Mendulang Sukses Lewat Internet Marketing, Sebuah Pilihan untuk Tidak Tertinggal



Apa yang temen-temen pikirkan saat mendengar kata bisnis? Usaha jual beli atau semacam sales yang sering diidentikkan jualan door to door? Atau ada yang lainnya?

Iyap, memang tak salah kalau banyak yang beranggapan seperti itu. Tapi, mungkin itu lebih tepat untuk menggambarkan inti dari kegiatan berbisnis yaitu ada transaksi jual beli. Kekiniannya, metodenya saja yang berbeda. Kalau dulu, direct selling dengan cara door to door memang mutlak dilakukan. Saya pun pernah mengalaminya saat bergabung dengan sebuah perusahaan advertising yang bergerak di bidang marketing dengan cara bertemu orang minimal 80 orang per hari! 

Tenang, saat ini cara tersebut bukan satu-satunya cara ampuh. Terlebih dengan adanya dunia digital yang sudah makin menggurita. Penggunaan internet di Indonesia sendiri juga sudah bagaikan barang kebutuhan pokok. Terutama di kota-kota besar dan berkembang. Bayangkan, pengguna internet di Indonesia termasuk peringkat ke-6 dunia setelah Cina (termasuk Hongkong), Amerika, India, Brazil, dan Jepang. Jumlahnya mencapai 139 juta. Separuh lebih dari jumlah penduduk yang kurang lebih 250 juta jiwa! Termasuk yang mengaksesnya dari segala perangkat dan jaringan seperti 3G dan 4G dengan menggunakan ponsel pintar.



Jumlah yang fantastis ini tentu merupakan hal potensial yang harus dimanfaatkan oleh kita semua. Pilihannya cuma ada dua, tertinggal atau mengejar ketertinggalan. Maka, semuanya bebas untuk memilih menjadi konsumen yang menikmati semua konten yang bertebaran di dunia digital atau memilih memanfaatkan peluang dengan menjadi 'pemain' yang menciptakan konten positif, mendulang sukses, dan syukur kalau bisa menginspirasi orang lain.


Bukan menjadi rahasia lagi, dengan adanya internet, semua hal dan kebiasaan masyarakat jadi ikut berubah. Mulai dari mencari referensi yang tinggal memasukkan sejumlah kata kunci di mesin pencari (search engine), belanja online dan tinggal menunggu barang sampai dengan duduk manis di rumah, sampai menjalankan bisnis hanya dengan berdaster bagi emak-emak atau berkolor ria bagi bapak-bapaknya :)

Tak hanya kalangan berpendidikan saja yang mampu mendulang sukses, asalkan mau belajar dengan tingkat ketekunan yang tinggi, semua orang pun bisa sukses dan membangkitkan bisnis menggunakan internet marketing. Kita bisa memanfaatkan teknologi seperti website, toko online (online shop), atau mobile application.


Website atau situs web merupakan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organsasi. Itulah pengertian website yang saya baca di Wikipedia berbahasa Indonesia.




Artinya, jika di dunia nyata, masing-masing dari kita memiliki sebuah alamat rumah atau kantor, begitu juga di dunia maya. Kita bisa menciptakan rumah maya ala kita dengan memiliki website sendiri ataupun bergabung dengan platform yang menyediakan 'kapling-kaping rumah' seperti halnya media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. 

Apa saja yang bisa kita lakukan melalui website untuk mendulang kesuksesan? Banyak sekali contohnya :




Blog adalah kepanjangan dari web log. Saya sendiri memilih blog sebagai rumah eksklusif saya di dunia maya :) Lebih khusus, saya berbagi tentang kisah inspirasi, aktivitas literasi yang saya lakukan, dan kisah perjalanan (traveling). Dan alhamdulillah berkat mendulang ilmu sana sini, setahunan ini saya sudah mulai mendapatkan uang dari blog. Istilah kerennya, berhasil melakukan monetisasi blog. Meski masih bertahap :)

