10 Tempat Buka Puasa Favorit di Jember, Mana Favoritmu?



Momen Ramadhan selalu ditunggu, termasuk buat saya dan keluarga. Selain Ramadhan adalah bulan yang baik dari seribu bulan, di saat inilah waktunya buat mendapat berkali-kali lipat borongan pahala, masyaa Allah 😍 Selain itu, momen buka puasa juga selalu istimewa. Kali ini, saya akan me-review dan merekomendasikan tempat buka puasa favorit di Jember, Jawa Timur.

Dimananya Surabaya sih, Kak? Yes, cuma 4 jam dari Surabaya. Nerus lagi, sampai deh ke Banyuwangi. 

Secara, udah dua tahun ini nih, saya kembali berdomisili di kota kelahiran tercinta. Jangan ditanya rasanya, suenenggg banget, soalnya makanannya enak-enak sih. Gurih dan ga pelit bumbu istilahnya. Ga percaya, cobain aja!

1 Rumah



Rekomendasi pertama yang banyak dijadikan jawaban saat iseng survei di IG Story adalah home sweet home. Iyalah, masakan emak di rumah emang ga ada duanya deh. Siapa yang bisa menyangkal. Itu buat yang tinggal bareng orangtua. 

Sedangkan yang udah mandiri dan membangun keluarga kecil, mungkin masak-masaknya biasa aja, tapi momen kehangatan keluarga itulah yang dicari. Selain itu, ada pahala tersendiri untuk istri yang menyiapkan menu buka puasa suami dan keluarga. Kalau suami juga ikut membantu, maka dapetin sunnahnya juga. Indahnya 😍 

Satu lagi, ibadah lebih khusyuk, anak-anak bisa bebeas main sana sini, dan juga ga pake antri, apalagi macet, hehe. 

2 Masjid




Nah, kalau temen-temen punya jiwa petualang, sekali-kali cobain deh ide untuk keliling dari masjid satu ke masjid lainnya. Sekalian wisata religi kan ya? Selain niat utamanya bisa mempermudah ibadah, karena udah pasti mendahulukan shalat berjamaah, baru berbuka besar.

Hampir setiap masjid kan menyediakan ta'jil gratis dan juga menu berbuka beratnya. Kita juga bisa ikut mendoakan orang-orang yang sudah menyediakan waktu, tenaga, dan uangnya untuk menyiapkan berbuka tadi, supaya makin bertambah berkahnya. 

Kalau di Jember, bisa diurut dari Masjid Jami' Al Baitul Amin, Masjid Raudhatul Muchlisin di Gajah Mada yang hits itu, masjid di Talangsari, masjid di Gebang, Masjid Sevendream City, Masjid di daerah kampus seperti Unej, Poltek, daerah Sumatra, Kalimantan, Jawa, Karimata, dsb hampir semuanya ada di ruas jalan. Nikmat mana yang kita dustakan, kan? 😇


3 Food Bazaar Ramadhan


Ini maksudnya pasar Ramadhan dadakan yang biasanya udah mulai buka lapak jam 3 ke atas. Kalau di sekitar daerah saya di Kaliurang alias deket Mastrip, ramenya udah pasti di seputar Jalan Jawa atau Jalan Kalimantan.

Urutin aja tuh di sepanjang jalan, dari mulai mahasiswa yang jualan untuk galang dana event, buibu, pasar Car Free Day yang biasanya Minggu pagi, berubah jadi sore hari. Mulai dari menu takjil es-esan, aneka lauk pauk untuk dibawa pulang, menu bakaran, dsb lengkap banget. 



Baca juga :


Suka dengan kemeriahannya sih. Tinggal cari sesuai kebutuhan. Lumayan macet juga sih di jam 4-5, tapi ya worth it dengan kebutuhan buka puasa yang ingin dicari.  

4 Grand Cafe



Cafe yang satu ini pasti ga asing lagi buat yang udah lama tinggal di Jember, terutama kalangan kampus. Terletak di Jalan Jawa, seberang SMPN 3 Jember, Grand Cafe yang letaknya di lantai 2 ini selalu ramai dikunjungi, bahkan di bulan-bulan non Ramadhan. 

Grand Cafe sendiri terdri dari 3 lantai, ada musholla yang memudahkan juga aksesnya di lantai 3. Ada VIP Room yang full AC dan berkaca. Ada pula non VIP room yang bisa jadi smoking room juga. Interiornya yang retro dan juga cocok buat penggemar motor, cakep banget. 

Menunya jangan ditanya, andalan semua. Saya paling favorit sih ada nasi goreng atau kwetiauw dengan porsi yang lumayan. Atau sup iga, atau nasi tomyam yang yummy. Mau menu snack semacem singkong goreng, tempe atau tahu dengan bumbu kecap, enak semua. Harga di kisaran 10-20 ribuan lah. Lebih baik reservasi dulu aja kalau mau rombongan.

