7 Alasan Taman Botani Sukorambi Jadi Tempat Pelesir Keluarga

Lomba blog April-Mei 2018 destinasi wisata Jember


Jember boleh bangga karena sekarang ada destinasi baru yang bisa jadi referensi buat pelesiran keluarga. Taman Botani Sukorambi namanya. Jadi seneng dan lega, soalnya saya sendiri belum kesampaian mau mampir di Kebun Raya Bogor pas masih tinggal di Bekasi 😊 Cuma sempet lewat dan selalu kepikiran, asik kali ya kalau bisa piknik di ijo-ijo maksimal gitu.

Dan, saat pindah ke Jember, udah penasaran banget pas tahu kalau di Jember ada Taman Botani Sukorambi (TBS). 

"Banyak pohonnya?"
"Sejuk tempatnya?"
"Jalannya turun naik gitu?"

Itulah pertanyaan-pertanyaan saya saat belum mampir langsung ke TBS. Dan akhirnya, saya mampir pas lagi hamil tua, 9 bulan menunggu HPL. Kesan pertama, sejuk dan menyegarkan mata. Coba nih lihat-lihat dulu gmaps 360 derajatnya 😄




Pas selesai parkir motor yang saya dan suami tumpangi, banyak banget pengunjung keluarga yang saat itu baru turun dari kendaraan roda empatnya. Rata-rata sepasang orang tua, lengkap dengan anak-anak dan tas-tas perlengkapannya. Bahagia sih lihatnya, itu tandanya TBS sudah menjadi tempat tujuan favorit buat keluarga. Dan, itu juga saya rasakan.

Mau tahu kenapa Taman Botani Sukorambi bisa jadi andalan tempat pelesir keluarga? Ini 7 alasannya versi saya :

1 Banyak spot untuk edukasi anak-anak

Sejak dari tempat parkir motor, dan mobil, kita bisa melihat taman edukasi hidroponik, yaitu cara menanam tanaman sayur dengan teknik menggunakan media air. Hm, sejauh mata memandang hijau dan rasanya gemas, pengennya bawa pulang semua sayur disitu, hehe. Tapi beneran bisa dibawa pulang loh kalau mau. Kita bisa membeli beberapa sayurnya. 


Lomba blog April-Mei 2018 destinasi wisata Jember
Bareng baby Tangguh usia 17 hari, lagi nunggu ujan dueres. Tuh taman hidroponiknya sueger
Mau bawa pulang sayur apa?

Selain edukasi hidroponik, ada sarana belajar lainnya seperti rumah kelinci, berbagai hewan langka, juga tanaman-tanaman yang tersebar di berbagai sudut taman. Sambil jalan-jalan, orang tua pun bisa banget memberikan pengetahuan tentang flora dan fauna yang juga patut mendapat kasih sayang dari manusia. 


2 Tempat yang luas dan hijau untuk sarana berekspresi dengan alam

Lomba blog April-Mei 2018 destinasi wisata Jember
Ada paket outbound juga loh

Zaman now, pasti sudah ga heran kan kalau jamannya gadget merajalela. Anak-anak biasanya jarang bermain di area outdoor saking seringnya terkungkung di dalam rumah dengan gadget nya. Nah, TBS bisa menjadi pilihan asik untuk lebih mengakrabkan anak pada alam. Bisa juga ditambah aktivitas outbound seperti flying fox, dan sebagainya.


3 Kolam renang lengkap dari anak-anak hingga dewasa

Lomba blog April-Mei 2018 destinasi wisata Jember
Wuih, kebayang kan renang disini

Ini yang paling saya suka. Luengkap fasilitas kolam renangnya. Mau yang anak-anak, dewasa, samapi yang private dan diperuntukkan untuk muslimah. Jadi mau renang tanpa hijab, bisa untuk yang muslimah. Plusnya lagi kalau buat saya, pemandangan sawah nan hijau yang membentang di salah satu sudut area kolam renang utama. Ditambah, air kolamnya berasal dari sumber mata air. Wah, masyaAllah 😍


4 Bisa piknik-piknikan di beberapa spot

Siapa yang ga suka piknik. Membawa semacam tikar atau alas seadanya untuk bersantai di hamparan rumput sambil membawa beberapa bekal andalan yang sudah dipersiapkan dari rumah. Uw, membayangkannya saja saya sudah makin kepingin piknik. Bisa nih mengincar beberapa spot di TBS.


5 Bisa kemping ceria dan menikmati barbeque

Barbeque-an gini, alat-alatnya udah disiapin. Via tamanbotanisukorambi.com

Ada piknik, ada juga kemping. Kalau kemping lebih identik dengan aktivitas menginap dengan menggunakan tenda, yey! Ada areanya? Ada dong. Kita bisa menghubungi pihak TBS jika ingin kemping ceria dan di malam harinya disuguhi menu barbeque yang ditunggu-tunggu untuk menambah keceriaan berkumpul bersama keluarga tercinta.

6 Restorannya jual makanan ringan sampai berat

Restoran ini di sisi kolam renang utama. Via tamanbotanisukorambi.com

Kalau ini saya pernah coba. Nasi pecel dan nasi gorengnya enak. Murah juga. Kalau ga salah, saya dan suami merogoh kocek sekitar 10-15 ribu untuk menu makanan berat tadi. Kalau cuma mau ngopi, ngeteh, atau ngemil, ada juga. Buat pecinta sayur dan buah-buahan, ada Horti Hut semacam swalayan buah dan sayur di dalam TBS yang bisa kita kunjungi untuk belanja oleh-oleh buat dibawa pulang. 


7 Ada wahana untuk orang tua dan anak-anak 

Mendayung bareng disini

Yang ini ga perlu khawatir. Selain sarana belajar yang sudah disebut di poin nomor 1, juga kolam renang di poin nomor 3, kita juga bisa menambah bonding dengan anak dengan berbagai aktivitas lain. Mau tahu apa aja? Bisa memancing, bisa mengayuh sepeda perahu bersama, bahkan main water ball raksasa yang menggelinding di air. Bisa semua. Ber-flying fox bareng anak, siapa takut? 

Gimana gimana, buat yang sudah punya keluarga (eh pasti semua punya ya), maksudnya keluarga inti, boleh banget kan dicoba tempat kece yang satu ini? Kalau buat meet up keluarga besar juga oke. 


 

Kalau nanti temen-temen sudah berkunjung ke Taman Botani Sukorambi, ataupun masih punya rencana berkunjung kesana, bolehlah untuk diceritakan di blog dan ikutan lomba blog Destinasi Wisata Jember yang diadakan Blogger Jember Sueger (BJS) dan Taman Botani Sukorambi.

Cuma tulis minimal 400 kata untuk masing-masing artikel. Hah, artikelnya dua biji? Yes. Artikel pertama tentang Taman Botani Sukorambi (secara, sponsor tunggal ya😊).Dan, artikel kedua tentang wisata alam atau wisata buatan di Jember yang pernah atau akan temen-temen kunjungi. Boleh digabung beberapa tempat atau diulas per tempat secara khusus. All on you.

Temen-temen berkesempatan menang total hadiah sebesar Rp. 5.250.000. Ssst, 15 karya terbaik juga bakal dibukukan loh. Yuk ah, sebelum 25 Mei 2018. Selengkapnya, kepoin Lomba Blog Destinasi Wisata Jember disini.


Lomba Blog April-Mei 2018 Destinasi Wisata Jember




Salam Dunia Gairah



Prita HW

11 komentar:

  1. Jadi tempat pelesir ijenan juga sip mbak wkwk.

    BalasHapus
  2. Bagus nih mbak konsep wisata outdoor beginian. Apalagi kalau buat anak-anak jaman sekarang yang "katanya" udah kecanduan sama gadget. Diajak ke tempat piknik macam TBS bakal jadi alternatif lain biar fokus aktivitas gadgetnya berkurang. Itu harga taneman hidroponiknya berapaan mbak?

    Yah, yang bisa ikutan berati yang udah pernah berkunjung ke TBS ini? Nggak bisa ikutan dong saya. Hahaha...Betewe-betewe, semoga menang lombanya, Mbak Prita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ikutan kok Wis, terbuka buat seluruh Indonesia, mau tips, pengalaman, dan rencana boleh banget. Lbh lengkap buka link nya ya. Dan btw, ini bukan ikutan lomba, tapi jadi panitianya, wkwkwk

      Hapus
  3. konsep tempanya sangat menarik ya mba, kayak one stop leisure buat seluruh keluarga.

    BalasHapus
  4. wah, menarik sekali ya mbak :)
    ada tempat kemping sampai wahana untuk orang tua dan anak.
    cocok untuk didatangi bersama keluarga :)

    BalasHapus
  5. Waktu flying fox itu berasa banget mbak, hihihi, pengalaman berharga....

    BalasHapus
  6. Fokus Erna pada senyum ibu yang manis sambil gendong bayi tangguh. Liburan yang menyenangkan bareng keluarga ya.

    BalasHapus
  7. kapan2 renang dstu lagi ah hehhee

    BalasHapus
  8. Kerrren bingit tempatnya ya mba... jadi makin mupeengg

    BalasHapus
  9. Untuk tiket masuk TBS berapaan ya mbak harganya? kayaknya lokasinya ini luas banget yah, soalnya banyak banget wahananya. Keren nih

    BalasHapus
  10. Seru ya bisa bikin acara barbekyuan disana 😁 ...
    Peralatan udah disediain, tinggal gunain.

    BalasHapus