Review OPPO A54, Smartphone Dua Jutaan dengan Performa High Class yang Bikin Mupeng


Punya resolusi smartphone baru dengan performa high class tapi dengan harga terjangkau? Ini sih saya banget. Makanya, begitu tahu OPPO meluncurkan seri A terbaru, yaitu OPPO A54, saya langsung gercep stalking sana sini dan ini dia review OPPO A54 yang bisa saya bagikan setelah mengikuti press conference pada 29 Maret 2021 yang lalu. Seperti apa?

“OPPO A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021, berbeda dengan suksesornya, OPPO A54 menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4. A54 juga hadir dengan desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable. Sebuah perangkat dengan berbagai pembaharuan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Wah, auto penasaran kan! Yang saya soroti di sini adalah performa high class nya, secara saat ini kebutuhan saya dan mungkin sebagian besar generasi millenial adalah sebagai content creator yang membutuhkan perangkat anti lelet, baterai yang tahan lama, dan OS yang anti nge-lag, bener nggak? Nggak seru kan kalau saat asik desain di Canva, atau saat editing video, tiba-tiba perangkat kita nge-lag atau hang dan baterainya drop? A big no!

Selain itu, tentu kualitas kamera dan desainnya yang stylish juga keunggulan Punch-Hole smart screen nya. 

Oke kita bahas satu-satu ya.


Layar Besar Punch-Hole yang Modern



Layar yang digunakan pada OPPO A54 ini begitu spesial sebab mengusung layar perangkat smartphone yang biasanya disematkan pada smartphone menengah atas. Layar bertipe single punch-hole 6.51 inci (16, 55 cm) menjadi diferensiasi tersendiri. Kehadiran layar ini juga dilengkapi berbagai teknologi tinggi yang biasanya ada pada perangkat Reno5 F. Rasio layar ke bodi mencapai 89,2 %.

Bagi yang berkacamata minus seperti saya (saya minus 7 btw) dan ingin menjaga kesehatan mata, satu hal ini penting banget, apalagi kalau bukan kenyamanan mata. OPPO A54 dilengkapi Eye Care Neo-Display yang menjaga mata sepanjang kita berjibaku dengan smartphone. Dengan smart sunlight screen dan moonlight screen, layar OPPO A54 memiliki pengaturan pencahayaan otomatis sehingga layar nyaman untuk dilihat. Sedangkan Eye Comfort Mode menjadikan layar lebih sehat untuk penglihatan kita, karena akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Dan ini bisa diatur dengan mengaktifkan fiturnya. 

Ada pula AI Smart Backlight yang dapat mempelajari kebiasaan kita saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai. Fitur ini menyesuaikan otomatis kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang biasa kita lakukan. Namanya juga AI ya, hehe.

Performa Andal



OPPO melengkapi A54 dengan Prosesor Mediatek Helio P35. Selain mengunggulkan AI, prosesor ini tidak cukup hanya kencang saja, tapi juga dilengkapi RAM 4GB yang berefek mulus, anti nge-lag. 

Tipe RAM yang digunakan menyertakan LPDDR4X yang memiliki peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibanding sebelumnya. Penyimpanan internal besar 128 Gb juga cukup banget nih untuk menyimpan berbagai file, dokumen, dsb yang di era overload informasi saat ini jadi makin membanjir dan cepet penuh. Apalagi yang sering download atau screenshot sesuatu nih. 

Ada satu rahasia yang diungkapkan, yaitu adanya kompresi RAM ke EMC atau memanfaatkan kemampuan ROM, RAM 4 GB bisa berfungsi seperti RAM 6 GB. Wow!

Kecanggihan teknologi tinggi lainnya yang diterapkan pada OPPO A54 ini adalah 5 sensor suhu, yang secara akurat dapat merasakan sumber panas dan dengan memilih skema pembuangan panas yang paling optimal. 

