5 Alasan Mengapa Anda Harus Berkunjung ke Cirebon


Saat berkunjung ke Jawa Tengah dan Yogyakarta, kita akan menemukan masyarakat dengan budaya Jawa yang sangat kental. Betul? Sementara itu, kalau berada di Jawa Barat, kita tentu bisa merasakan budaya Sunda yang khas. Tapi, hal yang agak berbeda mungkin bisa kita rasakan saat berkunjung ke Cirebon.

Kota bagian Provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini tidak hanya menampilkan perpaduan budaya Jawa dan Sunda, tetapi juga Timur Tengah, Eropa, dan Tiongkok. Kok bisa? Ternyata hal itu berkaitan erat dengan sejarah Cirebon di masa lalu, yang hingga kini bisa kita saksikan melalui berbagai peninggalan sejarahnya.

Berikut ini 5 alasan kenpa kita harus berkunjung ke Cirebon :)

1 Tempat wisata bersejarah

keraton di Cirebon
Sumber : anekatempatwisata.com

Sebagai daerah yang merupakan bekas kerajaan dengan sejarah yang cukup panjang, Cirebon memiliki banyak peninggalan sejarah yang kini sudah beralih fungsi menjadi lokasi-lokasi wisata unggulan, seperti :
Keraton

Di beberapa bangunan keraton, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman, kita bisa menyaksikan sisa-sisa masa kejayaan Kesultanan Cirebon melalui bangunan yang megah, serta benda-benda pusaka yang masih tersimpan apik. Untuk mendapatkan cerita dibalik peninggalan tersebut, saat berkunjung ke sana, kita bisa menggunakan jasa pemandu yang sudah disediakan oleh keraton.
Gua Sunyaragi

Gua unik yang terbentuk dari batu karang ini pernah menjadi tempat peristirahatan para keluarga sultan. Pada zaman penjajahan, Gua Sunyaragi juga sempat dijadikan sebagai tempat untuk menyusun strategi melawan pemerintah kolonial. Saat berkunjung ke sana, kita akan mendapati sebuah bangunan gua yang rusak akibat serangan bom dari Belanda di masa lalu.

Makam Sunan Gunung Jati

Jika ingin menikmati sejarah penyebaran Islam di Jawa Barat, kita bisa datang ke Makam Sunan Gunung Jati. Berdiri di atas tanah seluas 4 hektar, interior bangunan di area makam tersebut memiliki desain yang cukup unik, yakni memadukan gaya arsitektur Jawa, Tiongkok, dan Arab. Ada juga 9 pintu dengan nama berbeda yang tersusun bertingkat. Namun sayangnya, pengunjung hanya diperbolehkan memasuki pintu ke-5 saja.

2 Alam yang indah

Wisata alam Cirebon
Sumber : travel.kompas.com

Selain menawarkan banyak lokasi wisata bersejarah, Cirebon juga memiliki panorama alam yang indah, mulai dari pantai, sumber air panas, danau, dan taman. Berikut ini beberapa lokasi wisata alam yang ada di Cirebon yang bisa coba dikunjungi untuk merasakan aroma petualangan personal :)

Pantai Kejawanan

Keindahan senja di Pantai Kejawanan sudah terkenal sejak lama. Tak heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari.

Situ Sedong

Ingin bersantai bersama keluarga dengan suasana yang sejuk, tenang, dan nyaman? Datanglah ke Situ Sedong. Di sana, sudah tersedia wahana permainan sepeda air untuk kita yang ingin bersantai sambil mengelilingi situ.

Banyu Panas Paliman

Jika ingin menikmati wisata pemandian air panas, kita bisa berkunjung ke Banyu Panas Paliman. Selain untuk menghilangkan penat, berendam di pemandian tersebut juga dipercaya bisa menjadikan kulit lebih cantik :) Pasalnya, air panas yang bersumber langsung dari Gunung Kromong tersebut mengandung belerang.

3 Aneka sajian kuliner lezat

kuliner Cirebon
Sumber : resepcaramemasak.info

Sejak dahulu, Cirebon selalu dikenal aneka sajian kulinernya yang begitu menggoyang lidah. Bahkan, tak sedikit masyarakat Cirebon yang merantau ke luar kota kemudian membuka rumah makan dengan menyajikan menu khas Cirebon. Namun tentu saja, rasa asli kuliner khas Cirebon hanya bisa kita dapatkan di kota asalnya. Beberapa kuliner khas Cirebon yang cukup populer adalah nasi jamblang, nasi lengko, empal gentong, docang, dan mi koclok.Hm, jangan ngiler dulu ya :)

4 Banyak hotel murah

Hotel murah Cirebon
Sumber : www.traveloka.com

Menemukan hotel murah di Cirebon tidaklah sulit. Kemajuan pariwisata di Cirebon membuat kota ini memiliki banyak hotel untuk akomodasi para wisatawan. Tidak hanya nyaman, hotel-hotel murah di Cirebon umumnya juga terletak di lokasi yang cukup strategis dari tempat-tempat wisata.

Agar lebih mudah dalam menemukan hotel murah di Cirebon, kita bisa mencarinya secara online di www.traveloka.com. Kita bisa membandingkan harga, fasilitas, serta melihat jarak lokasi hotel dengan tempat-tempat yang ingin kita kunjungi. Kalau beruntung, kita bahkan bisa mendapatkan harga promo. Yey, semudah itu :)

5 Batik Khas Cirebon
Batik khas Cirebon
Sumber : batiknusantara

Dari manakah batik mega mendung berasal? Pastinya dari Cirebon. Secara umum, batik Cirebon memiliki corak yang berbeda dengan batik-batik dari daerah lain, seperti Solo, Jogja, atau Pekalongan. Jika ingin memiliki batik-batik bermotif unik dengan harga bersahabat, kita bisa datang ke Desa Trusmi, pusat pembuatan batik Cirebon.

Banyaknya destinasi wisata serta berbagai sajian kuliner khas tampaknya memang membuat Cirebon harus masuk ke dalam daftar wisata berikutnya nih. Sudah siap menikmati lezatnya nasi jamblang langsung dari tanah asalnya?



Prita Hw

6 komentar:

  1. Pengen no 3 mbak... Baru ngerti klo mie koclok dari Cirebon.btw...bisa borong trasi juga kan mb klo di cirebon.. Aku blm pernah soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, nah soal terasi ini aku belum tau mbak :) harus eksplore lagi berarti ya :)

      Hapus
  2. Jadi pengen Makan Nasi jamblang lagi ....

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke Cirebon, pengin nyobain kulinernya.

    BalasHapus
  4. teh, sha belom pernah ke cirebon. pengen banget deh! sempet naksir org cirebon. ahahaha *tjurhat*

    BalasHapus
  5. Sudah 2x ke cirebon... tapi blm sempat menjelajah tempat wisatanya T_T

    BalasHapus