Awal yang Baik, Dejavu di Kopdar Blogger Jember


Dulu, saat saya belum tertarik arus blogosphere yang sedemikian besar, saya punya cita-cita ‘besar’ untuk menjadi seorang blogger yang serius. Sempat bertemu dengan Salman Faris, seorang travel blogger femes yang saya kenal duluan saat berjibaku di jaringan relawan pendidikan.

Saya ingat sekali momen saat di dalam bis kota dari sebuah acara, saya tanya padanya, “Gimana sih bisa menghasilkan dari blog ya, Man? Apa rumusnya ada di konsistensi ya?”

“Nah iya, konsistensi itu yang susah susah gampang. Mesti update terus emang. Aku juga belajar terus buat itu…”, jawabnya kala itu.

Lain lagi saat saya dapet insight dari Om Bisot (saya biasa memanggilnya begitu, tapi masih muda loh, haha). OmBis yang memang lebih dulu melanglang buana di dunia blogging, jago bikin template-template keren, dan jarinya udah cepet banget kalau udah ngomongin update status di medsos ini bilang, “Ikut komunitas, mbak. Kalau ada kopdar-kopdar gitu dateng aja. Meski di dumay udah kenal, tapi kalau ketemu itu lebih beda lagi. Lebih nampol. Misal someday dia ada acara atau undangan, pas berhalangan hadir, nah dia bakal inget blogger yang pernah kopdar langsung.”, katanya panjang lebar.

Pertama kali saya ikut komunitas-komunitas blogger yang bertebaran di Facebook itu, saya bergabung dengan Kumpulan Emak2 Blogger dan kemudian Blogger Perempuan.

Saya masih ingat betul kopdar blogger pertama yang saya ikuti adalan Ngobrol Cantik OPPO yang diselenggarakan Blogger Perempuan. Untuk ikut itu, harus membuat artikel pendek tentang alasan yang kuat kenapa saya harus ikut. Pas dapet email balasan, rasanya suenengggg banget! Meski agak grogi-grogi gimana gitu pas ketemuan sama temen-temen blogger, saat itu saya dalam hati berucap, “Oh gini toh rasanya kopdar…”
***

Dan, malam itu, 15 Maret 2017 yang lalu, kalau ga salah pas hari Rabu, saya kembali de javu dengan peristiwa yang kurang lebih sudah berlangsung setahunan yang lalu itu.

Apalagi saat saya membaca ulasan Kopdar Blogger Jember yang ditulis Faisol (pelajar kelas 1 MAN-setara SMA), yang termuda dari para Blogger Jember yang berkumpul karena saya undang melalui DM Instagram dan kemudian berlanjut di WA group. Sama dengan saat saya membaca ulasan Rhosanda yang memimpikan kopdar dengan sesama blogger jauh sebelum bertemu saya di Women (need) Rights pada women international day 8 Maret yang lalu.

Hati saya merasa bergetar. Kadang sesuatu yang kita anggap biasa saja, mungkin tidak berlaku hal yang sama untuk orang lain. Rasa impian dan pengalaman lah yang membuatnya berbeda. Tapi saya tahu apa yang mereka rasakan, karena saya pun pernah mengalaminya.

Selain mereka berdua, hadir juga Cindy, Arifah, Bahari, Sahlul, dan Fevtri. Totally kami ber-9 dengan partner setia saya, suami saya sendiri :)

Lucunya, pas Faisol datang sebagai orang pertama, dan menunggu di luar cafe, Riuh Rempah yang kami pilih saat itu. “Mbak, mbak yang di dalem yang lagi mainan sama cowok itu ya?” , tanyanya di WA group.

Bahahaha, maklumlah, suami saya belum masuk sebagai anggota di grup :)


ngobrol SKSD, haha

Setelah kami berkumpul, saya membuka tentang kenapa saya ingin mengundang temen-temen Blogger Jember. Tujuannya, karena saya ingin sharing pengalaman selama setengah tahunan berjibaku dengan blogger life di Jabodetabek. Saya punya semacam visi, kalau blogger daerah harus sama bergaungnya dengan temen-temen yang ada di sekitaran ibu kota. Ya dalam hal konsistensi, semangat ngeblog, sampai blog monetize. Selain itu sih, karena Jember punya potensi besar. “Kenapa blogger semacam kita ga ikut mewarnai perkembangan Jember?”, ungkap saya yang diiyakan suami malam itu.

Tak hanya saya dan suami yang berbagi pengalaman, malam itu semua orang mendapat jatah untuk berbicara. Tidak hanya memperkenalkan diri, tapi juga membuka blog nya di laptop, bercerita sejak kapan mulai ngeblog, dan harapannya saat ada sebuah wadah untuk Blogger Jember berkumpul.

Beberapa orang memang tampak malu-malu karena sudah lama tidak menyentuh blog, padahal dulunya aktif dan rajin. Rata-rata mengaku karena kekurangan motivasi menulis dan kesusahan untuk membagi waktu.

“Tapi, dengan adanya komunitas semacam ini, saya jadi ikut semangat ngeblog lagi. Saya harus tetap berbagi kebaikan lewat apa yang saya bisa.”, ucap Arifah, si gadis manis, mahasiswa Kedokteran Unej yang malam itu dirayu Rhoshanda untuk datang.

