Sosok Ayah Ugi, Ayah Blogger Asal Jember dari Sekian Banyak Blogger Perempuan


Senang sekali rasanya bisa mengenal sosok Ayah Ugi, begitu saya lebih akrab memanggilnya sejak kali pertama. Semua bermula saat saya membuka Online Blogging Class The Jannah Institute bagi pemula. Siapa sangka, dalam deretan mentee, ada sosok blogger laki-laki. Lah, memangnya kenapa? Bukan apa-apa sih, yang saya tahu, dominasi blogger perempuan dan dari kalangan mom blogger itu nyata soalnya, hehe. 

Punya mentee dengan daya tangkap cepat dan fast response jadi satu hal yang memudahkan bagi saya. Kalau saya lagi mengerjakan hal lain dan agak lama menanggapi pertanyaan di WAG kelas, Ayah Ugi dengan gercep membantu saya menjawab pertanyaan, atau mengulang penjelasan saya dengan bahasa yang mudah. Bahkan, tak segan untuk memberikan tutorial ke peserta lainnya karena ia lebih dulu mempraktikkannya. Wah, how lucky I am kan punya mentee begini. Thanks Ayah Ugi. 

Usut punya usut, ternyata Ayah Ugi yang bernama lengkap Sugianto ini memang pernah punya basic keilmuan di bidang pemrograman, hm pantesan kan! Ia pernah mengenyam pendidikan D1 Manajemen Informatika di Magistra Utama, mengambil kekhususan Bahasa Pemrograman dan Desain Grafis (lulus tahun 2005) sebelum menuntaskan Strata 1 nya di FKIP Bahasa Inggris Universitas Jember (lulus tahun 2014).

Memilih Niche Parenting  

Saat ditanya kenapa membuat blog khusus parenting saat pertama kali praktik di kelas yang saya ampu, alasannya sebab banyak ilmu yang Ayah Ugi dapatkan dari seminar parenting yang telah diikutinya. "Sayang kalau ilmunya hanya berhenti di saya aja," ungkapnya suatu kali. 

Menurut saya ini unik, sebab sekali lagi, dunia parenting biasanya diisi oleh kalangan ibu-ibu, parenting blogger juga banyak emak-emaknya. Juarangggg banget ayah atau blogger laki-laki yang khusus mengambil niche ini. Ternyata baru saya tahu memang ada ya komunitas fathering yang mencoba menciptakan circle untuk speak up tentang pentingnya peran ayah dalam pengasuhan. Misalnya nih seperti Abah Ihsan, Ayah Rinaldi, Ayah Irwan, atau Kak Awam Prakoso yang akhir-akhir ini rajin ngonten tentang parenting juga di media sosialnya. 

Keren nih kalau bisa konsisten di jalur ini. Apalagi selain mendapatkan ilmu di seminar, Ayah Ugi juga berbagi best practice nya saat mengasuh dua putrinya ditambah satu putranya yang makin melengkapi kebahagiaan suami dari perempuan asli Malang ini.

Ayah dari Adeeva Afsheen Myesha Naufalyn Sugianto (6 tahun), Balqis Layyina Rafa' Sugianto (4 tahun), dan Muhammad Alwy El Rumi (  tahun) ini ternyata tak puas hanya memiliki 1 blog saja, ia juga merambah niche lain yaitu lifestyle dengan menggunakan nama putri pertamanya, yaitu www.deevacollection.com. 

Berkolaborasi Bersama 

Rasanya kalau dijabarkan semua di sini, tentang jejak rekam Ayah Ugi yang juga sempat memiliki nick name Kang Sugianto ini, jadi panjang kali lebar ya, jadi sebaiknya temen-temen langsung meluncur aja ke halaman profilnya berikut ini. Di situ jelas banget terlihat kalau sosok ayah tiga anak ini sudah malang melintang di dunia organisasi dan saat ini juga memiliki banyak relasi. Salah satunya juga karena pekerjaan sehari-harinya sebagai amil di RIZKI Jember, sebuah lembaga filantropi berbasis Islam. 

Setelah ikutan kelas blog dan akhirnya tercebur juga di dunia blog karena mempraktikkan secara total materi-materi di kelas basic, intermediate, dan juga advance (nah, salah satu materi kelas advance ini adalah berjejaring dan ikuti komunitas blogger yang recommended, dan Ayah Ugi did it!), rupanya Ayah Ugi ketagihan menemukan skills-set nya yang lain. Tercatat ia pun mengikuti kelas-kelas blog lainnya untuk memperdalam, lalu kelas Instagram di The Jannah Institute, fotografi, juga tak lupa kelas Online Writing Class (OWC) di The Jannah Institute juga. Lengkap dan multi talent sekali kan!

Nah, di OWC batch 3 lah kemudian Ayah Ugi menerbitkan buku antologi bersama saya dan puluhan penulis dari berbagai daerah lainnya dalam judul buku "Tak Apa-Apa Ada Pandemi, Allah Bersama Kita" pada Oktober 2021. 



Tak berhenti di situ, melihat potensi Ayah Ugi yang luar biasa semangat buat nevers stop learning dan makin mengukuhkan eksistensinya sebagai seorang blogger, saya menawarkan dirinya menjadi partner saya dan suami dalam Online Blogging Class batch 6. Senang rasanya bisa berkolaborasi dengan alumni yang akhirnya bisa konsisten di dunia blogging dan mempertahankan eksistensinya. 

 


Saat ini, saya juga mengajak Ayah Ugi untuk menjadi bagian dari Blogger Jember Sueger untuk bisa mengembangkan komunitas blogger di Jember lebih berkembang ke depannya. 

Semoga sosok ayah blogger seperti Ayah Ugi akan bermunculan terus ya, biar seimbang dengan emak-emak blogger dan makin memperkaya perspekstif kita sebagai blogger.       


- Wassalam - 

Prita HW

1 komentar:

  1. Masya Allah, nangis baca tulisan ini sekaligus menjadi regleksi bagi diri

    BalasHapus