April Hamsa, Mantan Jurnalis yang Bertransformasi Menjadi Blogger [Profil Blogger-Part 5]

Halo all! Ketemu lagi dengan profil blogger kali ini, yang bertepatan dengan bulan penuh berkah buat kita semua, Ramadhan Mubarak. Profil yang akan kita ulas kali ini harus memaksa saya untuk bernostalgia macam throwback :) 

Hari itu jadi hari yang lumayan spesial buat saya saat menghadiri workshop "Taking Your Blog to the Next Level" di Dilo, Bogor. Kawan-kawan lama saya ternyata sudah berkumpul disitu tanpa janjian! Selain beberapa yang baru pertama kopdar, lalu ada si MC yang sudah lama nggak kongkow bareng, sampai Aprillia Ekasari, kawan yang paling lama tak bersua. Malahan sampai lupa, kapan terakhir ketemu... Akhirnya, hari itu serasa tak ada peserta lain karena kami asik ngobrol, update kabar ini itu, merangkum materi, live tweet, motret, pfuuuuhh... Untungnya kami berdua keluar sebagai pemenang live tweet. Rempongnya jadi kebayar :D Pamrih dikitan lah ya...!


Aprillia Ekasari

Hm, seperti halnya April yang bingung karena menang arisan kali ini, saya pun bingung mau menuliskannya dari mana. 

Oke, awal perkenalan dengan April adalah saat kami sama-sama tercatat sebagai mahasiswi di Universitas Airlangga Surabaya dan sama-sama memilih Lembaga Pers Kampus bernama Retorika di FISIP, si kampus orange legendaris itu.

Karena untuk masuk Retorika itu lumayan ketat seleksinya (eh, kalau nggak salah ya, Pril, hehe), sejak awal saya sudah kenal sekali dengan kepiawaian April dalam menulis. Dulu, kami sama-sama di staf redaksi dan sibuk wara wiri meliput ini itu. Meski di lingkup mahasiswa, brainstorming nya mirip pers beneran sepertinya. Sampai kemudian saya memilih untuk pamit diri karena kesibukan yang makin bejibun, April lah yang akhirnya menjadi pimpinan redaksi di Retorika.
Momen yang mempertemukan kami lagi dalam lingkup komunitas bernama Sekolah Kehidupan. Sempat diajak ketemuan di sebuah lobby hotel bintang lima dengan inisiator milis SK yang nge-hits banget pada masa itu. Tapi kita ketemu nggak ya, Pril ? Ah, memori saya tak secermat yang saya kira...

Baiklah, sampai kemudian di kehidupan hari ini, saya kenal April yang sekarang, bertransformasi menjadi seorang April Hamsa dengan dua buntut di belakangnya. Keren! Saya setuju dengan pendapat suami April yang bilang bahwa prestasi terbesarnya adalah melahirkan Maxy dan Dema dan kemudian menjadi seorang ibu yang full time untuk mereka. 


April and happy family
Selepas dibuat keki oleh platform bernama multiply (samaan kita), April yang memiliki nama panggilan Sari di keluarganya ini mengelola beberapa blog, sampai akhirnya setia pada satu blog saja sementara waktu, yaitu www.keluargahamsa.com

Katanya sih, April yang dulu sempat menjadi corporate journalist di PT. Infoglobal Surabaya dan aktif sebagai kontributor Majalah KIDS PKPU Surabaya ini, baru aktif nge blog 6 bulan terakhir ini. Dan sempat melewati mommy syndrom yang merasa nggak punya bakat apa-apa, katakanlah seperti jualan, jahit, baking, dan sebagainya. Padahal, bakat terbesarnya adalah menulis, selain karena skill yang sudah terasah pastinya. Buktinya, beberapa prestasi berhasil diraihnya, salah satu di lomba yang saya adakan bersama Kedai Baca WALHI Jatim bekerjasama dengan Perpustakaan Unair :) Hm, kadangkala memang gajah di pelupuk mata tak tampak, tapi semut di seberang lautan justru nampak jelas :)

Jujur, saya sendiri senang sekali melihat transformasi seorang April yang kini lekat dengan julukan mom blogger ini. Desain blog nya nggak bikin sakit mata, sangat clear, dan foto hitam putihnya di header blog udah kayak masterpiece layaknya lukisan Monalisa :) Berkarakter. Jadi, nama judul blog nya yang Keluarga Hamsa makin memperkuat branding nya. Hamsa merupakan penggabungan nama kecil sang suami, Ilham, dan namanya sendiri, Sari. Content nya yang sarat mengupas tentang artikel parenting selain niche gado-gado yang banyak disebut lifestyle, menurut saya udah pas banget dengan title Keluarga Hamsa. Cuma saran nih Pril, dibuat kategori per topik di menu bar kayaknya bakal lebih memudahkan pencarian artikel deh :)

Keren kan tampilan blog ini

Dan, saya baru tahu kalau ternyata kawan saya ini juga sudah punya dua buku antologi, salah satunya adalah cerpen. Dan dua cerpennya pernah dimuat di Deteksi Jawa Pos, media anak mudanya Metropolis. Saya sendiri salut pada seseorang yang bisa well being di tulisan fiksi dan non fiksi. Sebab saya sendiri sulit melakukannya, hehe... Paling oke bikin tulisan fiksi mini yang cuma 200 kata :) Kalau panjang-panjang, udah berasa kaku aja.

Bocorannya nih, si mama muda yang sekarang aktif juga sebagai  web content administrator di www.rumpibayi.com ini akan me-launching satu buku lagi pada 20 Juni nanti. Kita tunggu sama-sama ya! Terus berkarya ya Aprillia Ekasari (dobel L). hehehe...




Berkenalan dengan sosoknya, silakan langsung meluncur >>>

Facebook: April Hamsa

Twitter: @april_hamsa 

IG: @april.hamsa 

email: april@keluargahamsa.com atau aprillia.ekasari@gmail.com





Prita Hw

11 komentar:

  1. Mba April top... senang bertemu dengan banyak blogger keren di jagad dumay ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai Mbak Ira, makasih udah mampir. April mah gitu orangnya mbak, top emang :D

      Hapus
  2. aku kok ngefans dengan cara softsellingmu y, mak mprit
    *gagalfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaela, aku punya fans baru *tidaaaakkk*, yuk ah miy nulis 'softselling2' an, hahaha.. iki promo konco dewe^^

      Hapus
  3. Wah, aku malah lupa klo Prita pernah di milis SK juga hahaha
    hahahha iyo pas Dilo itu untung menang ya, lumayan buat belanja di kerfur :))
    Makasih ulasannya ya Prita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh Pril, ketemu Pak siapa gitu, lupa namanya nih :) Bukunya ditunggu, rek!

      Hapus
  4. semoga tambah sukses mbak April, sukses pula untuk buku terbarunya

    BalasHapus
  5. woaaah keren, aku juga lagi proses untuk masuk lpm ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, ayo semangattt Puj yahhhh...Pasti bisa! *sambilbawapompom* :D

      Hapus
  6. Saya juga baru kenal mba April sebulan ini, ketemu dibeberapa acara juga. Eh ternyata tinggalnya sama-sama di Depok ,hampir berdekatan. Humble deh orangnya

    BalasHapus