Semuanya punya cerita yang menarik dan harapan yang besar. Dan, itu makin meyakinkan saya dan suami untuk serius mengawal komunitas ini bersama mimin-mimin blogger yang saya kenal lebih dulu dan kemudian menarik temen-temenya yang lain, yaitu Fevtri, Rhos, dan Rohmah yang kebetulan malam itu berhalangan hadir.

Meski sebelumnya dari kabar yang saya dengar, sudah pernah ada dua komunitas Blogger Jember yang pernah dirintis, buat saya itu tak jadi soal. Ibarat sajian menu istimewa, rasanya tergantung siapa yang meramunya. 

Malam itu menjadi sejarah baru bagi Blogger Jember yang kemudian disepakati memiliki nama Blogger Jember Sueger dari usul suami yang kemudian disetujui di WA group. Sueger untuk menggantikan kata fresh dan selalu berinovasi dengan sesuatu yang baru. Ke depan, Blogger Jember Sueger sepakat untuk mengawal :
  •  Kopdar yang dilakukan sebulan sekali dengan tema yang disepakati bareng untuk sharing knowledge di dunia blogging
  • Mengadakan arisan link untuk meningkatkan silaturrahim dan memberi backlink positif. Pemenang akan dilakukan dengan sistem kocokan arisan, dan anggota yang lain berkewajiban mengulas profil pemenang dan memberikan backlink.
  • Nge-trip seputar Jember minimal 2 bulan sekali dan menulis reportase perjalanannya.
  • Ke depan, kalau semua sudah konsisten menulis, akan diupayakan menuju arah profesional dengan bekerjasama dengan lembaga atau company tertentu.

Yey, akhirnya kopdar pertama Blogger Jember Sueger yang berlangsung sejak pukul 7 malam, meski prakteknya mulai setengah jam kemudian, harus diakhiri juga pukul 10 malam. Terimakasih temen-temen, semoga ini menjadi awal yang baik!            

Prita Hw

25 komentar:

  1. Assik bisa kopdaran dengan blogger Jember. Moga makin kompak ya mba Prita dan teman-teman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amienn mbakk, emang asik kopdaran itu ya mbak, haha

      Hapus
  2. Alhamdulillah mbak, saya bangga gitu, dengan adanya Blogger Jember Sueger ini. Lumayan mewarnai dunia blogging saya yang bisa dibilang abstrak sebelumnya, dan sekarang, Tara... Semakin teratur dan terarah. Moga grupnya langgeng, sukses, n barokah. 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, Faisollllll, aku padamu :) Alhamdulillah, insyaAllah kan dengan jamaah atau berkomunitas, memang niat akan semakin kuat. Amiennn..

      Hapus
  3. Senang ia kalau bisa berkumpul dan berbagi dengan rekan-rekan yang memiliki Hobby yang sama, jadi nyambung dan gak ada bosennya bahan ngobrolnya ... wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess baetul banget masss, hehe

      Hapus
  4. Kumpul itu emang asik ya, apalagi sama passionnya. Salam dari Blogger Bengkulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam balik buat temen2 Blogger Bengkulu, smg next bs maen kesana, aminn

      Hapus
  5. Wah. Asyik tuh bisa kopdar bareng-bareng. Salam dari Probolinggo. Maen ke tempat kami mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, salam balik mbak, deket sih ya Probolinggo, smg next bisa mampir :D

      Hapus
  6. Seru pasti, salam untuk member blogger jember mbak 😊

    BalasHapus
  7. Wah, kereen, semoga tetap kompak yaa Blogger Jember, suka rencana kegiatannya yang eksplorasi daerah...

    BalasHapus
  8. ._. seru yah bisa kumpul bareng temen-temen baru.
    Aku blogger baru. Masih cupu :D jadi malu.. ahahahkkkk

    BalasHapus
  9. Rohmah dan aku satu kelompok Arisan Link loh mba, seneng banget bisa kenal anak muda yang rajin ngeblog dan berbagi kebaikan. Moga makin kompak ya mba

    BalasHapus
  10. huaaaa...
    aku belum nulis yang iniiiiih...

    BalasHapus
  11. Duh kapan tangerang ada kaya gini

    BalasHapus
  12. Senangnya bisa kopdar sesama blogger di daerah sendiri ya. Pengen juga kek gitu. #kapanya? Salam kenal mbak, salam juga buat blogger Jember

    BalasHapus
  13. Semoga di lain waktu bisa kopdardengan kalian. hikss

    BalasHapus
  14. Yeay, seru nih kalo tiap bulan kopdar.
    Sadarkan saya yg nge-blog masih males-malesan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling sadar menyadarkan Mas Vadil . Hihi

      Hapus
  15. Aku baru baca dan aku optimis jember bisa...! Aku mendamba2 ada komunitas blogger di jember.. Happy!

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, bisa bertemu dengan orang-orang hebat.
    Semangat menulis kembali muncul kepermukaan. Semoga makin inten mengelola blog. Blogger Jember Sueger.

    BalasHapus