Happiness is for Everyone di Hihi Cafe & Eatery Jember



Hi! Apa kabar di bulan April yang padat agenda ini? Bulan ini boleh jadi bulan yang spesial guys. Di bulan ini juga, ada peringatan hari-hari penting yang pas banget untuk jadi refleksi, seperti hari Kartini yang jatuh pada 21 April, hari bumi yang jatuh pada 22 April, dan hari buku yang diperingati 23 April. Satu lagi hari pentingnya, dimulainya Hi! Market dan grand opening Hihi Cafe & Eatery di kota Jember yang insyaallah akan digagas sebagai acara tahunannya para pelaku kreatif dengan konsep happiness. 

Hihi Cafe & Eatery ini sendiri bertempat di Jalan Sumatera 124, pas banget diantara crowded nya area kampus dan tempat berkumpulnya anak muda di Jember. Dimulainya acara yang berlangsung dua hari, yaitu pada 22-23 April 2017 ini pas banget sama momen-momen penting di atas. Kalau menurut saya sih, masih ada hubungannya sama literasi sih. Karena literasi yang berarti 'melek pengetahuan' sehingga bisa memanfaatkan pengetahuan itu agar menjadi lebih berdaya tercermin dalam rangkaian acara yang ada di event kali ini. Apa saja?

Literasi Visual : Kreatif dengan Caramu 

Jujur saja saat diajak untuk berkolaborasi dengan Hihi oleh Priscillia CDP atau akrab dipanggil Sisil ini, saya belum terlalu ngeh konsep acaranya. Tapi begitu saya melihat tampilan sekilas publikasi yang saat itu dikirimkan via email, saya langsung merasakan aura happiness yang jadi tagline Hihi. Bunyi tepatnya happiness is for everyone. Dan, dalam hati langsung terbersit, ini sih pasti acara kreatif! Finally, Blogger Jember Sueger, wadah komunitas blogger di Jember pun ikutan, selain Lapak The Jannah :)



Ada beberapa local brand yang bergabung di HI! Market, local market nya brand-brand kreatif di Jember dan sekitarnya. Diantaranya : OCTOBER 18th . ALIEN INDUSTRI . BY ARANA . JEUM WOODEN CLOCK . JUAL KAMERA JEMBER . JUAL MAKE UP JEMBER . KANISHA HIJAB . LA FLEUR . LAPAK THE JANNAH . YIKES COCOXLIM . MASAGISCENTS . NOW OR NEVER . PANDAHUT . POP KALCER . RIRI SCARF . SCRUBCULT . SEENI . SUNRESIST . V_WAX . WORDZ!  



Selain mengajak local brand yang punya idealisme kreatif dan unik itu, Hihi juga menjadi nyala api untuk literasi visual dan lifestyle yang juga menjadi magnet event kreatif ini. Sebut saja mulai dari  : 
  • Workshop and discuss tentang tren make up & fashion hijab 2017 disertai tutorial hijab oleh Vita (Victoria Nurvita MUA) yang menampilkan model cantik Inas Rana. Nah, ini saya sempat intip-intip dikit pas baru menginjakkan kaki di hari Sabtu lalu (22/04)
Via instagram @hihi.cafeandeatery


  • Workshop and discuss tentang videography oleh Zoel Hapner (ZH Picture) yang diadakan di hari yang sama di jam 3 sore. Saking semangatnya para peserta, mereka rela loh lanjut sampai selepas maghrib untuk berkonsultasi tentang editing videography yang mereka buat. Salut energinya! 
Via instagram @hihi.cafeandeatery


  • Workshop tentang Illustration on any surface oleh F21ST alias Fivust yang juga merupakan partner Sisil dalam pendirian Hihi Cafe & Eatery ini. Nah, suami saya sempat ikut yang satu ini :)
Via instagram @hihi.cafeandeatery



Suka banget sama workshop-workshop nya. Literasi visual semacam ini juga perlu loh untuk mengasah kreativitas kita. Membaca bukan berarti cuma teks. Tapi juga membaca fenomena di sekitar kita, lalu tuangkanlah sesuai imajinasi dan tafsiranmu dalam bentuk visual :)
O iya, selain workshop di  atas, pengunjung Hi!Market juga dimanjakan dengan live music/DJs dari PDJI Jember (Tapal Kuda) dan live paintings dari Ayick & Bongnice.