5 NOG Resto



Pernah lewat Perumahan Gunung Batu Permai? Di ruas jalan utamanya, perhatikan ada tulisan huruf N, O, dan G Resto merah yang mencolok mata. Dengan konsep yang homey, NOG siap memanjakan setiap pengunjungnya. 

Membawa anak-anak juga oke. Ada ayunan dan outdoor space semacem saung-saung dan taman. LCD TV di ruang tengah juga bisa dijadikan pilihan. 

Menunya enak banget, seenak resto. Sambel disini juga andalan banget. Favorit saya adalah sup sehatnya yang terdiri dari sayur-sayuran ditambah tofu, bakso, dan sosis. Sehat banget dan ga too much. Tahu crispynya juga enak. Mau ala seafood, juga ada gurami, udang, nila, dsb. Harga relatif murah, start 10 ribu juga, dan ada musholla.

6 Thelodeh







Baru beberapa hari kemarin, saya search kuliner Jember terbaru di Instagram, eh ketemu dengan yang satu ini. Tempatnya yang menuju puncak Rembangan, pas banget untuk dijadikan tempat menunggu senja dan adzan maghrib tiba.

Lodeh apa yang mau dicari, adaaaa semua, dari lodeh ikan pe, lodeh terong, lodeh apa aja deh. Harganya murmer banget, cuma sekitar 4 ribu an ke atas. 

7 Warung Kembang





Tempat yang satu ini ada dua pilihan, yang pertama di Jalan Raya Ajung, jalan menuju daerah Ambulu dimana pantai-pantai cantik berada. View alamnya dapet banget dan bikin betah. Yang baru buka adalah di kawasan kota, di lantai paling atas gedung Rien Collection di Jalan Gajah Mada. View Jember dari atas juga bisa dirasakan disini. 

Yang spesial, tentu menunya yang serba tradisional. Dan paling suka adalah ada minuman herbalnya, semacam beras kencur, sinom, dan bisa dibikin es yang seger gitu. Harganya murmer, yang di gambar atas itu, paketan berlima cuma 175 ribu loh. Bisa dibayangin ya start berapaan. Ga bikin kantong jebol deh kuliner di Jember. Musholla juga tersedia rapi dan sangat layak disini. 


8 Cafe Tipis Tipis





Cafe yang berada di Jalan Danau Toba ini juga lago gencar-gencarnya promo buat bukber dengan format bancaan alias ala ala tasyakuran. Hm, liwetan kali ya bahasa nasionalnya 😁

Cafe dengan ornamen kayu yang cukup alami ini siap melayani permintaan menu apa saja. Khusus untuk paket bancaan itu cuma start 15 ribu loh per orang. 

9 Kota Cinema Mall





Hm, ini yang lagi kekinian di Jember. Super gres! Sentra entertainment nonton dan kuliner dalam satu tempat. Dan ini yang pertama di Jember.

Kuliner disini sepertinya enak ya, cukup luas juga untuk agenda bukber. Prefer datang lebih dulu ya kalau misal kita belum sempat atau belum pernah sama sekali ke foodcourt nya. Sepertinya, harga start 20 ribu per porsi. Jangan lupa buat shalat juga di mushollanya. 

10 Ukafe Meotel Jember





Ini hotel dengan konsep retro terbaru di Jember. Kafe di dalam hotel yang desainnya unik ini memang menggoda siapa saja buat mampir. Bentuknya bus di atas atap fasad hotelnya.

Pelayanannya profesional sekali ala hotel berkelas, meskipun masih bintang tiga, tapi recommended banget. Ya kafenya, ya hotelnya. Saya pernah mencicipin kopi dan dessert snack disana, sekitar 20 ribu ke atas untuk rate nya. Tapi sepertinya di Ramadhan ini ada promo spesial. 

Pastinya buka puasa di kafe hotel ga se-crowded di kafe biasanya ya. Coba aja. 

Jadi, mau buka puasa dimana? Jangan lupa yang wajib dulu ya diutamakan, lalu sunnahnya, baru deh mubah. Selamat menjalankan puasa.


Wassalam,




Prita HW

2 komentar:

  1. Dari semuanya ini, cuma pernah ke Grand Cafe aja, cuma pesen minum waktu itu hehe.
    Baru tau loh kalo di Kota Cinema Mall ada food courtnya juga.
    Btw car free day diganti sore itu daerah campus atau yang di alun2 kah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, harus dicoba semua mbak Lianny, hehe. Yang di kampus mbak, CFD nya Unej yang namanya Kreanova, di double way kampus Unej itu

      Hapus