Home Decor Cantik dari Belanja Online Menggunakan UANGKU

Hari gini masih belanja (segala sesuatunya) secara konvensional?

Kalau saya untuk beberapa item masih, tapi untuk item yang lain, saya juga mengandalkan online. Ya meskipun, jujur ya, sebelum memutuskan sesuatu untuk dibeli biasanya kita selalu menyambangi mesin pencari untuk mencari testimoni atau review, Atau rajin mengetikkan hashtag di social media bernama Instagram. Yup, saat ini hal semacam ini sudah cukup wajar.




Seperti pengalaman saya beberapa waktu lalu berbelanja online dengan beberapa online shop. Kali ini saya ingin memanfaatkan saldo fitur social payment UANGKU yang tersisa Rp. 100 ribu. Kalau belum tahu apa itu UANGKU, silakan meluncur disini.

Awalnya, saya berharap mendapatkan informasi merchant yang bekerjasama dengan UANGKU sebagai sistem pembayarannya melalui akun instagram @UANGKUID. Saya menemukannya di beberapa postingan memang, yang saat itu juga sedang ada program cashback.

Saya melabuhkan pilihan pada olshop yang menjual pernak pernik elektronik mini atau pelengkap smartphone. Saya catat nomor WA untuk dihubungi, dan memilih beberapa barang. Besoknya, saya order sesuai format dan menunggu beberapa saat. Masih bertanda centang 1. Ah, mungkin besok dibalas, pikir saya. Tapi ternyata, keesokan harinya pun tetap tak ada balasan.

Berikutnya, saya memutuskan untuk langsung hunting merchant melalui www.uangku.co.id dan saya menemukan daftar merchant nya.


Ini yang muncul setelah meng-klik kategori online merchant


Saya langsung klik sebuah olshop yang menjual jam tangan, inisialnya e****shop. Halaman baru yang saya klik langsung tertuju pada akun Instagramnya. Setelah memutuskan untuk memesan sepasang jam tangan, saya langsung chat adminnya via WA.

Alhamdulillah kali ini berbalas. Meski balasannya kadang kurang humanis ya untuk admin-admin olshop yang kadang hanya sekedar copas jawaban dan sapaan terformat mirip mesin :) Dan, betapa mak jleb nya saya, saat saya menyampaikan maksud, “Saya mau bayar pake Uangku, mbak. Bisa kan? Saya tunggu payment request nya di SMS ya.”

Dan jawaban yang saya terima, “maaf sis, tidak bisa pakai Uangku. Bisanya via transfer. Kemarin-kemarin juga ga ada yang pake Uangku.”

Dengan melongo, saya langsung menjawab lagi, “Loh, saya tahu olshop ini dari situs resmi Uangku loh. Kok bisa ga bisa? Kan sudah kerjasama?”

Dan, jawaban yang saya terima langsung membuat saya menepis rasa ingin melanjutkan obrolan, “Maaf, saya cuma admin. Ga tahu gitu-gitu” Eaaaa... langsung mati rasa. Meski saya sempat menjawab untuk menanyakan pada owner nya.

Pilihan Jatuh pada Kinukuart


Demi memperjuangkan saldo Uangku yang masih utuh, saya pun mencoba mencari olshop lainnya untuk ketiga kalinya. Banyak sih pilihan lain, tapi saya memilih untuk tidak berbelanja produk fashion karena koleksi baju, sepatu, dan semacamnya saya rasa cukup.

Dan, kemudian saya menemukan Kinukuart yang spesialis pembuat hiasan dinding berupa doodle keren disertai quotes. Bisa custom, bisa pula sesuai template nya.


Lapak online IG @kinukuart cantik-cantik

Setelah saya WA, dan komunikasi dengan adminnya, saya dilayani dengan baik, dan disampaikan juga bahwa pengiriman baru akan dimulai setelah tanggal 20 karena masih proses pindah lokasi. Saya pun mengiyakan, asalkan pembayaran dilakukan melalui UANGKU sekarang juga. Tanpa babibu, keesokan hainya saya langsung menerima payment request melalui SMS.




Dan, langkah selanjutnya, saya tinggal mengikuti langkah-langkah untuk meenuhi payment request yang sudah diminta. Alhamdulillah, kali ini lancar.

Langkah-langkah Belanja Menggunakan Social Payment UANGKU


Buat temen-temen yang ingin mencoba fitur UANGKU untuk bertransaksi online, langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu :
  • Buka www.uangku.co.id
  • Pilihlah merchant yang sesuai di kategori merchant
  • Pilih barang yang akan di-order dan hubungi adminnya via CP yang tersedia
  • Sampaikan akan melakukan pembayaran melalui fitur UANGKU (tapi pastikan kita lebih dulu telah men-download UANGKU melalui app store, dan isi saldo via transfer (ATM/mobile banking/e-banking) atau via cash (request UANGKU Top Up ke kasir Alfamart/Alfa Express/gerai Smartfren)
  • Cek SMS di nomor yang didaftarkan untuk fitur UANGKU
  • Masuk kembali ke UANGKU, lalu cek payment request, lakukan pembayaran sesuai petunjuk
  • Done. Kita tak perlu mengirim bukti transfer atau konfirmasi ke seller karena sistem UANGKU otomatis melakukannya.

Mudah saja kan caranya? Hanya sedikit saran untuk UANGKU, lebih baik verifikasi merchant dilakukan dengan menerapkan standar tertentu sehingga pengalaman yang saya alami kelak tidak dialami oleh buyer yang lain.

Jika sudah menetapkan standar, ternyata masih ada para merchant yang merasa belum melakukan kerjasama dan semacamnya, ada baiknya untuk melakukan warning atau penalti.

Saya percaya sih, yang saya alami itu juga tidak lepas dari yang namanya human error di ranah manajemen dari si olshop itu sendiri. Semoga ke depan, kejadian seperti yang saya alami, tidak terjadi lagi ya: ) Karena overall, untuk sistem UANGKU sendiri tidak mengalami gangguan semacam error dan semacamnya. Dan, e-wallet seperti ini lumayan juga memudahkan transaksi.


Ini quotes home decor yang saya pesan. Cuantikkk dan fave quotes banget :)

Sekarang, saya tinggal duduk manis menunggu home decor baru untuk sudut ruangan saya datang. Duh, can’t wait! Mau home decor seperti saya juga? Langsung aja menuju @kinikuart ya, jangan lupa gunakan fitur social payment UANGKU biar praktis. Selamat berbelanja :)


Prita Hw

2 komentar:

  1. Uangku ini sama kayak flash tapi sistem nya online gitu yaaa ???

    BalasHapus
  2. sistem cara pakainya sih enak dan gak ribet, tapi aku juga blom coba sih, nanti deh saya coba

    BalasHapus