Dari Sejarah Donat Sampai Resep Donat yang Perlu Kamu Tahu


Dulu banget, saya tipe orang yang ga terlalu suka ngemil alias njajan. Maunya cuma makan 3 kali sehari dengan lauk pauk yang mengenyangkan, that’s it. Rasanya ngemil itu macam buang-buang duit atau malah waktu. Seserius itu :) Dan, jajan atau jenis kue-kuean yang paling ga saya suka itu adalah : donat. Eh, tapi sekarang, saya mau berbagi beberapa tentang donat nih, dari sejarah donat sampai resep donat
 
Kenapa jadi berubah haluan? Jadi suka ngemil dan jadi suka donat? Itu terjadi semenjak hamil, haha. Maklum, bumil kan harus cukup nutrisi ya, dan saat saya hamil, bawaannya harus selalu ada cemilan. Dan makan yang mengenyangkan justru secukupnya aja. Dan, ternyata kebiasaan itu ngefek sampai sekarang pasca hamil.

Saya pengen nulis ini ceritanya karena beberapa waktu yang lalu sempet gabung di grup buibu yang tiap hari ngelapak dagangan dan paling banyak adalah delivery order makanan dan cemilan. Ada yang udah berbentuk packing, ada juga yang sistemnya pre order dan fresh from the oven. Nah, salah satu yang sempet saya pesen adalah donat labu atau donat waluh. Rasanya agak sedikit berbeda sama donat pada umumnya, karena cita rasa labu kuningnya. Saya dan suami sama-sama suka.




Dari situ, kok saya jadi penasaran, siapa sih yang pertama kali iseng nyiptain kue bolong tengah itu. Dari hasil penelusuran di Wikipedia, ternyata donat yang dalam Bahasa Inggris sering disebut doughnuts (UK) atau donut (US) ini berasal dari Amerika Utara yang dibawa oleh imigran asal Belanda. 


Versi lainnya, bentuk donat yang identik seperti cincin itu katanya diciptakan Hanson Gregory, seorang kapten kapal asal Denmark yang sering menusukkan kue gorengan yang ia makan saat sedang mengemudikan kapal dengan kedua tangannya. Akibat tusukan kemudi kapal itu, kue donat pun menjadi berlubang di bagian tengah. Dan memang, donat sengaja didesain bolong di tengah karena bagian itu sering susah matang sehingga dengan adanya lubang tengah, permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan membuat cepat matang.

Gerai yang pertama mempopulerkan donat pastinya si Dunkin Donuts yang berdiri tahun 1940 di Quincy, Massachusetts dengan nama Open Kettle. Sedang untuk di Indonesia, American Donut adalah stan pertama yang membuka gerai di Pekan Raya Jakarta yang dulu bernama Djakarta Fair (1968). Baru pada tahun 1985, Dunkin Donut membuka gerai pertamanya di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.  

Resep Donat


Ternyata kue berbentuk mirip cincin yang tersedia mulai ‘level’ kampung sampai restoran dan gerai ternama ini bisa loh dibuat dari berbagai macam bahan. Tentu di-mix dengan bahan utamanya yaitu adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Bisa juga sebagai ganti dari si tepung itu sendiri.


Yang umumnya saya tahu sih bahannya dari kentang, ada juga dari ubi, dan baru-baru ini saya tahu dari labu kuning. Hmm, yummy ya! Soalnya saya sendiri udah suka banget sama labu kuning yang direbus dan dimakan ala kadarnya. Nah, gimana rasanya pas dijadikan sebagai bahan dasar donat ya?

Rasanya pasti enak :) Dan rasa labu kuning atau waluh nya itu loh kerasa banget. Ada sensasi yang beda.

Berikut saya kasih bocoran resepnya kalau pas pengen coba-coba bikin ala-ala di rumah ya, langsung saja meluncur ke blognya Mbak Didi yang femes soal resep-resepan ini. Saya juga masih mau rencana coba nih, hehe.




Soal topping sih sesuai selera ya, kalau saya lebih suka coklat, misis biasa, atau yang rasa-rasa kayak green tea, dan paling favorit adalah gula putih nyes. Kalau temen-temen?

Selamat mencoba resep donat dengan beraneka ragam bahan ya, dari terigu, kentang, ubi, maupun labu kuning. Kalau lagi males bereksperimen, cus cari info yang jual dan bisa PO kayak saya, wkwk :)



Salam Dunia Gairah,

Prita Hw

4 komentar:

  1. Waaaaa.... pas buanget saya punya labu parang seiris di kulkas, langsung meluncur ke blog mbak didiiiii.... Makasi ya mbaaa :)

    BalasHapus
  2. Donat labu kuning emg endes mbak.. tapi sayaasih setia dg menul2nya donat kentang :D


    BalasHapus
  3. sama mba ni aku hamil doyan ngemil dan salah satu cemilanku yang sering kubikin adalah donat kentang, baru tahu juga donat bisa dibuat dari labu belum kebayang rasanya pengen nyoba dulu lah baru ntar bikin snediri soalnya takut gagal hahaha

    BalasHapus
  4. Saya mah paling seneng donat kentang, apalagi kalo toppingnya pake coklat putih + almond

    BalasHapus

target='_blank' rel='nofollow'