Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto Ternyata Sesimpel Ini



Kali ini, saya bakalan share tentang persiapan memasak ketupat dengan panci presto ya. Bukannya apa-apa. Rasa senang karena lebaran memang seringnya bikin kita euforia. Meski seharusnya memang sedih juga karena bulan yang paling mulia dari seribu bulan nantinya akan meninggalkan kita. Semoga kita bisa bertemu lagi tahun depan, aamin. 

Sebenernya apa yang rutin kita lakukan semacam mempersiapkan kue-kue lebaran, repot-repot masak lontong dan ketupatan, menyiapkan uang-uang kecil dalam amplop lucu, dan mudik adalah semacam tradisi. Bagian dari budaya yang turun temurun. 

Mubah saja sih temen-temen melaksanakannya, asal kita tetep fokus sama goals di akhir-akhir Ramadhan ini ya. Jangan sampai nyesel karena belum sempet melakukan ibadah apapun. Naudzubillah. Ibaratnya nih bulan-bulan diskon dan cashback gede-gedean dari Allah 💓  

Nah, menyiapkan yang terbaik buat tamu-tamu yang nanti silaturrahim dan silah ukhuwah juga bagian dari memanen pahala pasca Ramadhan. Yuk ah, bikin ketupat sendiri dengan cara mudah. 


Sudah menyiapkan momen spesial lebaran nanti dengan kartu ucapan lebaran?

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Siapkan :


Beras secukupnya : sebaiknya rendam dulu kurang lebih 30 menit lalu tiriskan. Isikan 1/3 dari selongsong ketupat kalau berasnya biasa, atau 2/3 bagian kalau menggunakan beras pulen.

Merebus dengan panci presto :


Isi panci presto dengan air sampai agak penuh. Masukkan ketupat sampai terendam sempurna. Masak deh sampai mendidih. Begitu keluar suara nyaring dari panci presto, langsung kecilkan api. Masak lagi kurang lebih 1 jam. Nyalakan api sedang aja ya. 

Setelah merebus dengan panci presto :


Sebelum mebuka tutupnya, keluarin uapnya dulu ya. Ganjal aja dengan besi yang ada di tutup panci atau dengan media lainnya. Kalau uap sudah berhasil keluar keseluruhan, buka tutup panci presto. Gantung ketupat dan angin-anginkan.

Cara menyimpan ketupat dari panci presto :


Kalau ingin menyimpan di kulkas biar awet, kita prefer bungkus dulu dengan plastik. Kalau nantinya mau dihangatkan, kukus aja ketupatnya, jangan direbus. O iya, ketupat yang utuh lebih long lasting daripad ayang sudah dipotong-potong ya. 

Selamat mencoba. Ternyata simpel ya cara memasak ketupat dengan panci presto.


Wassalam,




Prita HW

1 komentar: