Eskaningrum, Reseacher yang (Masih) Menyempatkan Diri Produktif Lewat Blogging [Profil Blogger-Part 14]

Halo all! Setelah sekian purnama (meminjam istilah A2DC), akhirnya kita ketemu lagi di profil blogger yang juga memasuki part kesekian. Kangen? Banget! Kali ini saya mau mengajak temen-temen untuk berkenalan dengan seorang researcher yang meski sehari-harinya bergelut dengan urusan studi dan penelitian, ternyata masih memendam gairah untuk menumpahkan segala rasa lewat blogging.

Siapa dia? Nama lengkapnya Eskaning Arum Pawestri. Kalau ditanya artinya, menurut mbak yang lahir dan besar di Kebumen, salah satu kota kecil di Jawa Tengah ini, namanya konon diambil dari keadaan sang bapak yang saat itu pas menerima SK (Surat Keputusan) menjadi PNS. Begitulah orang jaman dulu ya, selalu ada cara untuk mengabadikan peristiwa. Itu uniknya :)


 

Mbak Eska, begitu saya memanggilnya saat pertama bertemu setahun lalu di sebuah Workshop Blogging di Dilo, Bogor. Saya belum pernah sih ngobrol langsung, selain saling bertegur sapa di whats app group kami :) Tapi, saat saya mengunjungi blog nya di www.eskaningrum.com , sekilas saya bisa mengenal sosok mbak yang tahun ini genap berusia 28 tahun dan sukses menyandang gelar sebagai ibu muda baru sejak awal Oktober 2016 yang lalu.

Meski katanya blog nya masih belum lengkap seperti yang ia tuturkan sebagai berikut :

“Kalau lihat blog saya sekarang masih belum semarak. Saya masih belajar otak atik lay out, SEO, dan lain-lain. Belum sempurna seperti yang saya mau. Saya cuma nulis menu tapi belum ada artikel untuk mengisinya. Harap dimaklumi ya kalau blognya masih sangat simpel dan masih banyak menu yang kosong. Rencananya blog saya itu akan saya jadikan tema lifestyle yang isinya gado-gado, mulai dari kesehatan, tips, travel, kuliner, parenting, kehamilan. Yang jelas saya harus lebih banyak belajar lagi dan cari ilmu dari  temen-temen disini yang sudah lebih pro dari saya”

Tapi, saat kita berkunjung ke blog nya, sebenarnya apa yang dituturkannya itu tak sepenuhnya benar kok, hehe :) Desain blog nya oke dan eye catching. Tulisannya juga simple tapi bisa dinikmati seperti saat saya membaca tulisan Secangkir Teh dalam Pernikahan ini, disini saya bisa merasakan kalau sebenarnya istri dari Riyadi Eko Nugroho serta ibu dari Adzkia Halwa ini sangat mencintai dunia tulis menulis yang kini terwadahi dalam blog ini.


Baca Juga : Tips Manajemen Waktu Seorang Momblogger, Momwriter, dan Mompreneur, Ernawati Lilys


Benar saja, usut punya usut, ternyata hobi menulisnya ini memang sudah ada sejak duduk di bangku SD hingga kuliah. Diawali dengan menulis diary, dimuatnya cerpen di  majalah sekolah, samai membuat blog di blogspot yang berisikan curhatan dan puisi-puisinya. Sayangnya, di tahun 2011, ibu muda yang satu ini malah menghapus blog nya karena dirasa kurang berbobot :) Padahal bisa jadi bagian dari sejarah perjalanan panjang ya :)

Kemudian, baru pada tahun 2014, ia bergabung di KEB (Kumpulan Emak2 Blogger) dan memiliki blog di wordpress. Di tahun yang sama, mbak yang sehari-harinya bergelut di dunia kampus karena profesinya sebagai asisten profesor ini berhasil menorehkan prestasi seperti Juara 1 lomba giveaway emak gaoel dan smartfren bertema "Bersama Kita Sebarkan Kenakan dengan Semangat Berbagi".


Tampilan blog Mbak Eska, cantik dan bersih kan ya? :)


Seiring berjalannya waktu, akhirnya di tahun 2016 saat mulai memasuki masa kehamilan, Mbak Eska mulai memiliki semangat ngeblog yang lebih lagi. Ditandai dengan keikutsertaannya pada workshop yang kemudian mempertemukan kami, lalu penasaran juga tentang blog menetize. Tapi, yang lebih utama sih, “supaya tetap bisa produktif ketika nanti sudah tidak lagi bekerja kantoran setelah memiliki anak.”, ujarnya.

Di tahun 2016 juga, alumni Kesehatan Masyarakat UI yang kemudian jatuh cinta pada instansi yang sama di almamaternya dan memutuskan tinggal di Depok ini mendapatkan apresiasi yaitu karyanya dipilih sebagai tulisan terbaikdi lomba menulis dengan tema “Cukup Sudah Musikku Jadi Alat Promosi Rokok”.

Yuhuuu, keren kan Mbak Eska ini. Di tengah keseriusan aktivitas yang menuntut energi lebih seperti di sebuah lembaga penelitian itu, ternyata masih memiliki waktu untuk menumpahkan isi hati dan pemikiran lewat ngeblog. Tapi, memang hidup itu butuh keseimbangan dan produktivitas supaya kita bisa bermanfaat bagi banyak orang. Betul, kan?

Semoga apresiasi yang sudah didapat makin menambah semangat ngeblog Mbak Eska di tahun 2017 ini ya :) Buat temen-temen yang ingin berkenalan, ngobrol tentang kesehatan yang juga jadi salah satu bidang Mbak Eska, boleh langsung meluncur kesini :

FB : Eskaning Arum Pawestri -- IG&twitter : @eskaningrum -- Blog : www.eskaningrum.com

Sampai ketemu di profil blogger part yang terakhir di edisi ini ya :)

Prita Hw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar