Inilah 4 Kelebihan yang Hanya Dimiliki IDM Berlisensi

Salah satu hal yang pasti dilakukan oleh pemilik laptop baru pasti adalah download IDM. Di kalangan pengguna internet terutama yang gemar sekali download-download, IDM menjadi downloader paling populer dan digemari. Ada sejumlah alasan hebat dibalik tingkat kepopuleran IDM yang luar biasa. Alasan-alasan itu tidak dimiliki oleh downloader lainya. 




Sayangnya, ada banyak sekali orang yang berniat tidak baik. Membajak IDM demi bisa menggunakan IDM full versi tanpa mengeluarkan biaya sepersenpun. Padahal harga lisensi IDM tidaklah mahal. Hanya butuh beberapa puluh ribu saja untuk mendapatkan IDM berlisensi seumur hidup. Mungkin masih banyak orang yang lebih gemar memakai sesuatu bajakan ketimbang legal. Benar mungkin adagium yang mengatakan, mengapa harus bayar kalau bisa gratis. Meski itu berarti harus melanggar hukum. 


Kelebihan IDM Berlisensi

Padahal dengan men-download IDM berlisensi berarti anda mendapatkan sejumlah keistimewaan yang tidak dimiliki oleh IDM bajakan. Kira-kira apa saja keunggulan tersebut? Berikut diantaranya :

1. Anda tak melanggar hukum

Hak pertama yang pasti tidak dimiliki oleh IDM bajakan adalah soal ijin. IDM yang berlisensi berarti menggunakan IDM yang telah berijin. Sepertinya tidak terlalu penting, apalagi bagi kamu yang terbiasa menggunakan software bajakan. Tapi bagi kamu yang memahami betapa pentingnya penghargaan atas hak intelektual seseorang pasti merasa bersalah bila menggunakan sesuatu yang bajakan. Kalau tidak sepertinya kamu tidak pernah memiliki hak cipta sendiri. 

Kamu bayangkan saja, bila kamu memiliki sesuatu yang kamu ciptakan sendiri dengan penuh perjuangan lalu dibajak oleh orang lain. Bagaimana perasaanmu? Seperti itulah perasaan orang lain yang kekayaan intelektualnya kamu bajak. Terlebih, bajakan berarti melanggar hukum dan kamu sebenarnya bisa terkena hukum perdata maupun pidana.

2. Didukung dengan fitur update

Hal kedua yang tidak dimiliki IDM bajakan adalah soal update. Download IDM bukan berarti IDM tersebut tidak bisa di-update, melainkan pemilik IDM bajakan tidak akan berani melakukan update IDM. Sebab bila IDM di-update pasti akan terdeteksi oleh sistem bahwa IDM yang digunakan adalah bajakan dan akan diblokir. 

Jadi hanya IDM yang full versi dengan lisensi resmilah yang bisa di-update. Padahal update bagi sebuah software atau aplikasi sangat penting dilakukan. Update bertujuan untuk mengatasi bug-bug yang ada pada software. Tanpa diupdate berarti sistem yang bermasalah tidak akan bisa diatasi. Tapi bagaimana mau update kalau untuk ganti bahasa saja tidak berani?

3. Kompatibel dengan browser terbaru

 

Ketika pertama kali menggunakan IDM, pasti kita memilih versi yang paling terakhir. Entah itu IDM bajakan atau yang full versi dengan lisensi. Masalahnya browser yang kita pasangi IDM pasti di-update, dan ketika browser di-update biasanya IDM menjadi tidak kompatibel. Cara yang bisa dipakai adalah dengan update IDM. Dan inilah lagi-lagi yang jadi perbedaan antara IDM bajakan dengan yang tidak. Hanya IDM yang berlisensi saja yang bisa di-update. Jadi ia bisa kompatibel dengan berbagai browser.

4. Bisa ganti IP

Sebenarnya untuk perbedaan nomor empat ini bukanlah perbedaan yang sebenarnya, sebab antara IDM bajakan dengan IDM berlisensi sama-sama bisa diganti IP nya. Yang tidak bisa, IDM Bajakan tidak bisa diganti bahasanya sementara IDM berlisensi bisa. Penggantian IP biasanya kita perlukan untuk meningkatkan kecepatan lebih dari biasanya. Hanya saja biasanya kalau download-nya makin kencang, browser kita jadi makin lemot. 


 

Itulah beberapa perbedaan antara download IDM berlisensi dengan IDM bajakan bila kita pasang di laptop atau PC kita. Semoga menjadi pilihan yang bijak bagi kita semua.



Salam Dunia Gairah,

Prita Hw

2 komentar:

  1. Wah, selama ini saya pakai versi bajakan. Karena saya belum tau secara detail perbedaan bajakan dg yg asli. Bahkan ternyata harganya cukup murah. Mantap deh. InsyaAllah kedepannya saya pakai lisensi yg asli aja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aseeekkk, nah lebih baik gitu kiiiii, mantep dah :)

      Hapus