Perbandingan Fitur Dan Spesifikasi OPPO Find X Dengan Vivo Nex S






Baru-baru ini, dua brand smartphone besar asal Tiongkok baru aja meluncurkan seri terbarunya nih. OPPO Find X dan Vivo Nex S secara kebetulan diluncurkan di waktu yang berdekatan. Lalu bagaimana perbandingan keduanya?

Perbandingan Desain Dan Layar


Keduanya memiliki kesamaan dalam hal desain. Keduanya memiliki dua sisi kaca yang melekat di sebuah rangka berbahan metal. Namun, satu hal yang membedakan adalah ukuran keduanya. Vivo Nex S memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebih lebar dengan ukuran layar 6.59 inci. Sedangkan OPPO Find X menggunakan layar sedikit lebih kecil berukuran 6.42 inci. Tapi rasio ukuran layar OPPO Find X yang lebih besar membuat smartphone tersebut terkesan memiliki ukuran layar yang lebih lebar, yaitu 93,8% sedangkan Vivo Nex S 91%. Oh ya, dengan ukuran tersebut, OPPO Find X juga terasa lebih mantap dan nyaman di gengaman pas kita lagi main game atau nonton video.




Nah, kebetulan banget akhir Agustus lalu, saya dan suami berkesempatan hands on saat diundang secara eksklusif sebagai 100 orang yang beruntung untuk mencoba first experience bareng OPPO Find X. 






Next untuk layarnya ya, meski sama–sama menggunakan layar AMOLED; perbedaannya terletak pada kepadatan piksel di layar. Vivo Nex S memiliki kepadatan layar 388 ppi; sedangkan layar OPPO Find X memiliki kepadatan piksel 401 ppi. Artinya warna-warna yang ditampilkan oleh OPPO Find X lebih tajam dan nyata. Udah nyaman banget buat dilihat lama-lama deh.

Perbandingan Performa



OPPO Find X dan Vivo Nex S sama–sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dan didukung RAM 8 GB. Nah, letak perbedaannya adalah pada CPU yang digunakan; OPPO Find X menggunakan prosesor octa-core 2.5 GHz dan Vivo Nex S menggunakan prosesor octa-core 2.2 GHz. Perbedaan lain terletak pada kapasitas memori internal yang dimiliki; OPPO Find X memiliki memori internal 256 GB dan Vivo Nex S 128 GB. 

So, dari perbedaan tersebut, kita bisa lihat bahwa OPPO Find X mampu bekerja lebih cepat dan efisien. Memori internal yang lebih besar, membuat OPPO Find X mampu menyimpan lebih banyak foto, video maupun dokumen lain.






Lanjut ke sistem operasinya ya, sekali lagi keduanya memiliki persamaan, yaitu menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Meskipun begitu, keduanya memiliki perangkat lunak pendukung interface yang berbeda. OPPO Find X menggunakan Color OS 5.1 dan Vivo Nex S menggunakan FunTouch OS 4.0.

Perbandingan Spesifikasi Kamera Depan Dan Belakang







Nah, ini dia bagian yang paling menarik. Kamera memang menjadi keunggulan kebanyakan produk smartphone. OPPO Find X lebih unggul dengan dual kamera belakangnya yang beresolusi 16MP + 20MP. Vivo Nex S hanya menggunakan kamera 12MP + 5MP. 


Hasil foto dengan kamera belakang OPPO Find X saat siang hari

Hasil foto dengan kamera belakang OPPO Find X saat malam hari


Bagaimana dengan kamera selfienya? Wah, OPPO Find X kembali unggul cukup jauh nih. OPPO Find X dibekali dengan lensa berkekuatan 25MP, sedangkan Vivo Nex S hanya 8 MP. 


Hasil kamera selfie OPPO Find X
Hasil foto mode panorama OPPO Find X malam hari


Namun, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan modul kamera geser yang berfungsi ketika kita  mengaktifkan fitur kamera. Begitu juga dengan teknologi kecerdasan buatan yang telah disematkan ke kedua smartphone ini.

Oke finally, walaupun OPPO Find X hadir dengan harga yang relatif tinggi yaitu Rp. 13.499.000, Namun OPPO Find X menawarkan teknologi yang lebih totalitas dan spesifikasi lebih tinggi. Secara keseluruhan, OPPO Find X lebih unggul baik dari sisi inovasi kamera, kinerja serta layar. Dan satu hal lagi yang menjadi nilai tambah OPPO Find X adalah VOOC Flash Charge, yang bikin proses pengisian daya menjadi sangat cepat. 

Kalau temen-temen dikasih pilihan, mau banget kan ya smartphone yang mendorong aktivitas millenial yang serba cepat kayak gini?



Wassalam,

 

Prita Hw

3 komentar:

  1. Kamera oppo find x nya jernih ya mba.. tapi ngelirik harganya berasa jadi cowok yang berharap jadi suaminya brand ambassadornya OPPO chelase islan. #hanyaimpian

    BalasHapus
  2. Ngeri ngeri sedap dipandang mata ya hpnya mbak.

    BalasHapus
  3. Oppo Find X kece ah mbak, jadi pengin #DuniaFaisol

    BalasHapus

target='_blank' rel='nofollow'