Berwisata Menjelajah Museum di Jakarta



Berwisata menjelajah museum di Jakarta - Jakarta merupakan Ibukota Indonesia dan termasuk salah satu kota terbesar di negara ini. Selain sebagai pusat pemerintahan, Jakarta juga menjadi salah satu kota tujuan wisata. Suasana perkotaan dengan fasilitas lengkap menjadi penunjang sektor pariwisata Jakarta. Selain itu denyut kehidupan Jakarta yang seolah tidak ada hentinya, menjadikan Jakarta daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Termasuk buat saya yang baru sekitar dua tahunan ini hijrah ke Jember 😂 Ternyata tersembul rasa kangen tipis-tipis saat mendengar kota Jakarta disebut. Meskipun dulunya saya tinggal di Bekasi, saya termasuk warga Jakarta KW saking seringnya wara wiri menghadiri event atau cuma sekedar kongkow bareng temen-temen komunitas. Hm.

Kota Jakarta ternyata tidak hanya menawarkan keriuhan sebuah kota besar. Di beberapa sudut kota juga terdapat tempat-tempat wisata di Jakarta yang layak untuk dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun para pelancong dari luar negeri.

Jakarta memiliki keanekaragaman wisata yang bisa dinikmati, salah satunya adalah museum. Museum-museum di Jakarta menawarkan berbagai seni dan syarat edukasi. Bagi temen-temen yang ingin berwisata dengan keluarga, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa museum di Jakarta sebagai berikut :

Monumen Nasional




Monumen Nasional atau disingkat Monas merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang banyak dikunjungi wisatawan. Di dalam monumen ini terdapat sebuah museum yang berisi diorama perjuangan dan sejarah Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat naik hingga ke puncak Monas untuk melihat Kota Jakarta. Tak perlu membayar mahal, cukup dengan Rp. 5000/orang pengunjung sudah dapat masuk ke monumen ini. Beruntung, saat awal wisata malam ke puncak Monas ini dibuka, saya sudah berkesempatan kesana dalam event Jakarta Night Journey. Recommended!

Taman Mini Indonesia Indah


via trivia.id

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah tempat wisata di Jakarta yang paling pas untuk mempelajari seluk beluk Indonesia. TMII dinilai sebagai miniatur Indonesia yang berisikan informasi dari berbagai daerah di Indonesia. 

Di dalam TMII, wisatawan dapat menikmati berbagai museum seperti Museum Perangko, Museum Serangga, Museum Pusaka, atau Museum Asmat. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati taman ini dari ketinggian dengan menaiki gondola. TMII masuk dalam urutan pertama Top 100 tempat wisata di Jakarta versi Traveloka, kamu bisa cek halaman ini kalau ingin melihat daftar lengkapnya. Haduh, saya belum pernah ke TMII, tapi cuma pernah menginap di asrama haji di dekat TMII karena suatu acara. Oke, masuk agenda nih 😅

Museum Bahari


via sindonews.com

Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, sehingga kelautan merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk itulah dibangun sebuah museum yang dapat menggambarkan situasi kelautan Indonesia yang disebut Museum Bahari. 

Di dalam museum ini, para pengunjung dapat mempelajari sejarah kelautan serta berbagai moda transportasi laut yang digunakan masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Kalau museum yang satu ini, saya pernah lewat depannya aja, pas banget mau tujuan ke Masjid Luar Batang, salah satu tujuan wisata religi di ujung Jakarta. Harusnya bisa banget satu track nih, noted 😎

Museum Tekstil


via dickie70.wordpress.com

Museum tekstil termasuk salah satu tempat wisata di Jakarta yang menawarkan pengetahuan mengenai tekstil berbagai daerah di Nusantara. Museum yang terletak di Jakarta Pusat ini memiliki berbagai koleksi kain yang merupakan hasil budaya masyarakat Indonesia termasuk kain batik dan kain tenun. Tak hanya itu, di sini pengunjung juga dapat belajar cara membatik secara tradisional. Wah 😍

Museum Nasional 

via museumnasional.or.id

Museum Nasional menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang menyimpan prasasti dan arca-arca peninggalan kerajaan-kerajaan serta berbagai kerajinan dan kebudayaan peninggalan jaman purba yang pernah ditemukan di Indonesia. Awalnya, museum ini disebut Museum Gajah karena terdapat patung gajah ikonik yang berada di pelataran gedung. Dan, saya juga pernah tahu pas lewat naik bus wisata Jakarta, hehe. Pernah lihat juga, bagus banget dijadikan tempat wedding bertema outdoor. Ada lagi namanya Museum Kebangkitan Nasional yang dulu pernah satu tulis juga, jangan sampai tertukar ya.