Dan, pas di malam minggu 22 April juga, eh saat celingak celinguk karena melihat keramaian di sekitar banner photo booth dekat pintu masuk, tiba-tiba didaulat jadi model pertama oleh komunitas Jember Drawing yang malam itu datang rombongan. Alhasil, mesti nahan 10 menit buat diem senyum atau ngomong tanpa lihat lawan bicara, tapi harus menghadap ke satu titik. Wkwkwk, tapi lumayan juga lah ya bisa bawa pulang dua sketsa wajah gratis :)


Via instagram @jemberdrawing

Happiness is for Everyone di Hihi Cafe & Eatery

Kebahagiaan milik semua orang, yes itu terjemahan dari tagline keren Hihi. Berkonsep full of happiness. Begitu temen-temen mencari dimana lokasi Hihi berada, penandanya gampang. Mural tinggi berwarna dan tulisan Hihi yang mencolok




Untuk area parkir, kita bisa memarkir mobil atau motor di gang kecil samping kanannya. Pintu masuk bisa dari depan dan dari samping. Saat kita melangkahkan kaki dari pintu depan, pernak pernik happiness akan langsung menyambut dan hampir semua sudut memang instagrammable, seperti ini :





Pilih tempat duduk yang nyaman dengan kursi-kursi kayu yang divernis apik, juga ergonomis, dijamin temen-temen bakal betah berlama-lama memulai sesi ngobrol atau curhat sepanjang hari. Nah, jangan lupa buat order dan bayar langsung menu-menu andalan Hihi juga. Atau mau jeprat jepret dulu di area photo booth nya yang ala ala trick eye museum itu, boleh banget :)




 

Ini Menu Favorit Saya di Hihi Cafe & Eatery

Puas stalkin tiap sudut Hihi, fokus langsung berpindah ke buku menu yang  full makanan-makanan unik atau bahkan aneh buat kita yang baru pertama merasakan fushion food. Apa itu? Menurut tulisan di buku menu dan di salah satu sudut di atas bar table, itu merupakan perpaduan dua unsur dari dua makanan yang berbeda, sehingga menghasilkan menu yang baru. Nah, serunya di Hihi, kita bisa kombinasi menu ala kita sendiri selain menu-menu "template" yang sudah disediakan Hihi. Maksudnya? Coba simak yang satu ini :

 


Jadi untuk main course nih, temen-temen bisa pilih carbo yang terdiri dari nasi putih, spaghetti, dan fusilli (semacam spaghetti yang bentuknya spiral mirip makaroni), main course atau menu utama untuk lauknya bisa pilih ayam (chicken pop), dory, daging sapi (beef sausage), dan tuna. Untuk sauce nya bisa pilih cheesy creamy (putih meleleh krim keju), blacpepper (sudah akrab dong ya sama pedesnya lada hitam ini), tomato sauce (saus tomat yang populer itu), dan yang paling spesial menurut saya sambal bawang asli, alias bukan instan. Yang paling pedes, diurut aja dari bawah ya :)

Favorit saya ini nih : fusilli chicken pop + sambal bawang. Pedesnya, endesss banget. Ditambah, sensasi makan menu western dengan sentuhan yang Indonesia banget di sambalnya. Harus coba! O iya, minumnya saat itu, saya penasaran sama milkshake monster chocolate yang topping nya udah bikin ngiler duluan :)


Fusilli chicken pop sambal bawang, ssshhh, pedesnya...
Milk shake monstre chocolate ini adalah coklat yang di-shake, toppingnya bikin mupeng!

Nah, kalau yang di bawah garis menu-menu yang sudah saya sebutin tadi, apa tuh? Nah, itu juga main course. tapi dengan pilihan carbo : fried rice alias nasi goreng dan fried spaghetti alias spaghetti goreng. Plihan lauk main course nya unik banget, yaitu salted egg atau telur asin, dan salted fish atau ikan asin. Jangan bayangin telur asin bulat yang nanti diparuh jadi dua itu ya (ini sih bayangan katro saya, haha), atau ikan asin yang digoreng krenyes gede-gede gitu ya.

"Jadi telur asinnya itu diambil kuningnya, terus digoreng lumer bareng sama spaghettinya.. Mirip kepiting telor asin gitu loh mbak.. Kalau ikan asin itu diiris tipis-tipis dan kecil-kecil gitu, nanti ditaburin..", begitu penjelasan owner yang sekaligus pencetus ide fushion food ini, Sisil pada saya yang lagi terpesona sama spaghetti salted egg yang bikin nyandu buat penyuka telur asin akut macam saya :) Minumnya sengaja pilih yang soft macam banana smoothies. Nah, pas banget buat pasangan main course nya nih. Rasanya jadi seimbang. Ini dia penampakannya :

Fried spaghetti salted egg dan banana smoothies

Wah, soal harga gimana nih? Ah, sesuai banget kok sama suasana, juga menu unik yang bakal temen-temen dapetin, apalagi free wifi nya juga kenceng, mas-mas di kasirnya itu kalau ditanyain tentang detail menu satu-satu juga ramah banget :) All main course menu, cuma 18 ribu aja :) O iya, satu lagi, krupuk di setiap main course itu adalah keripik talas yang diambil langsung dari produsennya. "Sambil bantu pengusaha UKM..", begitu ungkap Sisil lagi.

Yang buat saya makin cinta sama Hihi ini tentu karena semua menu fushion food disini disajikan dengan prinsip love, happiness, communicate, laugh, dan unique. Ga heran sih, karena Sisil juga alumni Tata Boga UPI Bandung yang berkolaborasi apik dengan calon partner hidupnya, Fivust yang alumni DKV Trisakti Jakarta. Ehm, pantesan ya, desain ruangan dan makanannya bisa klop gitu :) Tambah sip kalau pilihan musiknya tuh juga 'dikawinkan' dengan semangat indie, seperti Endah n' Rhesa, Dialog Dini Hari, Payung Teduh, Senar Senja, Banda Neira, Tetangga Pak Gesang, dan semacamnya ya. Pasti makin bikin betah :)




Oke deh, buat temen-temen yang dari tadi cuma bisa nahan air liur dan keinginan buat foto-foto instagrammable disini, catet aja nih jam bukanya, dan langsung aja kunjungi akun instagram nya di @hihi.cafeandeatery . Buat yang diluar Jember, kalau berkunjung ke Jember, sempetin juga mampir kesini ya, dianterin deh :)






Salam Dunia Gairah,
 



 

Prita Hw

13 komentar:

  1. wah jembernya mana ni jenengan bu...adek saya baru saja pindahan ke sana juga :), bisa buat ampiran nih cafenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, salam kenal :) Saya deket sama area kampus juga kebetulan mas. Nah, bisa nih saya anter ke cafe ini mas, haha

      Hapus
  2. Hihi mbak, enak banget ya, yang Milkshake Monster Rasa Coklat, tapi sayang, gabisa jeprat-jepret manja �� cuma sedikit hasilnya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Sol, bikin ketagihan itu yg rasa coklat, edisi selanjutnya ya, biar bs poto2 puas lagi kamuuu :)

      Hapus
  3. Komentku padahal yang pertama hiks hiks tapi g muncul,, sampe lupa koment apa tadi mbk :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen aja diulang, Cin :) Nong, foto bareng2nya ga diupload? hehe

      Hapus
  4. aihhh aku mau nyobain milshake monster belum kesmpean.
    Kesana lagi yuks mbak, hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok monster mbaak, menakutkan dong wkwkwk

      Hapus
    2. ahahaaa iya iya kliru sebut mas wkwkwkwk
      Monstre Choclate yak yg bener. hahahaa
      Tampilan dan rasanya menggoda, hheee

      Hapus
  5. Milk shake monstre chocolate, sejujurnya kita mau yang ini mbak, tapi wes terlajur pesen yang lainnya.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kok milk shake monster, Ga, Rohmah :) Hayuk aja nongkrong sana lagi, hehe

      Hapus
    2. aku mau coba yang a pot of happiness...

      Hapus
  6. keren konsepnyaa ^o^... kalo aku ke jember, wajib banget mampir kesana.... kalo telur asin sauce itu, mau diapain aja emg enak ya mba... pake udang, pake cumi, apke spagetty aku blm pernah coba sih, tp aku yakin byanget, ini pasti jd fav ku juga :D...secara aku suka ama telur asin

    BalasHapus