HokBen Pasti Aman Pasti Halal Hadir di Jember, Siapa yang Udah Nunggu-nunggu?


Kini, Hoka Hoka Bento yang sejak 2013 rebranding dengan penyebutan HokBen saja sudah ada di Jember loh, tepatnya di Jember Roxy Square. Dengan tagline "Pasti Aman Pasti Halal", kamu nggak perlu bertanyea-tanyea lagi ya soal yang satu ini, hehe. Rasanya bagai menunggu jodoh yang tak kunjung datang, dan akhirnya semua rasa rindu berpadu jadi satu di pembukaan gerai HokBen Jember sebagai gerai ke 338 di Indonesia ini. Rasanya pengen teriak dan ngomong ke seluruh Jember, "Woiii, ini loh resto Jepang favorit kalian semua, udah buka di Jember! Buruan ke sini yuk!"

Rasanya udah seperti pucuk dicinta, ulam pun tiba, itu yang saya rasakan saat mendengar kabar akan dibuka gerai resto Jepang terfavorit yang udah saya tunggu-tunggu sejak lama. 

Maklum, dulunya saya kan nomaden ya, dari live in Surabaya, Semarang, Balikpapan, hingga Bekasi, mampir ke HokBen ini udah macem jadi rutinitas. Apalagi kalau pas jalan-jalan di mall atau ngumpul weekend bareng temen-temen atau tim kantor. Makanya, saat bareng-bareng ada undangan buat eksklusif menikmati menu-menu andalan HokBen perdana di Jember bareng temen-temen Blogger Jember, huaaaaaa, udah nano nano banget. Memang bener kalau HokBen menggambarkannya dengan frase #menyatukanrasa. 



Di siang hari cukup terik, Kamis, 15 Desember kemarin, saya dan juga suami langsung meluncur ke Jember Roxy Square. Udah lama rasanya nggak mampir ke sini, dan tahu-tahu mampir udah ada HokBen aja. Pemilihan tempat di Roxy ini juga merupakan tempat strategis sih menurut saya buat warga Jember untuk berkunjung, sebab semua gerai yang paling dicari-cari ada di sini, dan suasananya cukup cozy.

Pembukaan HokBen Pasti Aman Pasti Halal Diawali Sharing Session Makanan Halal

Berkomitmen menyajikan yang terbaik bagi pelanggan, dalam launching gerai HokBen Jember, tak lupa diberikan pula edukasi tentang makanan halal lewat sharing session yang menghadirkan Farukil Ulum, Senior Manager PT. Eka Bogainti (perseroan yang menaungi HokBen), dan juga Lilik Fatmawati, STP. MAP, Senior Auditor & Konsultan Halal LPPOM MUI Jawa Timur. 

Dimulai sekitar pukul 13.30, sharing session diawali penjelasan lengkap oleh Ibu Lilik yang rupanya sangat terkesan dengan Jember karena masyarakatnya yang ramah dan menurutnya sangat helpful. Dari penjelasan Ibu Lilik lah saya jadi tahu kalau ternyata pengurusan sertifikasi halal bagi restoran ini sangat ketat demi menjamin keamanan masyarakat.

Maklum, menurut data Kemendagri (dilansir dari dataindonesia.id), jumlah masyarakat muslim di Indonesia mencapai 237,53 juta jiwa per 31 Desember 2021 atau 86,9 % populasi keseluruhan penduduk. Kehalalan suatu produk tentu menjadi pertimbangan utama masyarakat muslim untuk mengonsumsi suatu produk. 

Ternyata menurut penjelasan Ibu Lilik, produk halal secara substansi terdiri dari bahan halal ditambah fasilitas bebas kontaminasi bahan haram/najis, baru kemudian menghasilkan produk halal. 

Nah, kontaminasi bahan haram/najis ini ada banyak banget sumbernya, bisa dari alat-alat masak, ataupun campuran-campuran bahan lain, apalagi kalau restoran menjual produk minuman beralkohol atau jenis makanan non halal seperti babi, dsb. Baru tahu juga dari penjelasan kemarin, kalau ternyata rules "Dilarang membawa makanan/minuman dari luar" yang tertera di setiap resto tuh merupakan standar dari MUI demi menjaga keamanan dan kehalalan semua menu yang disajikan di sebuah restoran. Oalah, ternyata ya. Baru tahu juga, nggak?

Tak heran, jika HokBen memiliki komitmen yang kuat menyoal ini. Sejalan dengan visi utamanya yaitu "Bring goodness to nourish people's life through creating and providing food with integrity". Karena itu juga, Bapak Ulum mengatakan bahwa tak hanya halal, sajian menu-menu HokBen juga non MSG. Wah, masyaaAllah, ini hal baru yang baru saya tahu juga! Surprised banget.

Perjalanan 37 tahun HokBen yang sama persis seperti umur saya sekarang ini tentunya sudah melewati asam manis perjalanan banget. Yang sempat saya rekam dan juga saya tanyakan di sesi tanya jawab, "kenapa sih HokBen Jember baru buka di tahun 2022?" adalah dimulai 18 April 1985 dibuka gerai pertama di Jakarta, lalu mulai tahun 2005 dibuka di ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya, tahun 2013 rebranding dari Hoka Hoka Bento menjadi HokBen, dan baru di tahun 2022 HokBen Jember dibuka. Bayangkan, dari Surabaya yang hanya berjarak 4 jam dari Jember, butuh waktu 17 tahun. Sungguh penantian yang panjang, hehe.    

