Mudahnya Belajar Bahasa Inggris di Neo Study, Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Kekinian yang Cocok untuk Millenial



Belajar bahasa adalah sesuatu yang menyenangkan. Karena secara tidak langsung, berarti kita belajar yang namanya budaya. Terutama belajar Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Ingatan saya lalu kembali pada masa kecil, yang sejak usia 10 tahun sudah minta belajar Bahasa Inggris di sebuah tempat kursus. Lalu, berlanjut mengikuti lomba-lomba speech atau news reading hingga duduk di bangku SMP dan SMA. Begitu juga saat kuliah, meski cenderung pasif. 

Rasanya Bahasa Inggris dulunya memang sudah menyatu dengan keseharian saya. Ijazah nasional juga sudah dikantongi. Tapi, itu dulu. Boleh dibilang "kejayaan" masa lalu. 

Bagaimana dengan sekarang?

Setelah bertransformasi status menjadi emak-emak yang kesehariannya disibukkan dengan urusan domestik, selain menjadi working mom at home lewat aktivitas menulis freelance dan memberikan training public speaking dan writing, jujur rasanya tak semudah dulu. 

Kalau dulu, datang ke tempat kursus secara khusus, seminggu dua kali, masih sempat ya meluangkan waktu. Pikiran juga masih longgar, banyak space untuk menyimpan informasi. Dan, yang lebih penting, penggunaannya masih lebih sering diulang-ulang. Ya iyalah, secara statusnya masih menjadi pelajar atau mahasiswa.
Namun, seiring berkembangnya waktu dan juga zaman tentunya, saya jadi berpikir, apa iya seorang emak-emak freelancer yang bekerja dari rumah juga tak bisa untuk terus mengembangkan diri ?
Jawabannya, tentu bisa! Asalkan ada niat, ada kemauan. Karena emak jaman now, tentunya juga termasuk kategori emak-emak millenial yang masih tergolong tech savvy. Saya contohnya, masih tergolong generasi Y atau millenial yang berada di tahun kelahiran antara 1980 hingga 1995 atau 2000.

Dan yang terpenting lagi, seorang ibu saat ini juga dituntut untuk mengikuti perkembangan putra putrinya yang masuk generasi Z atau bahkan Alfa yang digital banget. Begitu lahir, sudah kenal teknologi, dan pastinya secara otomatis kelak akan berada di era global yang lebih kompleks dari kita saat ini.  

Lalu, adakah solusinya bagi para emak-emak untuk tetap bisa belajar Bahasa Inggris dan mengembangkan diri di tengah kesibukan yang tak pernah putus?


Neo Study adalah aplikasi belajar Bahasa Inggris yang diluncurkan oleh Nexgen English Online.Co., perusahaan asal California, Amerika Serikat yang telah mendapat lisensi eksklusif distribusi konten pembelajaran Bahasa Inggris dari DynEd International. DynEd International merupakan perusahaan populer dan terpercaya di bidang perangkat lunak yang sudah berdiri sejak 32 tahun dengan total 25 juta pengguna di seluruh dunia. 

Yang menjadi andalan dalam aplikasi belajar Bahasa Inggris ini adalah penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat menganalisa perilaku dan data pengguna untuk kemudian memberikan konten otomatis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Bisa diakses kapan saja dan dimana saja, asalkan kita sudah terhubung dengan dunia maya tentu menjadi nilai plus tersendiri. Hemat waktu, tenaga, dan juga biaya pastinya. Cocok sekali untuk kaum millenial, termasuk emak-emak seperti saya. 

Ya, seperti yang kita tahu kan, memasuki era industri 4.0 saat ini, penggunaan teknologi di semua lini memang menjadi andalan setiap orang. Tak hanya urusan transaksi, transportasi, perbankan, bahkan merambah ke urusan belajar yang tak lagi memerlukan sebuah ruang dalam artian fisik.  

Ada banyak lonjakan pembelajaran yang dilakukan secara online oleh pelajar di Indonesia, seperti yang disebutkan dalam cnnindonesia.com. Artinya peluang belajar online termasuk Bahasa Inggris juga memiliki kesempatan besar untuk diakses. Pun, memudahkan kita sebagai pengguna.



Persis seperti yang diungkapkan oleh Artnandia Priaji, Indonesia Chief Representative Officer for Nexgen English Online, Co saat peluncuran Neo Study di Indonesia pada Oktober 2018 yang lalu, "Salah satu keuntungan dari pembelajaran digital adalah fleksibilitas yang memungkinkan pengguna menyesuaikan dengan jadwal pribadi sehingga menghasilkan generasi yang mampu mengintegrasikan pembelajaran dalam gaya hidup personalnya."

