TOEFL ITP di Jember, Ada Kok!

Pusat TOEFL ITP dan kursus Bahasa  Inggris Jember - Halo all! Kali ini mau membuka dengan sebuah pertanyaan nih, "menurut temen-temen, Bahasa Inggris itu penting ga sih?" 



Mungkin ada yang jawab ga penting dan ada juga yang jawab penting banget. Iyap, memang sebenarnya ga ada jawaban yang benar 100 % karena masing-masing punya sudut pandang. Kalau buat saya, Bahasa Inggris itu penting banget. Secara saat ini, kita ga bisa hidup dan terhubung hanya dengan orang-orang terdekat, sekampung, sekota, dan senegara saja. Impact dari teknologi memang sudah membuka banyak sekat-sekat. Dan batas hanya ada dalam pikiran kita sendiri.

Ga usah jauh-jauh mikirin era masyarakat global atau MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), coba deh kita lihat perangkat sehari-hari yang kita gunakan. Dari mulai smartphone, PC atau laptop, juga buku manual di tiap perangkat yang kita beli, semuanya menggunakan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Pastinya, karena memang bahasa itulah yang disepakati sebagai bahasa internasional pemersatu seluruh warga di dunia.

Perkenalan Saya dengan Bahasa Inggris

Dan, flashback sedikit, saya sudah menyadari ini sejak kelas 4 SD! Hehe, ga tau ya, kalau sama hal-hal berbau bahasa, rasanya udah tertarik aja. Ceritanya, saya pernah dapat brosur di pintu gerbang SD yang isinya info kursus Bahasa Inggris. Pulang sekolah, saya langsung nodong mama untuk kursus disitu secepatnya.

Jadilah minggu itu juga, mama mengantar saya untuk mendaftar di Texas English Course yang saat itu masih berada di Jalan Gajah Mada, kalau saya ga salah ingat, antara tahun 1995-1996. Dengan semangatnya, sejak itu saya rajin kursus sampai menempuh ujian demi ujian demi naik ke level berikutnya.

Itulah awal saya mengenal Texas, sebuah tempat kursus bahasa yang dimulai dari Bahasa Inggris di Jember. Saya berkenalan dengan Bu Luci yang menjadi mentor saya sekaligus owner Texas. Berkat Bu Luci juga, saya tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri tampil di depan umum untuk memulai speech.

Event pertama yang saya ikuti untuk speech contest adalah saat saya duduk di kelas 6 SD, dimana semua pesertanya adalah tingkat SMP-SMA, dan saya SD satu-satunya. Meski belum muncul sebagai juara, saya terkesan dengan sertifikat speech contest yang saya terima pertama kali itu. Selanjutnya, saya sering diminta Bu Luci untuk story telling di depan warga Texas yang lain saat gathering seperti Rujak Party. 

Dari sana, keakraban saya mengikuti berbagai ajang speech contest, news reading, story telling, dan lomba mata pelajaran Bahasa Inggris dimulai. Saya bersyukur dikelilingi orang-orang yang mendukung kala itu. Seperti mama, eyang putri, papa, juga Bu Luci.

Dan, 22 Tahun Telah Berlalu

Iyap, di tahun 2017 ini, saya kembali bertalian dengan Texas English Course yang telah bertransformasi menjadi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Texas. 


Tidak saja Bahasa Inggris, semua pembelajaran bahasa asing rata-rata sudah ada di LKP Texas, seperti Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Bahasa Perancis. Selain Matematika Fisika dan juga Komputer. Terus terang saya juga terkaget-kaget dengan perkembangan ini.

Pertemuan saya dengan Bu Luci pada silaturrahim lebaran 2015, bersama seorang sahabat

Terlebih, LKP Texas yang saat ini menempati Jalan Imam Bonjol 31 A atau depan MAN 1 Jember ini, sudah memiliki gedung sederhana yang memadai dan cozy seperti di rumah sendiri untuk mendukung pembelajaran. Belum lagi lab bahasa yang perangkatnya top.

Sabtu, 29 Juli yang lalu, saya bareng temen-temen Blogger Jember Sueger (BJS) punya kesempatan untuk mencoba lab bahasanya Texas dalam rangka TOEFL ITP try out. Jadi, sekarang ini LKP Texas sudah jadi Pusat TOEFL ITP pertama di daerah tapal kuda yang meliputi Jember, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Wow! Jadi, buat kalian yang ada di daerah tapal kuda, sekarang ga perlu jauh-jauh mesti ke ibukota Surabaya loh. Irit transport :)


Bareng temen-temen BJS. Foto : Dok. BJS (Nana Warsita)

Emang beneran TOEFL ITP nya resmi?

Alhamdulillah iya, karena sudah bekerjasama dengan Educational Testing Service (ETS) yang ada di Princenton, New Jersey, Amerika Serikat.  

Bedanya ada di ijazah yang berlaku sampai dua tahun dan juga langsung dari ETS. Contohnya kayak gini :


Dokumen : Texas

Nah, kembali lagi saat TOEFL ITP try out kemarin, ini adalah try out saya yang kedua di Texas :) Pertama kali belajar tipis-tipis bisa mencapai skor 480 dan tinggi di nilai reading comprehension. Dan, yang kedua ini, belajar pas nunggu masuk ruangan aja (ga sempet mau belajar di rumah), alhsail merosot jadi 467 :( Herannya, tingginya di structure. Padahal, saya paling lemah untuk urusan itu, hehe.. Kalau saya sih bakalan ambil TOEFL ITP beneran pas memang yakin mau apply S2 someday. Sekarang fokus sama calon debay dan kesibukan yang tak terduga :)

Tapi, buat kalian yang memang sudah mantap untuk menempuh studi lanjutan, keperluan kerja, dan sejenisnya, bisa langsung mendaftar di LKP Texas. Setiap mendaftar TOEFL ITP nya, otomatis kalian akan mendapatkan free try out yang normalnya Rp. 75 ribu itu.