Spesialnya, perdana, kali ini OPPO mengantongi sertifikasi IP rating pada lini seri A. Dengan IPX4 kedap air dan ketahanan yang telah teruji di laboratorium terhadap tetesan, radiasi, perubahan suhu, dan lainnya, performanya yang andal sudah terintegrasi. 

Bocorannya lagi, ternyata A54 juga dilengkapi dengan 5 lapisan perlindungan. Perangkat ini lulus menjalani 6 tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. Perangkat juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental. Juga 20.000 tes port USB, 28.000 tes jatuh 10 cm, 150.000 tes tombol volume, dan 500.000 tes tombol daya. Luar biasa!

Menyoal baterai, baterainya cukup besar yaitu 5000 mAh. Baterai sebesar ini akan memberikan daya tahan hingga 2,2 hari, melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam, serta 19,9 jam menonton YouTube tanpa henti. A54 dilengkapi dengan perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih dan tinta tahan api untuk proteksi kebakaran level V-0.

Kamera Berkualitas yang Tak Perlu Diragukan 

Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera bokeh adalah yang ditawarkan sebagai satu paket kamera berkualitas yang tak perlu diragukan sesuai kelas OPPO. 



Dazzle Color ketika diaktifkan berefek pada peningkatan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma AI. AI Scene Recognition mendukung pengenalan otomatis saat digunakan, ada 23 suasana yang dapat dikenali oleh perangkat ini. Ultra Night Mode juga bisa menjadi andalan untuk memotret malam hari. OPPO A54 dilengkapi pula fitur untuk mengambil gambar panorama dengan sudut 180°. Sementara itu, AI Beautification 2.0 dapat diakses melalui kamera depan dan belakang. Juga lebih alami karena algoritma AI otomatis mengadaptasi warna kulit dan cahaya sekitar.

Desain Stylish yang Tangguh

Desainnya halus 3D dengan tampilan ramping nan stylish yang memberikan kenyamanan. Tak hanya itu, desainnya juga tangguh karena OPPO menyajikan perangkat seri A terbaru ini dengan material terbaik, rangka tengah setebal 0,2 mm yang berpadu dengan bingkai alumunium  Adanya 3 kamera utama beserta lampu kilat ditempatkan dalam sebuah frame persegi di sudut kiri atas. Warnanya pun berbeda dengan warna perangkat membuatnya makin kelihatan eye catching. 



OPPO tidak lupa menyajikan perangkat lini seri A dengan material terbaik memberikan kesan perangkat yang solid dan juga kokoh. Tidak hanya itu, OPPO juga melakukan optimalisasi struktur perangkat dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan. Bingkai perangkat dibuat dengan teknologi electroplating dengan 3 lapisan penyemprotan yang menghasilkan gradasi bingkai yang halus dengan tampilan modern.

Untuk pilihan warnanya, terdapat dua pilihan yang sama-sama elegan, yaitu Starry Blue dan Crystal Black

Operating System (OS) ColorOS 7.2

OPPO melengkapi A54 dengan sistem operasi mulus ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan seperti HyperBoost, mesin pendorong kinerja yang tersedia eksklusif untuk OPPO. Terdiri dari tiga kemampuan utama, antara lain : scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. HyperBoost memungkinkan aplikasi dan game responsif, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem. 

Fitur Lainnya 

Black Screen Mode memberikan pengalaman baru dan kenyamanan buat kita yang ingin mendengarkan video di YouTube atau di aplikasi lain, dengan layar yang dimatikan. Fitur ini secara efektif mencegah sentuhan yang tidak disengaja dan tentu dapat mengurangi konsumsi daya perangkat.

Photo Translator memanfaatkan bantuan Google Lens, OCR akan mengenali teks saat mengambil foto, lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate. Fitur ini mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia.