Menurut Tedy Setiadi, Area Manager HokBen Jatim, Lombok, dan Bali, kehadiran HokBen di Jember ini memang sudah ditunggu-tunggu sehingga nggak perlu lagi harus pergi ke luar kota Jember atau memakai jasa titipan (jastip). Ini sejalan dengan yang disampaikan Fransisca Lucky, General Manager HokBen, "pembukaan gerai ini menjawab harapan dan kebutuhan pelanggan HokBen di Jawa Timur, khususnya di Kota Jember. Semoga ke depannya dalam waktu dekat, kami bisa memperluas layanan ke lebih banyak lagi kota-kota di Jawa Timur”.

Menu Andalan Hokben Jember yang Saya Coba dan Menu HokBen Jember Lainnya

Sebelum menikmati menu spesialnya, terlebih dulu, saya dan kawan-kawan blogger serta media lainnya menyaksikan sajian tarian khas Jember dan diteruskan simbolis pemotongan pita peremian gerai ke-338 HokBen di Jember ini.

Penasaran kan menu apa yang saya coba? Kemaren saya mencoba menu Bento Special 4 yang langsung berupa meal box. Paketnya tediri dari nasi, salad favorit saya banget, beef teriyaki, tori no teba, ebi furai, ebi fried, dan termasuk teh botol Sosro yang eksklusif dikemas untuk HokBen. 

Begitu disajikan, ada rasa yang benar-benar spesial, berasa nostalgia menikmati HokBen di kota-kota sebelumnya. Jujur, itu yang benar-benar saya rasakan. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian menikmati HokBen di kampung halaman sendiri. 



Yang paling saya suka, saladnya itu benar-benar melengkapi renyahnya
ebi furai, ebi fried, dan juga lezatnya tori no teba. Apalagi beef teriyaki nya jangan ditanya. Dicocol saus sambal dan mayonaise saladnya, perpaduan rasanya itu passss banget. Buat saya yang gampang eneg ketika makan daging-dagingan, ini tuh menyeimbangkan semuanya. Porsinya buat dimakan sendirian, kenyang maksimal, tapi nggak berlebihan juga. Porsi nasinya medium sih menurut saya, karena lauknya udah sangat beragam. 


Menurut Pak Ulum yang dibenarkan pula oleh Pak Tedy, 
beef teriyaki, dkk nya yang saya coba tadi, itu merupakan menu-menu signature HokBen sejak dahulu kala. Irma, Marketing Communication HokBen juga menambahkan, ada pula ekkado, menu signature yang diciptakan chef HokBen sendiri, berasal dari kata egg (telur) dan kado atau hadiah karena penampilannya dibungkus bak pita kado. Jadi, itu bukan nama masakan Jepang ya, hehe. 

Layanan dan Promo HokBen Roxy Jember

HokBen Jember di Roxy Square juga menyediakan layanan yang sama berkualitasnya dengan gerai lainnya di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia yang telah menerima berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional seperti : 

  • Penghargaan dari HerStory Indonesia 
  • Moms Favorite Kids Brand Awards 2022 in category ‘kids Restaurant’
  • Indonesia Best Millenial Women Brand Choice 2021 with Great Marketing Strategy in category Fast Food dari Warta Ekonomi, 
  • Penghargaan ‘Millenials Top Brand Awards’ dari Warta Ekonomi di tahun 2019
  • Brand of the Year 2017–2018 Quick Service Restaurants Indonesia dari World Branding Awards
  • Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dari Survey Brand Asia 2017 Nikkei BP Consulting, Inc cooperation with Markplus,Inc

HokBen berkomitmen menyediakan layanan yang terdiri dari : 

  • Indoor dan outdoor space yang nyaman untuk dine in engan ketersediaan 85 kursi
  • Take away alias bisa bawa pulang makanan
  • Delivery alias pesan antar
  • Order online yang bisa dilakukan melalui GOFood, Shopee Food, dan Grab Food
Poin plusnya juga menurut saya nih, ada edukasi lingkungannya juga buat membiasakan green lifestyle dan bertanggung jawab dengan sisa makanan kita sendiri. Biasalah Indonesia, mesti banget diulang-ulang hal macem gini.


Catet juga nih ya, promo-promo yang diadakan HokBen Roxy Jember khusus buat warga Jember tercinta :

  • 16 dan 19 Desember 2022, akan ada hadiah payung HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)
  • 17 dan 20 Desember 2022, akan ada hadiah bantal HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)
  • 18 dan 21 Desember 2022 akan ada hadiah tumbler untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)
  • 22 Desember 2022 FREE Voucher Makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000,- setiap transaksi minimal Rp. 150.000,- (sudah termasuk pajak)
  • Lucky Dip mulai tanggal 26 Desember 2022–20 Januari 2023 setiap hari Senin-Kamis berupa hadiah menarik untuk setiap transaksi minimal Rp. 80.000,- nett
  • 16 Desember 2022–19 Januari 2023 setiap pembelian Paket HokBen Fried Chicken 2pcs + Nasi + TehBotol Sosro akan mendapatkan harga khusus dari Rp. 61.000,- menjadi Rp. 42.000,- (sudah termasuk pajak)
Senangnya bisa silaturrahim bareng kawan-kawan blogger dan bisa mencicipi menu perdana HokBen di kota Jember. Apalagi pulangnya selain kenyang, juga dapet rejeki voucher gegara jawab kuis dan masih membawa goodie bag yang berisi t-shirt, tupperware tumblr glass, e-money tap cash card eksklusif HokBen, dan juga blocknote. 





Terimakasih HokBen Jember sudah memastikan #pastiamanpastihalal buat kami semua ya. Pengalaman kemarin bagi saya benar-bener merasakan nilai-nilai HokBen yang disampaikan tersirat di pattern nya, yaitu parents & kids, welcoming hello, respect, pride, dan friendship. Bangga ada HokBen di Jember. Jadi, kapan ke sana lagi? 


- Wassalam - 


Note : 

All photo dokpri dan from rurohma (Blogger Jember)

Prita HW

1 komentar: