Membuat Toko Online Termudah dan Termurah dengan Jarvis Store




Membuat toko online Jarvis Store - Siapa yang saat ini tidak tergantung dengan internet? Bahkan, sebuah survei yang pernah saya baca di surat kabar lokal di Jawa Timur nih, banyak anak muda yang sebagian besar mahasiswa itu, rela ga jajan daripada ga punya kuota.

Kalau dipikir-pikir, memang ada benarnya. Kebutuhan akan akses ke dunia maya sudah menjadi bagian dari kebutuhan primer. Mulai dari berkomunikasi lewat chat messenger yang mulai menggeser SMS secara masif, stalkin media sosial sekaligus update status terbaru, menulis untuk dibagikan lewat blog, nonton video Youtube, sampai belanja dan berbisnis online.


Pernah Tertipu Berbisnis Online?


Khusus belanja dan berbisnis online, ini yang jadi perhatian ekstra. Persepsi, takut sama hal-hal berlabel penipuan juga sedikit masih membekas.

Hm, untungnya, dengan semua perkembangan saat ini, orang-orang sudah mulai cerdas dalam memilih dan memilah. Apalagi perkembangan dunia media sosial yang sangat cepat. Kecewa sedikit, merasa tertipu tipis-tipis, cuap-cuap akan cepat jadi sesuatu yang viral.

Contohnya saya nih, saya pernah punya pengalaman hampir tertipu sebagai pelapak online, ga berapa lama, saya langsung curhat lewat tulisan di blog. Tujuannya, supaya ga ada orang-orang yang mengalami hal serupa, karena dari googling, artikel di blog itu bisa ikutan muncul.

Gara-garanya, tentang metode pembayaran. Saya diminta untuk mencairkan sejumlah uang yang katanya e-money dengan mengikuti petunjuk yang dibuat si calon pembeli yang ternyata menipu itu. Anehnya, kok saya diminta masukkan kode, dan sebagainya. Untung, saldo saya ga cukup sesuai batas minimalnya.

Dari situ, saya inginnya bisa punya sebuah tempat yang aman untuk transaksi jual beli tanpa ada modus-modus tertentu.

Cuma, membayangkan harus mendesain dari awal toko online sendiri kok rasanya kompleks ya? Akhirnya, saya dan suami hanya mengandalkan akun lapak online kami yang bernama Lapak The Jannah di Facebook dan Instagram saja.


Perkenalan dengan Jarvis Store, Platform Toko Online Termudah


Dari seorang teman maya, akhirnya saya tahu ada semacam platform toko online yang katanya paling mudah dibandingkan platform serupa.

Saya pun penasaran mencoba supaya Lapak The Jannah bisa punya jangkauan yang lebih luas lewat pencarian mesin pencari. Istilahnya, ramah SEO, ga melulu harus stalkin di akun media sosial lebih dulu.

Dan, ternyata pas buka www.jarvis-store.com, kelebihannya ada banyak, seperti :


Template yang variatif dan responsive

 



Bisa diakses dari PC, tablet, notebook, sampai versi androidnya di smartphone




Fitur-fitur yang tersedia dalam toko online sangat lengkap 

Mulai dari pilihan kategori, SEO, input harga diskon, harga reseller, share media sosial, sampai pada melihat laporan statistiknya. Mulai dari laporan pelanggan, produk, transaksi, koleksi, dan sebagainya

Terintegrasi dengan ekspedisi pengiriman 

Diantaranya seperti Pos Indonesia, JNE, TIKI, Wahana, hingga memasukkan sendiri ekspedisi pilihan kita.





Terintegrasi dengan berbagai jenis pembayaran yang aman

Diantaranya seperti transfer bank, paypal, ipaymu, dan doku myshortcart.




Dan beragam kemudahan lainnya, yang secara lengkap bisa dillihat di bawah ini :


Buat Toko Online di Jarvis Store : Mudah dan Murah


Karena saya sudah tak sabar ingin mencoba, langsung deh meluncur untuk buat toko online. Pengalaman saya membuat Lapak The Jannah, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka www.jarvis-store.com





2. Isi data toko online dengan selengkap-lengkapnya


3. Lengkapi pula jenis paket yang kita pilih. Mulai dari free hingga berbayar dengan harga terjangkau dan fasilitas yang berbeda seperti keterangan berikut ini :




Saya memilih paket free yang kemudian ditingkatkan menjadi starter. Lakukan hingga ada informasi pembayaran dan cara konfirmasi pembayaran yang kita lakukan.




4. Setelah pembayaran dilakukan, selamat, toko online kita sudah jadi! Dan, lanjutkan dengan melengkapi item-item yang akan mempermudah pelanggan untuk berbelanja dan mengeksplorasi lebih jauh.



4.Lengkapi lagi poin 1 (cara masukkan produk), 2 (cara mengubah tampilan), dan 3 (cara setting pembayaran) dengan cara klik gambarnya atau klik shortcut di tab bagian bawah. Ikuti saja petunjuknya, lalu simpan. 

Satu persatu caranya bisa dilihat pada tangkapan layar (screenshoot) sebagai berikut :

Cara masukkan produk

Klik tanda + untuk menambahkan produk baru.




Lalu, masukkan data produk, termasuk detail, kategori, harga, dan foto.




Cara mengubah tampilan

Pilih tema yang sesuai keinginan, install.





Lalu, setelah tema aktif, klik pengaturan tampilan website.





Lengkapi data-data yang dibutuhkan, dan simpan.





Cara setting pembayaran

Isilah metode pembayan yang digunakan.





