Love Your Daily Passion


 

Sangat penting untuk tidak membatasi diri. kamu bisa melakukan apa saja yang kamu cintai, apapun itu - Ryan Gosling


Melakukan apapun yang kita cintai rasanya jadi impian terindah semua orang di dunia ini. Seringkali sesuatu yang kita cintai itu diterjemahkan dalam kata passion. Passion menurut terjemahan bebas ala saya adalah kegairahan yang begitu dalam dan akan terus memanggil jiwa kita untuk terus setia melakukan itu. Satu hal, passion berbeda dengan hobi. Hobi cenderung konsumtif, sedangkan passion mengarah pada produktivitas.

Passion saya dari dulu ada di dua hal besar, kalau ga menulis, ya berbicara alias sharing di dalam forum ataupun komunitas. 

Merencanakan secara khusus untuk terus setia dengan passion rasanya tidak, tapi baru saya sadari sekarang, ternyata semua yang saya lakukan sejak dulu memiliki benang merah yang sama. Karena itu juga, saat ini saya mantap masuk secara fulltime ke dunia freelancer, khususnya sebagai blogger yang kerap diminta sharing di forum ataupun komunitas. 

Hingga permintaan khusus untuk membuka kelas public speaking for kids. Supaya ada bibit-bibit baru yang lancar mengungkapkan opini di depan umum, dan ada ruang berekspresi. Begitu kata orang tua yang request khusus kepada saya. 

Semenjak kepindahan saya dari Bekasi (asal suami) menuju ke Jember (kampung halaman saya) yang telah saya tinggalkan selama 14 tahun lamanya, ternyat abanyak peluang terbuka. Memang ya, kadang kita ga pernah sadar apa yang Allah rencanakan buat kita, itulah yang terbaik. Here I am, bersama suami mengembangkan learning centre yang kami beri nama The Jannah Institute.








A post shared by The Jannah Institute (@thejannahinstitute) on
 

"Gimana sih Prit, cara kamu membagi waktu antara online dan offline?"

"Aku kalau disuruh acara-acara kayak Mbak Prita ngajak bayi kemana-mana, kok rasanya full power banget ya, belum sanggup deh..."

Hehe, itu beberapa komentar dari temen-temen yang ada dalam komunitas The Jannah Institute. Sebagian besar dari mereka adalah alumni kelas-kelas yang saya adakan. Dari mulai orang tua adek-adek public speaking for kids, public speaking for youth, public speaking for moms, sampai kelas belajar blog mulai dari nol. 





Assalamu'alaikum jannatii.... Regrann from @daniapus - Berjamaah berkah lebih melimpah . . Allah memberi rizki berupa senyum, keceriaan, keakraban dan saling terinspirasi hari ini. . Alhamdulillah diberi kesempatan "kulakan" ilmu ke @pritahw ,teman smu ku yg menginspirasi. . kelas ekslutif blog batch 2 udah dimulai, dan teman yg Allah kirim luarbiasa semua.. . salah satu manfaat ngeblog adalah kita akan ketemu orang orang yang se passion. semacam baru kenal tapi udah klik gitu ya . coba ku salimi satu satu ya @umivivi_4ahis ini mah nulisnya udah istiqomah banget, sering ngiler baca status dakwahnya. @millatuz gak bayangin ya s1 . s2 dibayarin beasiswa, keren @nrialita alow mb epc yg luar biasa @mikanovelia owner nya @seblakabah.. mb @mandariaaugusta pejuang keluarga banget. dan @siska_rofika @ita.amaliyah @hadiyan_maryadi @nisaadelia7 kita akan mengawali kebersamaan 3 bulan dan seterusnya. ini smg Allah meridhoi. allahuma Amin #blogger #bloggerjember #bloggerindonesia #bloggerjembersueger #bisnis #menulis #beraniberkarya #kuliah #daniapus - #regrann
A post shared by The Jannah Institute (@thejannahinstitute) on



Mereka tahu saya aktif di dua dunia, mirip amphibi mungkin ya. Tapi itulah kenyataannya, dunia online dan dunia offline. 

Mencintai Passion Menjadi Bagian dari Aktivitas Sehari-hari  

Konsekuensi dari si passion itu sendiri jelas berujung pada totalitas dalam melakukannya. Percaya saja dengan quote lama yang sudah banyak terbukti : hasil tak akan pernah mengkhianati usaha. 

Jadwal yang padat bagi seorang freelancer seperti saya dan juga suami, justru ada di hari Jumat-Minggu. Disaat orang kebanyakan sedang bersiap diri untuk long weekend. Sedangkan di hari Senin-Kamis, banyak digunakan untuk evaluasi semacam meeting, brainstorming untuk mencari ide-ide baru bersama tim, dan janjian dengan calon klien

O iya, masih ditambah dengan tugas utama kami. Apa itu? Mengasuh buah hati yang saat ini berusia 7 bulan. Sejak awal pulang dari rumah sakit, kami berdua memang langsung belajar otodidak merawat bayi tanpa bantuan orang tua, mertua, ataupun ART. Hasilnya, memang melelahkan tapi bonding kami semakin kuat.

Sekali lagi, semuanya berujung pada totalitas kan?

Ga capek? Ini pertanyaan klise yang sering saya terima.

Hm, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kalau yang kita pikir dari rasa capeknya, hati-hati, mungkin tanda-tanda stres sedang menyerang kita 😅

Ditambah lagi, bagi kita yang beraktivitas diluar ruangan, melewati jalanan dengan kendaraan bermotor ataupun kendaraan umum memang menguji kesabaran. Ya menghadapi lalu lintasnya, ya polusinya. Makin membuat stres terakumulasi. Kalau sudah begitu, tak jarang banyak dari kita akhirnya menempuh cara-cara instan, seperti gaya hidup tidak sehat. Makan jadi sembarangan, tidak teratur, tapi kerja jadi tambah lembur-lembur 😓

Iya, saya pernah mengalaminya juga kok. Tapi dulu. Saat saya menganggap passion dan daily activity adalah dua hal yang berbeda. Saat melakukan passion, hati berbunga-bunga. Saat kembali di kehidupan real, rasanya terpenjara. Jangan sampai ya!

Kalau lagi stuck atau bad mood seperti itu, lelah jiwa raga memang gampang banget menggerogoti kestabilan kita. Salah satu cara ampuhnya versi saya adalah mencari mood booster. Mood booster terbaik saya ada pada yang seger-seger 😀 Favorit saya saat ini adalah minuman madu lemon yang rasanya pas banget mengusir yang namanya stres dan bad mood. Saya memang suka minuman manis yang ada kecut-kecutnya dikit, hehe. Satu, bikin ga eneg. Dan kedua, segernya itu awet.




Minuman madu lemon itu ada di NATSBEE Honey Lemon. Perpaduan madu dan lemon asli ini memiliki banyak kebaikan alami yang bisa membantu kita mengikat zat-zat berbahaya dalam tubuh dan membuangnya. Setelahnya, bisa ditebak, tubuh kembali segar, pikiran pun jadi bersih dan merangsang aura positif.  

Jangan sampai hanya karena stres tak berujung karena aktivitas yang sudah kita pilih, malah melunturkan apa yang menjadi passion kita. 

Tips Memilih dan Merawat Passion

"Tapi aku ga tau passionku apa..."

"Aku udah punya passion, tapi ga tahu caranya buat selanjutnya..."

Nah, kalau temen-temen ada kasus yang sama, ini sedikit tipsnya ya :

MEMILIH PASSION





















1 Coba tanyakan pada sahabat atau orang terdekat di sekitar kita, selama ini mengenal kita sebagai siapa? Si A yang jago apa, misalkan, atau A yang ini banget.

2 Coba lihat koleksi buku-buku atau film-film yang pernah kita baca atau tonton, mayoritas apakah genrenya? Itu akan membantu mengarahkan apa yang menjadi minat kita selama ini.

3 Ada komunitas yang kita ikuti? Coba klasfikasikan kebanyakan bergerak di bidang apa?

4 Kalau lagi kepepet banget, skill apa yang biasanya jadi andalan kita untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis? 
  

