Seberapa Cepat Pertumbuhan Kaki Anak?

Satu hal yang banyak mendapat perhatian orang tua adalah perkembangan tubuh anak. Sebab ini menyangkut pakaian maupun sepatu yang akan dikenakannya. Karena itu kadang para ortu sering pusing saat hendak memilihkan sepatu untuk anak. Apalagi ketika anak itu masih usia balita, perkembangan tubuhnya sangat cepat. Karena itu mungkin para orang tua banyak merasa kalau sepatu yang rasanya baru dibeli sebulan kemarin sudah tidak muat lagi. 



Nah untuk itu para orang tua memang perlu pintar-pintar dalam memilih ukuran sepatu yang tepat. Berikut ini panduan mengenai pertumbuhan atau perkembangan kaki pada anak :
  • Untuk anak usia 1 tahun sampai 3 tahun, kaki anak bisa tumbuh sebanyak 1,5 mm tiap bulannya. Atau sekitar 18 mm per tahun. Nah, kebayang kan seperti apa pertumbuhan kaki anak yang begitu cepat itu? Biasanya untuk anak usia 1-3 tahun itu memang cepat perlu ganti sepatu.
  • Anak dengan usia 3-6 tahun itu kakinya akan bertambah sekitar 1 mm setiap bulan. Berarti kalau dalam setahun akan ada perkembangan sekitar 12 mm.
  • Lalu untuk anak dengan usia 6-10 tahun, kaki anak akan bertambah panjang kurang dari 1 mm per bulannya atau kurang dari 12 mm per tahunnya.
  • Dan untuk anak usia 12-17 tahun, kaki anak akan bertambah panjang lebih sedikit lagi. Juga ada perbedaan antara pertmabahan panjang kaki anak perempuan dan laki-laki. biasanya kaki anak perempuan itu pertumbuhannya lebih lambat dibanding dengan anak laki-laki. 
Dengan melihat data ini, bisa kita ketahui kira-kira anak perlu ganti sepatu berapa kali dalam setahun. Kalau perkiraan sih, untuk anak-anak usia 1-3 tahun itu kira-kira perlu ganti sepatu baru 2 sampai 3 kali dalam sehtahun. Sedang untuk anak usia 3-10 tahun butuh ganti sepatu sebanyak 1 sampai 2 kali dalam setahun. Lumayan sering ya?

Tapi memang tugas kita sebagai orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak. Lebih baik lagi kalau beli sepatu bermerk yang berkualitas. Supaya lebih awet dan lebih nyaman dipakai anak. Kalau kita ingin mencari tempat jual sepatu anak branded murah, coba tengok di MatahariMall.com.





Banyak pilihan sepatu anak bermerk yang bisa kita borong. Misalnya, kalau kita baru punya bayi atau mungkin ada saudara atau kenalan yang juga baru memiliki bayi, di sana jual sepatu anak branded murah merk Tamagoo. Sepatu ini terbuat dari kulit sintetis dengan bagian sole yang anti slip. Tersedia pilihan ukuran sepatu dari size 2 (untuk bayi usia 0-3 bulan), ukuran 3 (sepatu untuk anak usia 3-6 bulan, ukuran sepatu 4 (untuk bayi usia 6-9 bulan) dan size 4 (untuk anak usia 9-12 bulan)

Harga sepatu branded itu cuma Rp 82.000 saja. Lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran karena harganya sudah didiskon.

Dengan membeli online akan lebih mudah dan praktis bagi kita. Sebab kita tak perlu pergi kemana-mana. Kalau misalnya khawatir sepatu yang dibeli terlalu kecil, coba beli dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Dengan begitu, sepatu itu nantinya pasti akan terpakai.

Untuk sepatu bayi itu memang perlu memilih yang berkualitas. Sebab kulit bayi itu begitu lembut. Jangan sampai salah pilih sepatu karena dikhawatirkan bisa membuat kulit bayi menjadi lecet.

Sepatu tersebut juga sangat penting nantinya terutama ketika bayi sudah mulai berlatih berjalan. Supaya sepatu ini bisa memberikan perlindungan bagi kaki bayi saat belajar melangkah.

Nah sekarang para ibu sudah paham kan ya bagaimana cara memilihkan sepatu yang tepat untuk putra-putrinya? Ini sekaligus edisi note for myself buat saya :) Selamat memilih sepatu yang tepat buat buah hati tercinta~

Prita Hw

2 komentar:

  1. Wah, saya baru tau harga sepatu branded anak di MM di bawah 100 ribu. Modelnya juga beragam dan bagus, barusan ngitip websitenya. Hehe. Makasih infonya kak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya siap, banyak yang murah-murah kok disana :)

      Hapus