Tanya Dokter Kandungan Mengenai Vaksinasi yang Hendaknya Dilakukan Selama Masa Kehamilan


Wanita yang sedang hamil memang diharapkan dapat menjaga kandungannya dengan tepat, sehingga selalu sehat. Mulai dari asupan nutrisi apa saja yang dikonsumsi, sampai dengan jenis aktivitas yang dilakukan hendaknya juga harus dikontrol. Apalagi jika seandainya kandungan sudah memasuki usia yang cukup tua. Sebaiknya kita juga harus lebih sering konsultasi atau tanya dokter kandungan bagaimanakah upaya terbaik untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Salah satu langkah proteksi diri bagi wanita hamil agar kandungan bisa senantiasa sehat adalah dengan melakukan imunisasi atau vaksinasi. Dengan imunisasi ini sebenarnya dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga nantinya tidak mudah terserang penyakit. Khususnya adalah penyakit-penyakit serius yang beresiko terhadap buah hati di dalam kandungan. 

Berikut ini diantaranya beberapa jenis imunisasi yang aman dan perlu dilakukan selama maka kehamilan :

Imunisasi influenza

Sekarang ini penyakit flu ada beragam jenisnya, tak hanya influenza biasa, melainkan juga ada beberapa jenis flu baru layaknya flu babi sampai dengan flu burung sehingga harus diwaspadai. Untuk itu agar tidak sampai terserang maka dianjurkan untuk melakukan vaksinasi sedini mungkin. 

Apalagi memang pada wanita yang tengah hamil mudah sekali terserang penyakit ini, karena kekebalan tubuhnya yang lemah, bahkan mungkin akan memicu penyakit yang lebih serius seperti pada paru-paru dan akan menjadi penyebab janin nantinya juga sulit berkembang, hingga menyebabkan kelahiran prematur. Vaksinasi influenza ini aman dilakukan selama masa kehamilan.

Vaksin batuk rejan atau pertusis

Pertusis ini termasuk dalam jenis batuk yang mudah menular, biasanya seseorang akan mengalami batuk kering disertai dengan demam dan perubahan suara yang menjadi nyaring atau melengking. Penyakit ini nantinya juga dapat ditularkan kepada bayi sehingga bisa memicu masalah yang serius, bahkan bisa memicu kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat. Vaksinasi ini penting dilakukan untuk membuat tubuh memiliki antibodi untuk melawannya, sehingga dapat melindungi diri dari serangannya pada kandungan.

Vaksinasi hepatitis B

Hepatitis ini termasuk penyakit serius yang menyerang organ hati, sehingga patut untuk diwaspadai. Karena dapat memicu masalah yang serius bahkan juga kematian. Untuk itu sebelum terlambat hendaknya dilakukan vaksinasi, terutama agar bayi yang dikandung nantinya tidak tertular penyakit berbahaya yang satu ini.

Vaksin hepatitis A

Selain hepatitis B, maka yang tidak kalah berbahaya adalah penyakit hepatitis A, dilakukan guna menghindari penularan dari penyakit liver selama kehamilan. Biasanya penyakit liver ini dapat ditularkan lewat makanan maupun minuman yang tercemar virus tersebut. Penderitanya sendiri akan mengalami beberapa gejala seperti diantaranya adalah demam, mual, mudah muntah dan sejenisnya. Harus diwaspadai dan sebaiknya segera dilakukan pada saat sedang hamil agar tidak menular pada bayi dalam kandungan.

Baca Juga : Cerita Kehamilan 42 Minggu 2 Hari yang Melebihi HPL

Vaksin meningitis

Ini adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi virus dan menyerang selaput otak. Dengan dilakukan vaksinasi ini maka nantinya dapat membantu untuk membentuk antibodi tubuh guna melawan penyakit tersebut. Nantinya pembentukan antibodi tersebut juga akan diteruskan kepada bayi dalam kandungan melalui aliran darah, sehingga mereka juga tidak akan mudah terserang.


Sebaiknya tanya dokter kandungan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi ini untuk memastikan keamanannya. Lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobati, kan? Tidak hanya untuk bumil saja, melainkan juga bayi yang ada dalam kandungan.


Wassalam,





Prita HW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar