Tips Sikat Gigi Saat Puasa Ini Bikin Puasamu Tak Sampai Batal



Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Jika seseorang bersiwak dengan siwak yang basah lantas cairan dari siwak tadi terpisah lalu tertelan, atau ada serpihan dari siwak yang ikut tertelan, puasanya batal. Hal ini tidak ada perbedaan di antara para ulama (Syafi’iyah, pen.). Al-Faurani dan yang lainnya menegaskan seperti itu.” (Al-Majmu’, 6: 222)

Sikat gigi saat puasa sering ga sih bikin temen-teman ragu? Hm, kalau saya enggak. Soalnya ada beberapa rules yang sebetulnya sudah jadi petunjuk buat kita agar berhati-hati. Padahal seringnya kalau lagi sikat gigi tuh, saya sampai ber huek huek supaya jangan sampai ada yang masuk tenggorokan.

Ya tapi ga perlu huek huek kayak saya juga.

Ada beberapa tips yang bisa temen-temen coba dari petunjuk yang sudah sangat jelas, yaitu apalagi kalau bukan Al-Qur'an dan Al-hadits. Ini dia :

1 Sikat Gigi Sebelum Adzan Subuh


Sebenarnya menyikat gigi di pagi hari tak ada masalah, asalkan kita bisa memastikan pasta giginya tidak sampai melewati tenggorokan dan masuk ke rongga perut. 

Untuk menjaga bau mulut tetap terjaga di saat puasa, lebih baik akhirkan waktu sikat gigi kita saat menjelang subuh. Sikat bagian-bagian terdalam hingga meminimalisir sisa makanan yang bersarang.

Ga lucu juga kalau sampai ada sisa-sisa makanan yang semacam "cadangan" di dalam mulut saat kita sedang puasa. 

2 Sikat Gigi Saat Masuk Waktu Buka


Biasanya kita kan punya kebiasaan buat mandi di jam sore ya, dan itu deket banget sama waktu buka. Nah, boleh nih sikat gigi pas masuk waktu buka, supaya sisa makanan ga ketumpuk-tumpuk dengan sisa makanan yang baru masuk. 

3 Sikat Gigi dengan Santai dan Tidak Terburu-buru


Kalau yang ini, sudah seharusnya kita lakukan. Ga lain ga bukan untuk menghindari pasta gigi masuk ke dalam rongga tenggorokan. Kita pun tenang karena bisa memastikan dan sikat gigi ga menonok-nohok tak beraturan di dalam rongga mulut. 

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah ketika ditanya apa hukum menggunakan pasta gigi saat berpuasa, jawaban beliau, “Membersihkan gigi saat dengan pasta gigi tidak membatalkan puasa sebagai siwak. Hal ini selama menjaga diri dari sesuatu yang masuk dalam rongga perut. Jika tidak sengaja ada sesuatu yang masuk di dalam, maka tidak batal.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15: 260. Dinukil dari Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 108014).
Namun ada saran dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “Lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka dia berarti telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu ‘Utsaimin, 17: 261-262). 
Semoga bermanfaat ya. Lakukan tips sikat ggi saat puasa di atas supaya puasamu tak sampai batal.

Wassalam,











Prita HW

1 komentar: