Tips Belanja Kebutuhan Pasca Hari Raya

Halo all! Syawal sebenarnya masih ada di tengah-tengah kita kalau dilihat secara kalender, tapi efek (merasa) bokek rasanya sudah menghantui beberapa orang ya. Termasuk saya :) Mungkin ini efek heboh belanja segala keperluan Ramadhan dan lebaran kemarin ya, dan saking berbarengan belanja list ini itu, dampaknya ya sekarang-sekarang ini :(




Bagi seorang fulltime freelancer yang gajiannya ga tentu tanggal berapa dan job nya juga mesti rajin untuk tebar-tebar pesona, saya lebih ekstra hati-hati dalam berbelanja pasca hari raya.

Beneran, kebiasaan saya jadi bener-bener bukan kencangkan ikat pinggang lagi, tapi juga kencangkan resleting dompet, sembunyikan godaan menarik dan menggesek ATM :) 

Jadi, saya punya beberapa tips nih untuk belanja kebutuhan pasca hari raya ini. Secara namanya manusia yang punya kebutuhan hidup, memang ga bisa lepas dari yang namanya belanja. Ya at least, meminimalisir pemborosan ya. Ini dia :
  • Buatlah to do list pengeluaran dan belanja bulanan untuk kebutuhan yang sudah pasti dan rutin, seperti bahan makanan pokok, pulsa dan kuota internet, biaya transportasi, biaya listrik, tagihan-tagihan, kebutuhan body care, make up, juga home care.
  • Pisahkan mana yang primer, sekunder, dan tersier. Ini akan membantu membuat ring prioritas pemenuhan kebutuhan dan pembelanjaannya.
  • Hindari membeli kemasan dalam jumlah kecil. Jika merencanakan belanja, langsung beli kemasan dalam kemasan sedang atau besar. Ini terbukti lebih hemat. Misalkan, pengalaman saya, lagi ada promo home care, saya beli kemasan besar, dan bisa awet hingga 2-3 bulan!
  • Perhatikan selalu diskon, voucher, kupon, dan segala bentuk promo yang membuat uang kita lebih hemat. Teliti lagi dompet dan pouch andalan, barangkali masih ada voucher-voucher yang tercecer.
  • Hindari window shopping kalau memang ga ada keperluan belanja.
  • Lebih baik hemat waktu, tenaga, dan uang transportasi dengan belanja online. Ingat, kuota kita kan sudah paketan sebulan atau bahkan ada wifi di rumah. Nah, anggap aja itu bagian dari biaya transportasi.
  • Pilih platform belanja online yang memberi keuntungan dobel. Yang lagi hits dan memang terbukti banyak memberi keuntungan hemat, bahkan menambah tabungan kita, apalagi kalau bukan Shopback
 
 
 

Apa Sih Shopback ?


Di postingan saya sebelumnya, saya sudah membahas Shopback lengkap kap loh. Jadi intinya, dengan berbelanja di e-commerce favorit lewat Shopback, kita akan mendapatkan cashback 30-40 % yang nantinya bisa dicairkan ke rekening pribadi kita.

Kalau mau sekalian nabung, mendingan saat bisa ditarik sejak nominal minimal Rp. 50.000, kita endapkan dulu aja. Anggap saja langi nabung gitu. Begitu mencapai 500 ribu hingga 1 juta, enak tuh buat ditarik. Serasa gaji THR, hehe..

Jadi, sekarang kalau mau pesen keperluan tiket kalau mau traveling, entah menggunakan pesawat atau kereta api, lalu pesen hotel, butuh Grab atau Uber, butuh pulsa bulanan atau dadakan, pesen tiket nonton, dan keperluan hari-hari lainnya, langsung alihkan semua pake Shopback :) Karena semua promo dari brand atau e-commerce nya bisa digabungkan loh di Shopback. 

Jadi, langsung cuz buka Shopback di PC, laptop, atau download aja mobile apps nya di Google Play atau Apple Store. Caranya masukkan aja nomor ponsel kita disini.



Okai, selamat menerapkan tips-tips belanja kebutuhan pasca hari raya ya. Yuk ah, semangat nabung lagi :)



Salam Dunia Gairah,

Prita Hw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

target='_blank' rel='nofollow'