Nah, lebih jelasnya, yuk kita tonton video ini dulu :







Saya memilih Neo Study tentu karena berbagai keunggulan di dalamnya. Dan, yang terpenting, sebelum benar-benar terdaftar resmi sebagai peserta belajar di aplikasi ini, kita bisa mencobanya gratis terlebih dulu. 

Setidaknya, menurut saya, ada beberapa keunggulan yang dimiliki Neo Study dibanding aplikasi belajar Bahasa Inggris lainnya, yaitu :

1 Aplikasi mudah diakses, ringan, dan sederhana

Aplikasi Neo Study yang saya download di smartphone cukup ringan (4,3 MB), tidak memenuhi memori, mudah diakses karena otomatis mobile friendly, dan juga sederhana untuk tombol-tombolnya. Meskipun, saat akan melakukan tes penempatan, dsb, kita akan terhubung ke websites nya secara otomatis. Namun, aksesnya juga terhitung sangat cepat.


Memiliki fitur lengkap 

Fitur pengenal suara canggih (advanced speech recognition) melatih mengoreksi pengucapan tiap kata sampai menuntun kita mahir berbahasa Inggris

Fitur Neo Live platform online untuk sesi pelatihan pribadi dimana konten dipersonalisasi tepat sesuai kebutuhan dan jadwal masing-masing pengguna. Di dalam fitur ini, kita akan dilatih langsung oleh native speaker. 

Fitur Try Before You Buy pengguna dapat berlatih Bahasa Inggris sesuai dengan hasil tes penempatan (placement test) dan merasakan semua fitur Neo Study seperti konten adaptif, fitur pengenal suara (speech recognition) untuk melatih pengucapan kalimat Bahasa inggris dengan benar dan tentunya berlatih one-on-one dengan coach bersertifikasi secara langsung melalui video call di fitur live coach session.


3 Memakai sertifikasi internasional dan pengujian CEFR (Common European Framework of Reference for Languages)

Jadi, bahasa yang dipelajari juga bisa dipakai untuk dunia kerja dan pendidikan. Terutama untuk melanjutkan studi ke beberapa kampus di luar negeri, khususnya Amerika Serikat dan Eropa yang sudah menerapkan standarisasi CEFR sebagai salah satu syarat administrasinya.

Kalau penasaran sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kita, ikuti tes bahasa Inggris CEFR gratis dari Neo Study lewat tautan ini.


4 Memiliki program cicilan hingga 12 kali bekerjasama dengan Kredivo melalui DOKU

Bekerjasama dengan Kredivo melalui DOKU selaku channel pembayaran meluncurkan program cicilan hingga 12 kali sebagai solusi pembiayaan bagi yang ingin belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cara yang paling efektif dimana saja dan kapan saja. Program ini telah disosialisasikan sejak Juli 2019.


Bagi yang menggunakan Android dan Iphone, bisa mengunduhnya di Google Play atau App Store. Berikut cara mudah mulai dari download, kemudian login dan register :

1 Ketik saja di Google Play atau App Store  : Neo Study, kemudian download. 




2 Akan tampil aplikasi berwarna biru khas Neo Study dengan pilihan tombol : Sign In, Placement Test, dan Try Now. 

3 Untuk awal, tak ada salahnya kita lakukan Placement Test untuk mengukur kemampuan kita di awal. Tonton video instruksinya terlebih dulu supaya kita mendapat gambaran bagaimana tes penempatannya. Ada yang terdiri dari soal dengan native speaker voice dan ada pula soal berupa teks. 




4 Setelahnya, tak ada salahnya untuk klik Try Now untuk menikmati demo-demo pembelajaran yang nantinya bisa jadi gambaran saat kita benar-benar menjadi penggunanya. Ini nanti akan saya share pengalaman saya ya di bagian selanjutnya. 


5. Setelah mantap dengan Placement Test dan Try Now nya, kita bisa register sesuai data pribadi.




Nah, bagaimana pengalaman saya mencoba aplikasi Neo Study secara langsung? Meskipun baru placement test dan try now ya. Seru sih! Saya berasa dapat pengalaman langsung yang tak terlupakan. Dan, spontan, saat saya coba itu, saya panggil suami dan adik ipar yang baru jadi mahasiswa baru di kota kami untuk ikut melihat proses saya mencoba. Maklum, baru pertama belajar Bahasa Inggris dengan platform online. 

Pertama, saya mau cerita pas coba placement test nya ya. Sebelumnya, saya lihat dulu video instruksinya sampai selesai, sengaja untuk menambah insight. Pas mencoba soal-soalnya langsung,berasa semacam tes internasional yang sebenarnya, karena ada yang menggunakan voice yang berasal dari native speaker, dan ada pula soal teks.


Suaranya cukup clear terdengar di telinga saya. Lalu asiknya lagi, bisa diulang sekali lagi bila kita masih ragu-ragu atau ingin memastikan soal dalam bentuk voice sekali lagi. Lakukan sampai selesai, hm, agak panjang juga sih, cukup lah untuk memetakan penempatan seseorang sesuai level kemampuannya. 

Dan, inilah hasil saya... Kan benar prediksi saya, kurang terasah nih Bahasa Inggris saya sekarang, vocabulary pas-pasan, dan kelemahan saya di structure. Itu yang saya rasakan. Huft, jadi tertantang nih. 

Kedua, saya mencoba try now atau try before buy nya. Ini bagian yang paling seru, karena secara khusus, kita akan diajak banyak belajar speech dengan native speaker juga.

Ini dia isi dari fitur try now atau try before buy nya :


Jadi disini, kita bisa menjawab langsung pertanyaannya dengan mendengar kalimat langsungnya, lalu kita menjawab dengan me-record suara kita. Lucu deh, seru, dan berasa benar-benar sedang berdialog langsung. Kalau spelling kita masih kurang benar, maka akan ada rekomendasi untuk mengulanginya lagi.

Disini saya merasa belajar Bahasa Inggris di Neo Study jadi terasa fun, nggak takut salah, dan lebih berani untuk mengekspresikan diri. Belajar otodidak dengan sentuhan personal digitalisasi ternyata membuat ketagihan dan menciptakan tantangan tersendiri. Saya jadi tertarik untuk benar-benar menjalani program belajarnya dalam waktu dekat. 

Rasakan Sendiri Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Better English, Better Job, Better Travel, dan Better Life

Kalau sudah merasakan sendiri perkembangan belajar yang kita lakukan, pastinya kita akan lebih percaya diri hidup di tengah era global saat ini, karena kita bisa menjadi orang yang lebih valuable. 

Bagi saya, manfaat belajar Bahasa Inggris menjadikan saya bisa menikmati :

Ini boleh dibilang dampak ya, Bahasa Inggris yang semakin terlatih dari hari ke hari akan memberikan hasil perkembangan yang luar biasa. Practice makes perfect, iya kan? Setidaknya meski belum sempurna, habit sudah terbentuk dan kita tinggal meneruskannya. 

Misalnya, bisa lebih rajin juga membaca buku atau bacaan yang berteks Bahasa Inggris, menonton film luar tanpa teks Bahasa Indonesia, atau melafalkan lirik lagu luar favorit dan mencoba memahami maknanya, chatting dengan teman di mancanegara, dan banyak lagi. 

Soal yang ini juga praktis berpengaruh banget. Terutama kalau buat saya yang menjadikan freelance writer dan blogger sebagai profesi utama, tentu saya ingin mencoba meningkatkan fee yang saya terima dengan mencoba tawaran menulis artikel dalam Bahasa Inggris di portal-portal freelancer global. 

Juga, tentu bagus banget untuk memberikan impact pada kemampuan public speaking yang saya kembangkan. Bisa jadi, berikutnyasaya akan belajar Public Speaking in English, meski masih dalam taraf basic. Pun, saat mengikuti forum internasional, short course, dan semacamnya yang jadi impian saya juga. 

Sebagai seorang blogger yang separuh niche blog juga berisi artikel traveling, ini sangat membantu banget. Saat ada job atau liputan keluar negeri, atau saat waktu berulang seperti dulu, saya sempat mendapatkan beasiswa menulis di Singapore meski hanya 3 hari, tentu Bahasa Inggris akan sangat membantu. Berkomunikasi dengan warga lokal tentu akan menjadi keasikan tersendiri kalau kita bisa lancar menggunakan bahasa internasional. 

Puncak dari ketiga perpaduan di atas, akan membuat kualitas hidup kita jadi tambah meningkat. Jika diri kita sendiri sudah cukup berdaya, sebagai emak millenial, jadi lebih percaya diri untuk menularkan pengetahuan dan ilmu yang sudah kita pelajari ke anak-anak nantinya. Menjadi role model untuk anak-anak tercinta tentu menjadi dambaan semua ibu. 

Selain itu, kita juga turut berkontribusi dalam peningkatan SDM yang tengah menjadi program pemerintah, yang di dalamnya terdapat penguasaan Bahasa Inggris sebagai salah satu indikator menjadi negara maju.