FYI, jadwal TOEFL ITP di LKP Texas selalu diadakan sebulan sekali. Dan, daftarnya dimulai dari H-20 ya. Karena semua data akan dikirim ke ETS Amerika sana. Jangan sampai memohon-mohon pas mepet-mepet harinya :)

Pengalaman Setelah TOEFL ITP di LKP Texas Jember

TOEFL ITP di LKP Texas kemarin alhamdulillah lancar. Durasi normalnya 115 menit. Kalau kita enjoy sih, waktunya ga berasa banget :)

Yang perlu kalian siapkan pastinya mental, hehe.. Selain pensil 2B dan penghapus, sama jangan begadang malam harinya biar bisa fokus. Ya meski cuma try out kan jadinya bisa jadi tolak ukur pas tes beneran, kemampuan kita seberapa. 


Suasana saat listening dengan berbagai ekspresi :) Foto : Dok BJS (Imam A)

O iya, total soalnya ada 140 soal, terdiri dari listening (35 menit), structure (25 menit), dan reading comprehension (55 menit). Dan, untuk listening nya di lab bahasa Texas ini enaaaak banget, so clear alias jelas pol. Jadi ga noise sama sekali. Selain suhu ruangan yang bisa request, sama penjelasan petugas yang mudah dimengerti dan santai. Satu lagi, ada jam digital penunjuk waktu di layar depan. Setelah selesai tes, baru deh, semua peserta akan mendapatkan snack dan air mineral. Cukuplah sebagai penuntas lelah berpikir :)

Beberapa Alasan Memilih LKP Texas sebagai Pusat TOEFL ITP dan Kursus Bahasa

Biar lebih mantap, sengaja saya sarikan kelebihannya ya, Ini dia :
  • Terakreditasi B untuk program Bahasa Inggris dari BAN (Badan Akreditasi Nasional)
  • Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember
  • In partnership with ETS (Educational Testing Service) AS dalam penyelenggaraan TOEFL ITP resmi bersertifikat internasional
  • Terakreditasi untuk program Komputer Desain Grafis dari Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja
  • Predikat B Hasil Penilaian Kinerja LKP dari Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal Kemdiknas
  • Juara 1 Lomba Bidang Bahasa pada Lomba LKP Prov Jatim 2016
  • In partnership with Narita Japanese Language School untuk pengajaran Bahasa Jepang
  • Mengadakan program beasiswa kerjasama dengan Jepang yang semua persyaratannya ada di Texas, seperti EJU, TOEFL ITP, dan JLPT

Foto : Dok BJS (Ervan P)

Buat kalian yang ingin konsultasi tentang segala keperluan studi, kursus bahasa, kelengkapan kerja, dan sebagainya, langsung datang saja ya ke Texas. Kalau masih ragu-ragu buat kursus, ada simulasi free course nya setiap Sabtu loh. Disitu, kalian akan tahu, apakah memang benar, kita yang tidak bisa ber Bahasa Inggris dengan baik atau karena metodenya yang kurang sesuai :)
Info selengkapnya silahkan meluncur kesini ya :
LKP TEXAS
Alamat : Jl. Imam Bonjol 31 A Jember
Telp : 0331 - 424013
Instagram : @lkptexas
Web : www.texas-englishcourse.co.id



Salam Dunia Gairah,
     






 

Prita Hw

8 komentar:

  1. Kok poseku saat ujian kayak gitu ya 😢
    Bukannya ngerjakan, malah doa 😆😆

    BalasHapus
  2. Wait tahun 95. Aku buru lair mbak. Hehehee.. mbk Prita udah jadi siswi di Texas. Ulalaa... 😍😍😍😍
    Smoga kedepannya bisa ikut Tes Toefl untuk jenjang S2 nya di Texas lagi ya mbak hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhhh Mah, diomongin disini :D Jadi ketauan tuanya yak. Amien amien, semoga next time bisa S2, hehe

      Hapus
  3. Kemarin aja pas ngobrol sama Bu luci enak bgt,, apalgi mbk prita yang dari SD udah di sana. percaya deh kalau bahasa inggrisnya cas cis cus, secara pengalamnnya banyak ya mbk ikut lomba bhs inggris sana sini... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang enak bgt diajak ngobrol ya Bu Lucy nya, Cin. Walah, kl ga diasah, skill bs ilang Cin, hehe, aku nih jadi English pasif sekarang :(

      Hapus
  4. Buatku bahasa inggris juga penting banget mba. Apalagi mau ga mau memang hrs dikuasai karna aku kerja di bank asing yg nasabahnya kebanyakan bule :p. Ga mungkin maksa mereka ngomong indo kalo sdg ketemu kan :D.. Dan untungnya pelajaran bahasa inggris termasuk pelajaran favoritku jaman sekolah dulu, makanya ga ada kesulitan utk bljr ini. Krn dasarnya memang udah suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener mbak, kl dasarnya udah suka, ngelakuinnya itu ga berasa ya, ya ngalir aja :)

      Hapus

target='_blank' rel='nofollow'