Resep Masak Ikan Gurame Bumbu Kuning Berkuah

Kali ini, sengaja saya share resep perdana di Inspirasi Cinta kali ini. Jadi, selain cerita tentang pasangan, kategori ini pengennya juga buat share resep masakan yang juga dibuat dengan bumbu cinta :) Nah, siapa disini yang bingung ingin mengolah ikan gurame dengan masakan yang berbeda dari biasanya? Tenang, kita bisa juga memasak ikan gurame tidak hanya digoreng ataupun dibakar. Salah satunya adalah ikan gurame bumbu kuning berkuah. Pastinya menu ini akan menjadi variasi baru di menu hidangan makan keluarga. Pastinya keluarga menyukai hidangan ikan gurame ini, apalagi dengan memasak ikan gurame menjadi bumbu kuning berkuah, rasa amis yang ada pada ikan gurame akan hilang. Loveable banget, kan?



Cara Memasak Ikan Gurame Bumbu Kuning 



Cara memasaknya adalah gampang, temen-temen tinggal mengikuti apa saja yang tertera pada resep masak yang ada di bawah ini. Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan gurame bumbu kuning berkuah :


  • 1 ekor ikan gurame ukuran besar, kira-kira 0,5 sampai 1 kg, 5 lembar daun bawang, 2 buah tomat (diiris-iris), 1 ruas laos (geprek), 3 batang sereh (geprek ), 5 lembar daun salam
  • 2 buah Sasa Santan Kelapa yang kaya gizi. Ya, Sasa Santan Kelapa adalah santan instan yang sama dengan santan yang baru diperas dari kelapa langsung. Hal ini tak lepas dari kenyataan bahwa santan ini juga diperoleh dari bahan yang sama. Hanya saja diproses dan diolah dengan cara yang modern sehingga menjamin Sasa Santan Kelapa tetap mampu bertahan lama dalam kemasan. Nah dibanding dengan santan instan lainnya, Sasa Santan Kelapa punya banyak keunggulan, diantaranya ia di kemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Lalu juga Sasa Santan Kelapa ini cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman karena memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Apalagi Sasa Santan Kelapa itu tanpa pengawet loh temen-temen. 

  • Bahan berikutnya adalah garam secukupnya, minyak untuk menumis secukupnya, penyedap rasa secukupnya (saya menggantinya dengan penyedap rasa alami dari jamur), gula secukupnya, dan air secukupnya.
  • Bumbu halus yang dibutuhkan untuk membuat ikan gurame bumbu kuning berkuah :
· 1 ruas kunyit
· 1 ruas jahe
· ½  sendok teh ketumbar
· 5 buah kemiri
· 5 buah bawang merah
· 2 buah bawang putih
· 5 buah cabe merah keriting 

 

Langkah membuat ikan gurame bumbu kuning berkuah :


  1. Bersihkan sisik ikan gurame dan potong sesuai selera, kemudian cuci sampai bersih dengan air bersih.
  2. Ambil ketumbar dan haluskan sampai halus, kemudian masukkan bumbu-bumbu halus lainnya, diulek atau blender sampai semua bumbunya halus.
  3. Siapkan dan panaskan wajan untuk memanaskan  minyak goreng. Setelah panas, masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi, aduk sampai tercium harum. Baru masukkan laos, daun salam, sereh.
  4. Setelahnya, masukkan Sasa Santan Kelapa dan air, aduk terus jangan sampai santannya pecah. Ingat, jangan terlalu lama juga memasak santan dengan api besar.
  5. Sebagai pelengkap rasa tambahkan garam, penyedap rasa, dan gula. Jangan lupa tes rasa hingga tercapai rasa lezat yang diinginkan.
  6. Baru masukkan ikan gurame, ungkep selama 30 menit di atas api sedang.
  7. Selanjutnya iris daun bawang dan tomat. Setelah kira-kira ikan akan matang, masukkan irisan daun bawang dan tomat tadi.
  8. Agar makin mantap, ungkep lagi kira-kira selama 30 menit (api kecil) supaya ikan matang dengan empuk dan bumbu meresap sampai ke tulang ikan.
  9. Terakhir, ikan gurame siap disajikan sebagai hidangan utama keluarga. 
Sudah cukup jelas kan? Nah, saatnya eksekusi demi menciptakan nuansa baru di meja makan. Kalau suami saya sih suka banget. Dan ini cocok juga buat asupan saya yang lagi bumil tua dan butuh protein tinggi. 

O iya, yang bikin taste beda memang santannya sih, karena saya pakai Sasa Santan Kelapa yang aman dan praktis. Coba deh ikuti tipsnya, dan jangan lupa Sasa Santan Kelapa biar merasakan sesuatu yang beda juga. Sasa Santan, Aslinya Santan.  



Salam Dunia Gairah,
 





Prita Hw

6 komentar:

  1. Mampir ke rumah mbak.. Ada gurame banyaak -->> tapi masi idup


    Santannya praktis mbak.. Ga kudu marut lagi ribet

    BalasHapus
  2. Waaaah gurame ini emang ikan enak, jadi diapain aja enak yaaa.. hihihihi, nanti mau cobain resep ini ah <3

    BalasHapus
  3. Waduh, manteb banget nih ikannya. Ngiler dan nelen ludah Prit. Pake santan Sasa instan bisa juga ya? Makasih resepnya :)

    BalasHapus
  4. akuu paling demen nih dengan bumbu kuning,
    tapi klo di kota ku, namanya "acar kuning" paling mantep klo dengan ikan nila :-) nyummy

    BalasHapus
  5. Bumbu kuning memang enak apalagi pake sasa santan cair

    BalasHapus
  6. wow, santan instan dan gak pake pengawet? ringkas dan gak khawatir kesehatan terganggu yah

    BalasHapus

target='_blank' rel='nofollow'