanya, di website ini lebih lengkap dengan informasi dan data yang bisa kita search di atas itu. 

Dengan adanya aplikasi dan website DokterBabe, saya merasa terbantu banget untuk lebih meningkatkan awareness tentang kesehatan. Jadi, ga perlu nunggu sakit, baru kita mau cari informasinya. Makanya, DokterBabe punya tagline andalan : Hidup Sehat itu Mudah. Iyap, absolutely yes! Kesehatan itu berharga sekali, temen-temen. 

Aplikasi DokterBabe di HP android tergolong ringan, cuma 4 MB, dan tampilannya juga ga bikin mata cepat lelah. Cuma, kalau ditambah fitur cari lokasi RS, glosarium obat dan penyakit seperti di website, saya rasa lebih mudah ya. Semuanya hanya dalam satu genggaman.

Dan, yang paling bikin tenang itu : bisa konsultasi gratis dengan dokter ataupun konsultan kesehatannya DokterBabe. Jawabannya juga mengena dan runtut. Hanya, saran saya sih, lebih oke lagi misalnya ditambahkan foto diri dokter dan konsultan kesehatan yang tergabung di DokterBabe beserta profil singkatnya di halaman Tentang Kami yang ada di website, selain perkenalan nama lengkap yang selalu disebutkan saat menjawab pertanyaan di konsultasi. Dengan begitu, trust dari user akan lebih meningkat dan lebih mudah merekomendasikan ke orang lain.

Jadi, kamu udah download apps nya belum? Biar selalu ada yang ngingetin buat hidup sehat :)

More info, kunjungi aja :


Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam DokterBabe Blog Review Competition, dan ditulis berdasarkan pengalaman pribadi



Salam Dunia Gairah,
 

Prita Hw

4 komentar:

  1. Aku sudah install mbk prita, serasa punya dokter pribadi deh .... :)

    BalasHapus
  2. Aku udah follow juga instagramnya. Suka penjelasannya. Mudah dipahami juga :D

    BalasHapus
  3. Mau coba install ah belakangan sll cemas krn emang mau melahirkan dan ada aja keluhan hehehe reviewnya lengkap mb 👍

    BalasHapus
  4. Blm install jg, tapi blogger lg bsnyak review dokter babe yaa

    BalasHapus

target='_blank' rel='nofollow'