Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto Ternyata Sesimpel Ini



Kali ini, saya bakalan share tentang persiapan memasak ketupat dengan panci presto ya. Bukannya apa-apa. Rasa senang karena lebaran memang seringnya bikin kita euforia. Meski seharusnya memang sedih juga karena bulan yang paling mulia dari seribu bulan nantinya akan meninggalkan kita. Semoga kita bisa bertemu lagi tahun depan, aamin. 

Sebenernya apa yang rutin kita lakukan semacam mempersiapkan kue-kue lebaran, repot-repot masak lontong dan ketupatan, menyiapkan uang-uang kecil dalam amplop lucu, dan mudik adalah semacam tradisi. Bagian dari budaya yang turun temurun. 

Mubah saja sih temen-temen melaksanakannya, asal kita tetep fokus sama goals di akhir-akhir Ramadhan ini ya. Jangan sampai nyesel karena belum sempet melakukan ibadah apapun. Naudzubillah. Ibaratnya nih bulan-bulan diskon dan cashback gede-gedean dari Allah 💓  

Nah, menyiapkan yang terbaik buat tamu-tamu yang nanti silaturrahim dan silah ukhuwah juga bagian dari memanen pahala pasca Ramadhan. Yuk ah, bikin ketupat sendiri dengan cara mudah. 


Sudah menyiapkan momen spesial lebaran nanti dengan kartu ucapan lebaran?

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Siapkan :


Beras secukupnya : sebaiknya rendam dulu kurang lebih 30 menit lalu tiriskan. Isikan 1/3 dari selongsong ketupat kalau berasnya biasa, atau 2/3 bagian kalau menggunakan beras pulen.

Merebus dengan panci presto :


Isi panci presto dengan air sampai agak penuh. Masukkan ketupat sampai terendam sempurna. Masak deh sampai mendidih. Begitu keluar suara nyaring dari panci presto, langsung kecilkan api. Masak lagi kurang lebih 1 jam. Nyalakan api sedang aja ya. 

Setelah merebus dengan panci presto :


Sebelum mebuka tutupnya, keluarin uapnya dulu ya. Ganjal aja dengan besi yang ada di tutup panci atau dengan media lainnya. Kalau uap sudah berhasil keluar keseluruhan, buka tutup panci presto. Gantung ketupat dan angin-anginkan.

Cara menyimpan ketupat dari panci presto :


Kalau ingin menyimpan di kulkas biar awet, kita prefer bungkus dulu dengan plastik. Kalau nantinya mau dihangatkan, kukus aja ketupatnya, jangan direbus. O iya, ketupat yang utuh lebih long lasting daripad ayang sudah dipotong-potong ya. 

Selamat mencoba. Ternyata simpel ya cara memasak ketupat dengan panci presto.


Wassalam,




Prita HW

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Halo

    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya pada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang sangat asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN, setelah saya scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus percaya, kemudian dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang kamu dengar tapi aku saksi dan jika aku berbohong mungkin ALLAH mengambil hidupku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman murni dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Nyonya Elina Johnson dari SEMUA PINJAMAN SEMUA GRANT ELINA JOHNSON hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau WHATAPP ON (+234814773939939) untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut ; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ny. Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  3. Anda Selamat Datang di PERUSAHAAN PINJAMAN GLORIA (GLC), kami adalah Perusahaan yang andal, kuat, cepat dan bagus, kami menawarkan jaminan 100% untuk pinjaman luar negeri selama periode ini dengan suku bunga 2%. Siapa pun yang tertarik harus menghubungi kami melalui email dengan informasi di bawah ini;

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    E-mail: gloriasloancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002

    BalasHapus