Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Halo all! Ramadhan ini rasanya riuh ya. Berbarengan dengan tahun ajaran baru dan segala hal kebutuhan berbau lebaran. Kebutuhan akan barang tertentu selain sembako pasti juga ikut meningkat dong ya, salah satunya kebutuhan untuk upgrade perangkat ‘perang’ seperti laptop.

Tapi, dari sekian banyak jenis dan varian laptop di pasaran, pastinya kita bungung ya, bagaimana memilih laptop yang pas untuk kebutuhan kita. Karena tiap orang pasti kebutuhannya berbeda. 

Nah, saya mau kasih bocorannya, gimana caranya kita bisa memilih laptop sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa

Hari gini ga cuma pekerja saja loh yang butuh laptop. Dengan perkembangan dunia digital, termasuk dalam pembelajaran, pelajar atau mahasiswa juga dituntut untuk fast response.

Dengan penggunaan untuk pengerjaan tugas, biasanya sih ga terlalu butuh yang high level banget. Karena kebutuhannya pada seputar membuat teks, mengedit, membuat tabel, presentasi, dan sebagainya. Cukuplah multitasking untuk aplikasi pengolah data seperti Ms.Office secara bersamaan.

Nah, untuk kebutuhan ini biasanya dibandrol dengan harga kurang dari 4 juta rupiah dengan RAM antara 2-4 GB. Dan processor yang digunakan biasanya intel celeron, pentium, AMD, maupun dual core celeron.

Untuk layar, rata-rata nyaman menggunakan 14” dan tidak terlalu berat untuk dibawa mobile, kecuali mungkin yang bertubuh mungil seperti saya ya, asal ga kekecilan di mata, ukuran 11-13” juga oke.

Sebagai mahasiswa, karyawan, dan pekerja lepas

Loh kok ada mahasiswa lagi? Maksudnya disini mahasiswa yang pilihan studinya lebih berhubungan dengan aplikasi pengolah desain ataupun kebutuhan visual lainnya. Lebih dari kebutuhan perangkat Ms.Office saja.

Bagi karyawan atau pekerja lepas (termasuk penulis lepas dan blogger kayak saya nih) juga oke menggunakan laptop yang masuk kategori middle. Artinya aplikasi pengolah data dan pengolah desain saat berjalan bersamaan tetap bisa diandalkan.




Untuk harga, biasanya berkisar sekitar 4-6 juta rupiah dengan processor Intel Core i3/i5, pentium, AMD A8, A10, A12, atau FX series, dan lain-lain. RAM nya juga penting untuk memilih yang lebih dari 4 GB karena membutuhkan memori penyimpanan yang lebih besar.

Untuk urusan layar, bisa fleksibel sesuai kebutuhan, kalau sering mobile seperti pekerja lepas yang bisa bekerja di mana saja, ya 11-13” masih oke. Tapi, kalau memang tak sering berpindah tempat, lebih enak menggunakan layar 14-15”, lebih clear.
    

Sebagai profesional dan gamers

Nah, bagi seorang profesional di bidangnya, pasti kebutuhannya akan sangat berbeda dengan dua tipe kebutuhan di atas. Selain wajib multitasking, keamanan, kenyamanan, dan desain juga menjadi pertimbangan yang sama pentingnya.

Kalau gamers juga membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk aktivitasnya. Jangan salah, banyak juga loh saat ini gamers yang bukan sekedar konsumtif bermain, tapi juga menghasilkan sesuatu atau produktif. Bahkan, tak jarang yang juga memiliki start up tertentu. 
 
Harga laptop untuk kebutuhan ini tentu mengikuti performa yang diidamkan, sekitaran 7 hingga 10 juta lebih. Karena semua aktivitas kerja bisa berjalan beriringan, mulai dari RAM, processor, daya tahan baterai, semuanya high capacity, termasuk juga security nya. Kalau untuk layar, sangat relatif seperti biasa. Banyak juga sekarang laptop premium yang juga memiliki berat yang ringan.

Jadi, mana yang sesuai kebutuhan kita?

Selain hal-hal penting seperti harga, RAM, processor, dan layar, sebaiknya kita juga memperhatikan spesifikasi lain yang mengikutinya. Seperti :
  • Hardisk
  • Koneksi untuk mentransfer data
  • Kapasitas baterai 
  • Kenyamanan keyboard
  • Kenyamanan touchpad
  • Operating system yang digunakan
  • Kelengkapan dalam satu pembelian (manual book, charger, garansi, dan sebagainya)
At last, semoga momen Ramadhan dan lebaran ini sudah siap ya investasi demi kelancaran aktivitas ke depan :) Selamat berburu laptop sesuai kebutuhan. 

 

Sumber gambar : www.mataharimall.com 




Salam Dunia Gairah,
 

Prita Hw

2 komentar:

  1. Balasan
    1. hahaha, iya mbak, itu salah satu contoh2 aja dr tiap laptop sesuai kebutuhan, hehe

      Hapus