Museum Bank Indonesia

via mommiesdaily.com

Di sini pengunjung dapat mempelajari sejarah keuangan dan perekonomian Indonesia. Dilengkapi dengan diorama metode perbankan pada masa lalu serta perjalanan perbankan di Indonesia termasuk saat negara ini dilanda krisis moneter. Museum ini beroperasi pada hari selasa hingga minggu dengan harga tiket sebesar Rp. 5000/orang. Museum ini terletak di kompleks museum Jakarta di Kota Tua. 

Pas banget yang Museum BI belum sempat saya kunjungi juga karena mepet waktunya. Beberapa museum yang pernah saya kunjungi di kompleks Kota Tua adalah Museum Fatahillah yang banyak bercerita tentang sejarah kota Jakarta yang awalnya bernama Batavia dan Museum Wayang yang berisi berbagai jenis wayang lengkap mulai dari yang tradisional hingga modern. Itu aja makan waktu seharian ya ampun 😓 Maklumlah, saat itu kesananya bareng para kancil alias pustakawan cilik di rumah baca dimana saya jadi relawannya dulu. Jadi, judulnya jelajah bareng bocil 😁

Saya, kakak relawan (kerudung pink), dan para 'kancil' di depan Museum Fatahillah
Saya dan kawan-kawan kecil di Museum Wayang

Next time, harus banget dijadwal untuk pelesiran museum secara khusus. Dan yang perlu dicatat, museum tutup di hari Senin ya. Jadi, jangan sampai salah hari kalau tak mau kecewa.

Well, Jakarta masih punya banyak museum dan tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik. Berkeliling museum di Jakarta bisa lebih menarik dengan menumpang bus Transjakarta maupun kereta komuter. Yes, persis seperti kebiasaan saya juga. See you di cerita jelajah museum yang lainnya. Kalau temen-temen, udah pernah menjelajah museum mana aja di Jakarta?




Wassalam,

 

Prita Hw

19 komentar:

  1. Jalan2 ke museum selain berfaedah juga memperkaya wawasan. Dan di Indonesia masih banyak museum yg belum dieksplor. BTW museum Bahari udah buka lagi belum pasca kebakaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum masuk museum bahari mas, lalu kebakaran itu, dan at last, udah hijrah ke Jember :) Pengen ngecek nih tar kl pulkam ke kampung suami di Bekasi

      Hapus
  2. Kadang aku kehabisan ide mau jalan-jalan kemana di Jakarta. Padahal kalau mau menggali sedikit masih banyak ternyata yang belum aku jelajahi. Aku belum pernah masuk ke Museum Tekstil hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mbak, kadang kita fokus ke yang jauh,eh yg deket ga disamperin. Next mau lagi jalan2 bareng :)

      Hapus
  3. Targetku pengen ke museum bahari blm kesampean 😫

    BalasHapus
  4. wahh klo ke museum kesukaanku kak heheh selain dkauw buat foto ootd cahaya yg dihasilkan dr museumnya etnik2 gitu selian bisa memperkaya kita dalam budaya juga.. dan wisata murah meriah jugaa hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, dapet semua yaa, yg penting yg terakhir, murmer dpt banyak, hahaha

      Hapus
  5. Baru ke Monas, Museum Tekstil, Bahari dan Fatahillah. Yang lainnya belum. Selain jadi function event, museum juga sering dipakai sebagai setting film ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bener, setting film juga biasanya. Kalo saya kepikiran gabungin museum, cafe, dan perpust gitu mbak :)

      Hapus
  6. Pengin ke museum bank Indonesia mbk sepertinya seru hehehehe menambah wawasan keuangan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk sol, pelesiran lagi kita :)

      Hapus
  7. Ke Jakarta sekali tapi tak ada satupun tempat yg ditulis di sini yg pernah saya datangi haha

    BalasHapus
  8. Sebagai warga Tangerang alias Jakarta KW juga, saya belum pernah main ke Museum Bahari dan Museum Tekstil mba :)

    BalasHapus
  9. Wah mbak 2 dari sekian kunjungan mbak pernah aku kunjungi hanya Museum Wayang n Museum Bank Indonesia. Bener banget sehari muter-muter lokasi2 itu belum puas. Tapi paling berkesan waktu lewat pajangan gamelan di Museum Wayang bulukuduk merinding lah serasa ada yang ngamati aku (bukan security ataupun petugas)^^.

    BalasHapus
  10. ini ceritanya nostalgia, tapi museum wayang yang paling menarik perhatianku mbak

    BalasHapus
  11. Seru juga ya mbak seharian eksplor Museum2 di JKT.
    Saya belum yang ke Museum Bahari.
    Kayaknya harus coba ke sana nanti hehe...

    BalasHapus