Personal & lifestyle blog saya, www.pritahw.com yang baru setahunan belajar monetize blog

Monetisasi bisa bermacam-macam bisa dengan content placement, sponsored post atau job review, mencoba peruntungan di Google Adsense, ataupun mencoba affiliate marketing tertentu. Bisa juga mencoba peruntungan sekaligus mengasah skill melalui lomba blog :) 


Inspirasi lain saya dapatkan juga dari kisah sukses Harry van Jogja, abang becak yang memasarkan jasanya lewat facebook. Harry adalah pengayuh becak dari Yogyakarta yang awalnya belajar membuat email dan memiliki media sosial dengan meminta bantuan penjaga warnet. Perannya sebagai single parent membuatnya berpikir ekstra. Dengan kemempuan yang dimilikinya otodidak, ia pun berhasil memasarkan jasa transportasi becaknya melalui Facebook dan Twitter serta menjadi langganan banyak turis. Keunikan ini kemudian menyebar dari satu sharing ke sharing lainnya. 


Rumah maya Harry di Twitter. Screenshot via www.brilio.net, edited by pritahw.com

Seperti layaknya dunia nyata, melalui website, entah halaman web pribadi maupun di platform media sosial, kita bisa berinteraksi dengan pengunjung rumah maya kita dengan leluasa. Kita bisa berbagi apa saja, dari soal kehidupan pribadi, tips-tps yang mungkin berguna untuk dibagi, kisah inspirasi sampai memanfaatkannya untuk keperluan internet marketing. 

Kalau temen-temen masih bingung bagaimana caranya mendulang sukses melalui website dan penasaran cara-cara digital marketing lainnya, ikuti saja Studi Internet dan Digital Marketing
 
      Melalui online shop atau toko online tentu banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan dibandingkan memiliki toko secara konvensional. Untuk kembali menyegarkan ingatan di kepala, tak ada salahnya saya tuliskan beberapa kelebihan memiliki toko online di era digital saat ini, seperti :

       
      • Tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk sewa tempat
      • Tidak perlu menyediakan biaya untuk display mewah dengan etalase-etalase khusus
      • Tidak perlu berpindah tempat dan menghabiskan budget untuk transportasi, karena semuanya dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Sambil selonjoran di rumah, dan mengasuh anak buat para ibu rumah tangga juga sangat sesuai.
      • Pangsa pasar lebih luas, tidak terbatas pada pengunjung yang datang ke tempat kita, melihat spanduk atau banner toko kita secara langsung.
      • Bisa dengan mudah menambah jumlah varian barang karena kita bisa menyimpannya sendiri dan lebih mudah melakukan pencatatan.
      • Pada awalnya, kita bisa menjalankan sendiri semuanya, hingga kita siap untuk benar-benar memiliki tenaga tambahan jika membutuhkan.   
      Lalu, apakah toko online hanya cukup dengan menggunakan media sosial saja, atau cukup membuat akun di beberapa situs e-commerce (marketplace)? Jawabannya, tentu tidak cukup. 

      Dengan membuat toko online sendiri, kita akan lebih menikmati berbagai keuntungan, diantaranya : 

      Pastinya bisnis online memang sangat tergantung dengan brand image dan kepercayaan yang dibangun. Sekali kita melakukan yang terbaik, maka customer tidak segan memberikan rekomendasi kepada orang-orang terdekatnya. Memiliki toko online sendiri sangat cocok untuk meningkatkan kepercayaan customer dan membuat toko online kit aterkesan profesional karena berdiri sendiri. 


      Memang jamur e-commerce sekaligus marketplace sedang tinggi-tingginya. Tapi ingat, bagaimanpun ini tetaplah soal bisnis dan persaingan di dalamnya. Bila tak pandai-pandai menjaga irama, kita tak akan pernah tahu umur sebuah marketplace, sementara toko online kita berada di dalamnya.  
       
      Memiliki toko online sendiri juga akan memudahkan kita untuk menentukan target customer yang spesifik sekaligus bagaimana mengembangkan mereka menjadi customer yang loyal.

      Setiap toko online yang berdiri sendiri tentu menginginkan hasil pencarian yang tinggi di sebuah mesin pencari. Dengan menentukan nama rumah maya yang disebut domain sendiri, kita bisa menjaring calon customer yang sedang membutuhkan produk unggulan kita dengan cepat. Misalnya kita berjualan baju anak branded, maka sebaiknya gunakan saja sebagai nama domain atau turunan dari frase tersebut.  

          Lebih memudahkan kita juga saat kita memiliki toko online sendiri, database customer akan kita miliki dan tentu lebih mudah untuk melakukan follow up. Selain itu, kita juga bisa memiliki database sirkulasi keuangan yang dapat kita temukan informasinya setiap saat.

            Namun, jangan khawatir bila temen-temen masih kesulitan untuk memulai sebuah toko online secara mandiri,temen-temen bisa melakukan Studi Jualan Online sesuai kebutuhan.

            Dan bila kita sukses membuat toko online kita sendiri, dan kita juga sukses mengalola akun toko online yang kita punya di media sosial, tentu itu berarti sumber pundi-pundi penghasilan kita akan bertambah

            Inspirasi dari siswa wirausaha. Via www.suzieicus.com

            Inspirasi sebuah komunitas yang sukses bisa kita dapatkan dari Siswawirausaha. Siswa wirausaha adalah sebuah komunitas yang merupakan kumpulan siswa SMK dengan beberapa pembina yang mewujudkan mimpi memulai bisnis sejak usia belia. Produk handmade yang mereka buat sendiri seperti tas dan baju laris manis dijual melalui toko online nya sendiri dan media sosial.


            Siapa hari gini yang tidak menenteng smartphone alias si ponsel pintar dengan banyak fitur canggih di dalamnya?

            Saya jamin hampir sebagian besar pasti memilikinya ya. Kalaupun tidak, mungkin hanya sebagain kecil orang yang memang belum terkoneksi dengan jaringan internet ataupun jangkauan seluler yang terbatas. 

            Di Indonesia sendiri, teknologi 3G yang mendukung akses internet sudah mulai dikomersialisasikan pada tahun 2005-2009. Dan di tahun -tahun berikutnya, yaitu tahun 2009-2012, pengguna telekomunikasi seluler sudah mencapai 175, 18 juta! Belum lagi teknologi 4G yang saat ini mulai merebut hati para pengguna ponsel.

            Pastinya, smartphone yang kita miliki juga terdiri dari banyak mobile application yang bisa kita download dengan gratis, terutama buat para pengguna Android. Jadi, hidup juga makin mudah saja dengan adanya pengganti komputer/PC atau laptop/notebook di genggaman.




            Urusan kemudahan apa yang tak disajikan melalui mobile app sekarang ini ? Sebut saja mulai dari aplikasi ojek online, pesan makanan online, jual beli di aplikasi toko online, peta menunjukkan arah suatu tempat, mencari kenalan dan ajang perjodohan online, sampai tatap muka online untuk menggantikan tatap muka konvensional dalam kegiatan belajar mengajar seperti kursus online. Luar biasa!

            Untuk lebih memaksimalkan penggunaan mobile app atau malah ingin mencoba menelusuri lebih lanjut manfaat dari mobile app, temen-temen bisa mengikuti Kursus Internet Marketing terlebih dulu.




            Nah, sudah tahu kan ya hal-hal positif yang bisa kita dapatkan melalui internet marketing, terutama melalui penggunaan website, toko online, dan mobile app ?

            Sekarang, waktunya bagi kita untuk membangkitkan motivasi dalam diri dan berteriak dengan lantang "SAYA BISA", atau "KITA BISA". Motivasi ini penting sekali untuk menjaga nyala api dalam diri demi menapaki jalan yang disebut konsistensi. 

