Pengalaman Makan Jenis-jenis Soto, Bonus Resep Soto Ayam Jember Kedondong



Kalau ditanya makanan favorit saya apa? SOTO AYAM udah pasti masuk list selain segala jenis sayuran, tanpa terkecuali. Eh, kecuali ilalang, hehe 😆 Rasanya, kuah soto ayam yang khas itu memang jadi candu tersendiri. Ga bisa nolak. Apalagi kalau ditambahkan koya. Hmm.

Uniknya lagi, setiap ke kota yang baru, selalu saya tanya : "soto disini kayak apa? ada khasnya ga?"

Dan hampir selalu ada ya, mentemen.

Misalnya, saat di Surabaya, favorit tuh soto Gubeng Pojok, dan identiknya soto daging kalau disana pas pagi-pagi. Bisa ditemukan diantara sudut pasar pagi gitulah. Ynag paling saya suka tentu taste nya, dan puanasnya kuahnya itu bikin yang makan sampai huha huha. Kemringet, istilah Jawanya. 

O iya, sama soto ayam Lamongan sudah pasti. Yang paling saya suka dari soto ayam Lamongan adalah koyah yang melimpah dan gurihnya kuah kuningnya.

Pas tugas di Semarang 3 tahunan, juga paling suka soto beningnya yang macem soto Kudus itu. Dan hampir di Jawa Tengah, sotonya selalu bening. Soto bening gini tuh rasanya lebih seger, serasa lagi makan sayur bening, hehe. Biasanya ditambah lauk-lauk tambahan, seperti sate jeroan (ati ampela, kulit ayam) juga perkedel. Mangkoknya pun kecil-kecil lucu. 

Tapi bedanya pas ke Pekalongan yang juga bagian dari Jawa Tengah, sempet cobain Tauto, hmm menggoda sekali. Kalau ga salah, pakai daging sapi atau lidah sapi gitu. Punya taste beda juga dari soto daging yang di Surabaya. 




Di Banyumas, Purwokerto beda lagi, saya paling suka juga pas diajakin temen buat coba soto khas Banyumas, Sroto, yang ada di Jalan Bank. Itu soto pake kuah kacang, unik juga. Perpaduan gurih dan manis ala bumbu pecel begitu kira-kira.


Hasil gambar untuk soto khas banyumas purwokerto RM SROTO JALAN BANK
via travelingyuk.com

Pernah juga cobain coto Makassar pas di Semarang tapi, hehe, uenakkk juga. Entahlah kalau di Makassar langsung seperti apa. Saya baru sempet singgah karena transit di bandaranya aja soalnya.

Pas di Jakarta, cobain langsung soto Betawi, punya rasa khas di kuah santannya. Kalau ga salah, dagingnya bisa pilih ayam ataupun sapi.  

O iya, soto mie Bogor juga beda lagi ya, waktu tinggal di Bekasi banyak juga yang jualan di jalan-jalan. Pakai mie kuning, daging, tomat, dan potongan risoles. Kalau kuah sih, ga terlalu gurih ya menurut saya yang terbiasa dengan bumbu Jawa Timur. 


Hasil gambar untuk soto bogor
via resepcaramemasak.info

Yang saya merasa aneh itu sama soto Bandung ga salah. Saat saya lagi trip sama rombongan penerima beasiswa pas jaman kuliah dulu, itu malah kayak rawon gitu seingat saya. Jadi ingat juga, soal soto Surabaya yang jamak banget dijual di Bekasi. Padahal di kotanya langsung, ga ada naming soto Surabaya, hehe. Itu karena yang jual di Bekasi berasal dari Surabaya. Khasnya, hampir semuanya menawarkan tambahan ceker. Kalau kuahnya mirip soto ayam Lamongan. 

Lalu gimana soto asal Jember sendiri? Sebenernya, di Jember juga ga ada sebutan soto Jember. Tapi, menurut saya, yang isinya termasuk komplit ya di Jember ini. Mulai dari soun, kol, kentang rebus atau irisan tipis kentang goreng, telur biasa atau telur asin, potongan ayam, seledri, bawang goreng, tomat, juga kecambah atau tauge. Tuh, komplit, kan? Ditambah koyah juga. Yang terkenal ada soto Ayu di pojokan Pasar Tanjung atau soto Dahlok di jalan utama yang disebut Jalan Raya. 