MERAWAT PASSION





















1 Jika sudah menemukan passion, mulailah merancang apa saja yang ingin kita lakukan dengannya

2 Berniatlah untuk melakukan yang terbaik yang kita bisa untuk menghidupi passion

3 Ikuti komunitas positif yang sejalan dengan passion

4 Pupuk terus passion kita dengan terus meng-upgrade kemampuan diri dan jaringan yang seirama

5 Jangan pisahkan passion dan kehidupan sehari-hari. Include it!

6 Selalu jaga mood dengan berpikir positif dan aware untuk selalu menjaga kesehatan, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Salah satunya, konsumsi minuman madu lemon yang selain meningkatkan mood, menghapus toxic atau racun-racun tidak baik dalam tubuh, juga membantu menjaga kesegaran tubuh

Love your daily passion, guys. Jangan biarkan hal-hal negatif yang dihasilkan tubuh dan berujung pikiran yang tidak sehat justru membuat kita tidak bisa melaukan apa yang kita cintai, atau malah membatasi kemampuan diri. Apapun aktivitasnya, bersihkan hari aktifmu   

Sebagai penutup, boleh nih simak rekaman aktivitas yang cukup menyita waktu dan tenaga, tapi alhamdulillah badan dan pikiran selalu fit. Jangan lupa untuk berbagi cerita hari aktifmu juga ya 💙





Wassalam,

 






Prita Hw

20 komentar:

  1. Humm.. Dulu sebelum punya anak aku masih sering mencari jati diri, passion ku apa ya.. Tapi sekarang, pertanyaan itu uda hilang..

    BalasHapus
  2. bekerja sesuai passion adalah impian semua orang, tapi gak semua orang bisa dapetin y mak karena berbagai alasan
    bersyukurlah yg bisa ngejalanin dua2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul miy, alhamdulillah. Dan memang buat yg belum bis amenikmati keduanya, perlu ada revolusi berpikir *duh bahasaku wkwk

      Hapus
  3. Pekerjaan yang paling menyenangkan memang yang sesuai passion. 😊😊

    BalasHapus
  4. Bekerja sesuai passion dan menghasilkan uang utk mencukupi kebutuhan bahkan ada "turah" nya... hmmm
    Pingin, kayak di diagram ikigai nya orang Jepang

    Tapi memang bener sih. Kalo udah passion, secapek apapun pasti dilakoni. Capek iya, tapi gak secapek kalo terpaksa melakukan yang tidak kita sukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt mbak, kudoain mb Lenny bisa merengkuh keduanya, aamin

      Hapus
  5. Komplit mbak. Menurut saya passion itu bisa dijalani kalau tim yang kita bentuk solid. Misalnya suami-istri. Kalau keduanya kompak insya Alloh akan berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo misal udah kerja tim, katakanlah fulltime entrepreneur sesuai passion, memang mesti ada tim mbak. Kalo suami ikut andil, memang lbh cepet, sevisi soalnya :)

      Hapus
  6. di kantorku, passion termasuk dalam KPI walau angkanya kecil. cuma emang waktu kerja dengan passion rasanya jadi plong..

    *minum natsbee honey lemon dulu ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. plong sejadi2nya koh, hehe.. nah minum natsbee dulu biar moodnya ga ilang^^

      Hapus
  7. iye bener aku sampe mikir jg gimana mbak prita membagi waktunya, untung sdh ada jawabanyya hehehe

    BalasHapus
  8. Ads-nya masuk banget Pak Eko ��


    Setuju banget sama yg Mba Prita bilang, terkadang memang kita perlu bantuan orang lain untuk melihat sesuatu yg ada dalam diri ini.

    Terima kasih mba sudah sharing :)

    BalasHapus
  9. Di usia yang sekarang, saya jadi bisa bilang, tiada yang lebih menyenangkan selain melakukan kegiatan sesuai passion kita. Enjoy your passion, mba! ^_^

    BalasHapus
  10. wah mood booster banget ya mbak... si pokka ini. Rasa lemon + honeynya bikin semangat ngerjain tugas sekolah

    BalasHapus
  11. Full timer di dunia sendiri ya mbak... aku masih ada dunia orang lain alias kerja di orang :D jadi feksibelnya agak ketat. Berarti aku hidup di 3 dunia. Hahahaa...

    BalasHapus
  12. Keren banget aktivitasmu pritha, semoga sehat dan berkah selalu ya Miss you..

    BalasHapus
  13. terima kasih udah sharing hal bagus seperti ini mba prita :D

    BalasHapus
  14. Pancen dirimu hebat kok Prit, dimanapun mampu melihat peluang. Keep semanbgat berkarya yoooo

    BalasHapus

target='_blank' rel='nofollow'