Harga Terjangkau



Dengan performa high class yang sudah kita bahas, biasanya ada harga yang harus dibayar dan biasanya pula ditawarkan oleh smartphone di kelas flagship. Namun, OPPO A54 yang dijual di pasaran mulai 1 April 2021, baik secara online di berbagai marketplace di Indonesia maupun offline pada jaringan OPPO Store di seluruh wilayah Indonesia ini, memiliki harga terjangkau dan merupakan rekomendasi smartphone 2 jutaan dari OPPO

Spesifikasi


Kesimpulan

Buat saya yang memang hectic dengan pengelolaan media sosial, menulis di blog, dan juga mengelola beberapa kelas online, rasanya OPPO A54 ini jadi jawaban untuk segera dituntaskan. Apalagi dengan performa high class dan mendukung efisiensi, harga yang ditawarkan sangat terjangkau, di bawah Rp. 3 juta. Nggak salah kan OPPO A54 disebut sebagai rekomendasi smartphone dua jutaan dengan performa high class? 

Wahhh, siapa yang nggak mupeng? Mumpung ada promo special bundling dalam Kebersamaan Baru di Ramadan, temen-temen bisa dapatkan produk-produk terbaru OPPO. Gercep, yuk! 


#OPPOA54

#AllTheFeaturesYouWant


- Wassalam -


Prita HW

13 komentar:

  1. Hapeku juga OPPO mbak, dari jaman jebot masih awet.. hehe. Andalan buat foto2 juga lumayan kameranya soalnya. Jernih

    BalasHapus
  2. desainnya kereen bangeet.. kok gemes. jadi pengeenn.. haha..
    untuk harga 2 jutaan dapet spek yang kayak gitu, udah oke bangeeett

    BalasHapus
  3. dengan performance yang keren begini aku ngga percaya harganya tuh bisa terjangkau yaaa mba. Pasti banyak yang sukaa

    BalasHapus
  4. Fitur AI Smart Backlight-nya mantap. High class dan mendukung efisiensi .. pasti cocok banget buat blogger nih OPPO A54.

    BalasHapus
  5. Yuhuu Pengguna Oppo hadir.
    Waah, ini sih high class, perfoma yanng oke banget dengan harga dua jutaan, cocok banget buat mobile pekerjaannya di dunia onlen.
    Oppo emang sellau berinovasi yaa.

    BalasHapus
  6. Asli OPPO keren banget, OPPO A54 dengan soesifikasi dan fitur mumpuni gini cuma 2jutaan. Murah bangettt 😊

    BalasHapus
  7. Bagus banget HP nya, fiturnya juga lengkap ya. Dengan fitur lengkap kaya gitu harganya cukup terjangkau dan terbilang murah ya, mbak 😊

    BalasHapus
  8. Huaa ternyata harganya 2jutaan ya kirain 3 jutaan gitu soae dari design luarnya terus performanya juga da ok banget nih.

    BalasHapus
  9. Harga dua jutaan tapi style dan spesifikasi macam yang harga di atas dua jutaan yaaa mbak. Recommended nih buat yang cari hp spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  10. Wah ini Oppo A54 puch holenya di pinggir ya jadi gak terlalu ganggu banget. Cocok buat aku smartphone dengan layar lebar apalagi harganay juga gak bikin kantong jebol

    BalasHapus
  11. Huwaaaaaaa...ngiler banget, Mbak. HP ku ini sudha kelap-kelip nggak karuan. Tapi, ini masih kupertahankan karena haru snabung untuk biaya persiapan lahiran. HIhihi. Setiap kali lihat e-commerce langgananku, HP ini sering ada promo, Ya Allah, kuatkan untuk punya HP ini. wkwkwkw

    BalasHapus
  12. Dari dekat, penampilan OPPO A54 sangat memesona yaa..
    Tipikal HP anak muda zaman sekarang banget. Plus speknya yang mumpuni, cocok banget untuk content creator masa kini.

    BalasHapus
  13. Cocok nih buat remaja yg harus belajar daring ya. Ringkes tapi kekuatannya maksimal

    BalasHapus