Jika semua telah selesai, lihatlah koleksi produk atau katalog toko online kita dengan klik side bar kiri. Ataupun saat ingin cek fitur lainnya, klik saja item di side bar kiri.

O iya, lebih baik saat kita melakuan proses ini, lakukan bertahap sampai selesai, karena sistem keamanannya akan membuat akun kita log out otomatis jika dalam waktu 15 menit tak ada tindakan apapun.

Tampilan Toko Online Lapak The Jannah


Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, insyaallah ga terlalu sulit ya. Hanya perlu sedikit adaptasi kalau kita memang belum terbiasa mengisi item-item secara detail. Saya pun awalnya seperti itu, rasanya cobaan banget :) Tapi, karena ingat goal akhirnya, yaitu membayangkan lapak online saya akan jadi cantik, rapi jali, dan mudah dikenali mesin pencari, saya jadi semangat lagi. Ya iyalah, kan mau nambah untung pada akhirnya, hehe..

Ini nih tampilan Lapak The Jannah, toko online yang saya bangun bersama suami dan fokus pada pembuatan custom merchandise berupa pouch, tote bag, foldable bag, gymsack, juga mug. Selain itu, kami juga punya ketertarikan yang cukup tinggi pada koleksi barang-barang vintage.

Awalnya suami saya memilih template dengan background hitam, karena saya rasa kurang ceria dan kurang nyambung dengan konsep Lapak The Jannah yang dinamis dan retro, saya menggantinya dengan ini :)





Saat kita klik salah satu produknya untuk melihat detail dari data yang kita masukkan tadi, akan muncul seperti ini :





Yuhuuu, dengan begini, berbisnis online jadi lebih semangat karena sudah memiliki rumah maya sendiri :)

Untuk awal, silahkan saja untuk mencoba yang free ya, tapi kalau fasilitas yang temen-temen dapatkan dirasa kurang memadai untuk menampung seluruh aktivitas bisnis yang kita jalankan, upgrade saja menuju paket-paket yang aman dan nyaman di kantong, mulai dari Rp. 99.000 per bulan. Tentang perbedaan paket-paket tersebut serta kapasitasnya masing-masing, silahkan langsung meluncur kesini.

O iya, kalau alamat atau domain nya mau kita ganti dengan .com, semisal www.lapakthejannah.com, kita tinggal tambahkan biaya domain untuk setahun saja, yaitu Rp. 150.000, dan tiap bulan hanya perlu membayar paketnya saja. Misalkan, untuk starter, Rp. 99.000, ya kita tinggal membayar sejumlah itu.

Kalau mau beli domain sendiri di penyedia domain lainnya, juga boleh kok. Nanti, pihak Jarvis Store juga bersedia membantu pemasangannya.


Kesimpulan


Buat saya, Jarvis Store ini pas banget untuk melengkapi akun media sosial yang sudah Lapak The Jannah miliki. Kadang, interaksi dan terutama, DATA yang akurat tidak bisa kita dapatkan dari hanya media sosial. Kelemahan hanya memiliki lapak online di media sosial, tentu soal keamanan transaksi yang hanya mengandalkan trust, juga sulitnya memprediksi produk yang diminati calon pelanggan.

Beberapa tips yang bisa saya berikan sebagai pelapak online kurang lebih hampir dua tahun belakangan ini adalah :
  • Tangkap passion terkuat kita dan kembangkan menjadi prospek bisnis yang menjanjikan
  • Miliki akun media sosial yang menarik di untuk membangun engangement dengan calon pelanggan dan pelanggan setia kita. Ga hanya foto dan informasi tentang product yang bisa kita berikan, tapi juga tips kece seputar bidang yang kita geluti, atau kampanye sosial yang berhubungan dengan product.
  • Jangan hanya memiliki akun media sosial, bangun juga rumah maya sebagai homebase resmi kita dan makin mengukuhkan kesan profesional di mata calon pelanggan serta pelanggan setia. Jarvis Store akan membantu kita mewujudkannya dengan mudah.
  • Gunakan data dan laporan analisis dari website yang kita miliki sebagai acuan untuk berinovasi ke depannya. Hindari memakai ilmu ‘kira-kira’.
  • Jangan lupa untuk selalu mengintegrasikan akun media sosial dan website. Share setiap product baru, best seller, promo, testimoni, dan artikel yang bersifat soft selling. Sst, di Jarvis Store ada loh kolom untuk blog dan kita bisa menuliskan artikel disana.

Buat yang masih kurang jelas atau mau cari tahu lebih lanjut tentang Jarvis Store, cus meluncur ke akun media sosialnya juga ya :


Facebook : Jarvis Store
Twitter : @jarvis_store
Email : info@jarvis-store.com

Selamat mengembangkan bisnis online mu ya!



Salam Dunia Gairah,

Prita Hw

6 komentar:

  1. Jadi bagus dong, barang yang dijual semakin relevan, saat detail barang diarahkan ke Website kita, sippp

    BalasHapus
  2. Makasih sharingnyaaa mbak pritaaa. Cukup terjangkau ya mbak harga perbulannya jd gak berat juga buat para pelaku toko online. Apalagi keuntungan yg didapatkan juga banyak bangeeet. . 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak dibanding lain2 ya, coba mbak :)

      Hapus
  3. Ingat jarvis ini ingat iron man, begitu banyak kemudahan yang bisa dilakukan dan impian pun jadi terwujud, kalau dilihat jarvis yang ini juga ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga ngerti tuh mbak jarvis yg di iron man, hihi

      Hapus