Dengan Neo Study, jadi lebih yakin untuk melangkah maju. Kata siapa, emak-emak millenial nggak bisa mengembangkan diri? Belajar Bahasa Inggris kini bisa jadi lebih mudah dan praktis. Selamat mencoba ya dan rasakan pengalaman serunya ~

Info lebih lanjut, langsung saja kunjungi media sosialnya di @nexgen.neo atau email ke : support@nexgenenglishonline.co 



Wassalam,














Sumber :

https://hello.myneo.space/id.php


https://www.antaranews.com/berita/756020/tingkatkan-kualitas-pembelajaran-bahasa-inggris-nexgen-luncurkan-neo


https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191104104212-185-445362/peminat-bimbel-online-capai-jutaan-orang


https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/08/19370961/wicis-dan-pembelajaran-inggris-berbasis-teknologi


Pengalaman pribadi 


Prita HW

23 komentar:

  1. Trima kasih banyak infonya. Ini nih yg saya cari2 dari kemaren. App utk belajar practice english yang flexible

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ketemu ya mbak, semoga bermanfaat ya ☺

      Hapus
  2. Sesibuk apapun emak2 jaman now dalam urusan domestik, tetap ada peluang utk pengembangan diri ya mba, salah duanya melalui aplikasi belajar bahasa Inggris neo study ini.
    Makasih infonya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mb, zamannya udah beda, teknologi bs banget dimanfaatkan, hehe. Makasih juga mbak

      Hapus
  3. Belajar tidak ada batasan usia. Salut dengan ibu yang tetap belajar meski banyak aktivitas lainnya. Bahasa Inggris banyak diminati juga oleh teman-teman TKI di luar negeri. Banyak teman saya yang melanjutkan pendidikan ambil jurusan bahasa Inggris penerjemahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, namanya belajar tanpa batas ya. Luar biasa ya semangat mentemen TKI buat terus upgrade

      Hapus
  4. Info yg sangat berguna kak, aq dlu juga suka blajar bhasa Inggris. Tp skrg kemampuan inggrisku oayah bgt, klo diajak ngomong ngerti balasnya takut salah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku juga ngerasain kayak gitu, hehe. Krn krg latihan aja nih kita ya

      Hapus
  5. pas banget nih kemaren saya juga cariin aplikasi belajar bahasa inggris buat suami karena dia belajar otodidak jadi dikasi apps yang ribet dikit cepet puyeng ini sya langsung download loh mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, cobain langsung mbak sama suami, insyaaAllah mudah nih Neo Study

      Hapus
  6. Neo Study bisa jadi pilihan kita kalau mau serius belajar ya. Lebih mudah, fleksibel dan asyik kalau bisa coba gratis dulu hehehe

    BalasHapus
  7. NEO Study ini solusi jitu buat yg mau memperdalam bahasa Inggris, tapi terbentur oleh waktu ya.
    Mau ceki-ceki aahhh

    BalasHapus
  8. Wah senang sekali baca kabar ini, kebetulan aku juga lg pgn belajar bahasa inggris. Ada neo study, nggak perlu lagi rempong wara wiri tempat les bahasa inggris.

    BalasHapus
  9. Ada layanan coba gratis dulu ya, aku jadi mau juga belajar bahasa Inggris lagi. Duhh sedih ya kalo bahasa yang udah dipelajari dan pernah lancar ngomong, trus lenyap kemampuannya. Anakku nggak mau jadi sparing partner buat belajar

    BalasHapus
  10. Ini aplikasinya berbayar dan bisa bayar dicicil gtu ya berarti?
    Emang nih rasanya setelah gak kerja resmi alaias kantoran kok bahasa inggrisku gak pernah dipakai jdnya gratul2 mau ngomong ya hehe. Bisa dicoba nih belajar pakai NEo ini

    BalasHapus
  11. Jadi ingat kalau dulu les bahasa inggris ribet sekarang jadi mudah banget dengan Neo Study ini ya mbak. Jadi pengen download aplikasinya.

    BalasHapus
  12. Huaa makasih banyak kak sharingnya aplikasi ini cocok nih buat anak-anakku belajar, kayaknya emang mudah ya.

    BalasHapus
  13. Aku jadi pengen install nih menarik banget, jujur aja englishku masih kurang dan untuk speak aja pasif makanya pas terakhir tes kerja aku gagal karena englishku pasif duh

    BalasHapus
  14. aku masih merasa lemah dan ga berani nih buat inggris aktif nya mbak, kayaknya butuh bantuan neo dehhh

    BalasHapus
  15. Aplikasi Neo Study bisa dipakai oleh anak-anak jugakah untuk belajar bahasa Inggris? Pengen banget ngajarin anak bahasa Inggris, beberapa kali kursus tapi berhenti di tengah jalan

    BalasHapus
  16. Aku pengen juga mahir dalam bahasa inggris nih Mba Prita heheeh
    wahhh dedek Tangguh udah diajarin english sejak dini ya Mba, keren.

    BalasHapus
  17. setelah belajar dri sini, harus selalu dilatih juga dgn percakapan :D

    BalasHapus
  18. Wow. Bisa jadi rujukan belajar nih.

    BalasHapus