            Dengan memanfaatkan internet marketing, banyak hal yang bisa kita raih sebagai sarana aktualisasi diri sekaligus menjadi profesi masa depan, seperti : 






            Profesi blogger yang benar-benar serius monetisasi blog nya dengan tetap sharing pengalaman dan pengetahuan akan bisa menjadi profesi masa depan. Apalagi bila kita sudah menguasai teknik-teknik untuk memonetisasi blog yang berarti juga bagian dai internet marketing. Saat ini, blogger sudah menjadi content marketer yang menjadi klien banyak brand yang membutuhkan public awareness yang tinggi.






            Kalau kita termasuk tipe yang suka tampil di depan umum, kita bisa memilih menjadi vlogger atau Youtuber dengan membuat konten-konten menarik, kreatif, dan informatif di channel kita sendiri. Dan itu semua juga bisa menghasilkan uang.










            Beberapa tahun ke depan, profesi freelancer akan menjadi banyak pilihan para generasi Z yang kebanyakan merupakan kaum tech savvy. Ruang dan waktu bulan lagi menjadi batasan. Melalui skill seperti menulis, memotret, membuat video, membuat desain grafis, dan menjalankan pemasaran online, semua orang bisa menjadi freelancer. Bekerja dari mana saja dengan klien di seluruh dunia, dan tinggal menunggu rekening terisi sesaat setelah pekerjaan selesai.





            Menjadi internet marketer lebih khusus dari profesi blogger yang secara umum juga bisa 'bermain' disini. Misalnya, dengan menekuni menjadi affiliate marketer yang bisa menghasilkan penghasilan tingkat premium, atau menjadi specialist dalam online marketing dengan memperhatikan detil seperti SEO, dan sebagainya :)





             


            Pilihan menjadi entrepreneur juga bukan hanya mimpi belaka. Dengan kemudahan teknologi internet, kita juga bisa menjadi pengusaha online shop dan menghasilkan perputaran uang dengan mudah dari rumah atau sambil traveling :)




            Akhirnya, memang semua pilihan untuk menjadi sukses dengan memanfaatkan internet marketing akan kembali kepada motivasi serta berbagai usaha yang kita lakukan sampai kita betul-betul bisa beraktualisasi diri dan berkarya dalam berbagai bidang yang terbuka untuk dijajaki. Semoga sebuah pilihan untuk tidak tertinggal atau ditinggal zaman, dan mengambil peran ke depan bisa kita pilih dengan bijak. Buktikan bahwa kita mampu dan kita bisa!



            Sumber gambar tanpa nama : Pixabay 




            Salam Dunia Gairah,








             




            Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog 2017 Baba Studio
               










              Prita Hw

              10 komentar:

              1. Sip sip sip....ulasannya komplittttt. Makasih mba Pritaa

                BalasHapus
              2. Sippp mbakkk jadi gini toh, yg dinamakan artikel lengkap. Sukses kedepannya yaaa....

                BalasHapus
              3. Ahh iya, aku jga emang perlu banyak belajar dr internet marketing. Sangat awam bnget dalam menekuni bidang ini. Hihihihi...
                Btw, aku jga sangat appreciate loh sama gebrakan siswa wirausaha, mereka brhasil bnget dlm memasarkan produk mereka dg baik. Tsakep.
                Ulasannya lengkap smoga lolos mbak Prita 😍😍😍

                BalasHapus
                Balasan
                1. iya productnya kece2 juga, Rohmah. Aku pernah dapet doorprize, hadiahnya pouch siswa wirausaha :)Aminnn doanya

                  Hapus
              4. Kalau ojek online saya sudah tahu dan sering memanfaatkannya, tapi kalo becak online saya baru dengar ada yg demikian. Kreatif sekali idenya

                BalasHapus
                Balasan
                1. iya mbak, itu becak yang nyentrik di Jogja :)

                  Hapus
              5. keren banget artikelnya, blog nya juga...menginspirasi sekali

                BalasHapus