Nah, saya pernah buat soto ayam sendiri di rumah. Soto ayam kedondong, seperti apa? 

Resep Soto Ayam Jember Plus Kedondong

Pernah tuh di Jember lagi booming soto degan. Eh, di Banyuwangi juga sih waktu itu. Itu loh, soto yang diwadahi buah kelapa muda yang biasanya berisi air kelapa mudanya. 

Lalu, saya kepikiran coba buat soto ayam sendiri di rumah, sekalian eksperimen pakai kedondong. Bukan sengaja sih, tapi pas kelupaan beli jeruk nipis buat tambahan kecrutan sotonya, dan sedang ada persediaan kedondong. Pas lagi hamil ceritanya, pas banget Ramadhan tahun lalu 😀 Maapkan, baru dibagi ceritanya sekarang. 






Sudah buka puasa hari ini? Semoga sudah semua ya~ . Akhirnya, baru sempet post foto #dapurpritahw perdana di bulan Ramadhan, krn acara masak memasaknya selalu mepet atau bukber diluar :) . Alhamdulillah, sore ini beres bikin soto ayam endes full isian, ada kol (yg lupa diikutin foto), kecambah panjang, telor asin, ayam suwir, kentang, tomat, taburan seledri, sambel cengek, dannn the important stuff is koyah, alias parutan kelapa disangrai. Hmm. Mayan lah ya daripada beli soto ayam diluar, dapetnya banyakan kuah :) . Soon dibagi resep dan proses masak soto ayam ala ala di blog pritahw.com. Staytune~ . Happy berbuka ya, ati2, brenti sebelum kenyang biar bisa lanjut ibadah yg lain *note to myself :) . #masak #happycooking #sotoayam #kulinernusantara #menufavorit #menunusantara #foodie #foodphotography #flatlays
Sebuah kiriman dibagikan oleh Prita HW | Knowledgepreneur (@pritahw) pada

Bahannya cuma (sesuaikan saja jumlahnya ya) :

Ayam yang direbus dengan bumbu kuning. Masak sampai matang dan beraroma harum, angkat dan suwir-suwir daging ayam,

Soun, rebus

Taoge, rebus

Kentang, rebus, lalu potong-potong

Tomat dan kol segar

Telur asin, potong-potong jadi 1/4 bagian

Daun seledri dan bawang goreng untuk taburan

Kedondong, iris-iris kecil

Koyah bumbu jadi di pasar tradisional 

Bumbunya :

Merica bubuk secukupnya

Serai 1 batang, memarkan

Lengkuas 1 iris

Daun jeruk 1 lembar

Bumbu dasar kuning : cincangan kasar bawang merah dan bawang putih, ketumbar, merica, cincangan kasar kunyit, kemiri, garam, gula, lalu tumis sampai matang

Cara membuatnya :

Setelah semua bahan yang direbus matang, taruh wadah tersendiri masing-masingnya. Hanya kol dan tomat yang dibiarkan segar, tanpa direbus.

Hidangkan soto ayam dengan susunan : soun, taoge, kol, kentang, suwiran daging ayam, irisan telor asin, tomat, daun seledri, bawang goreng, tambahkan koyah sesuai selera (cukup 1-2 sdm), siram atasnya dengan kuah soto panas. Tambahkan irisan kedondong di atasnya.

Sajikan dengan sambal cengek (dari cabe kukus atau rebus disiram kuah soto sedikit) dan kerupuk. Bisa dinikmati dengan nasi atau lontong. 

Gampang, kan? Rasa kedondong yang sedikit asam akan membuat perbedaan saat memakan soto suap demi suap. Coba deh 😊

Asal mula soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo, lambat laun menjadi Soto, orang Makassat menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto, bahkan beberapa tempat ada yang menyebutnya Sauto.  - Dennys Lombard dalam bukunya Nusa Jawa : Silang Budaya


Wassalam,


Prita HW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar