Tya Napitupulu, Anak Muda yang Dare to be Different [Profil Blogger-Part 12]



Halo all! Yey, akhirnya setelah dua minggu ga ketemu di profil blogger, kali ini kita bakal berkenalan dengan blogger dari kalangan anak muda. Yes, bukan emak-emak, dan bukan mas-mas juga kayak yang kemaren-kemaren :)

Sosok Tya ini sejak awal membuat saya penasaran. Maklumlah namanya baru kenalan sekali dan ga sempet ngobrol, akhirnya obrolan maya pun menjadi alternatif. Di saat semua di grup saling memanggil "mbak", akhirnya setelah tau kalau gadis manis ini lahir pada 4 September 1996, saya langsung memanggilnya Tya. Biar akrab gitu, Ty :)

Saya sempat bilang, "akhirnya rahasia kamu terbongkar juga loh, Ty. Ternyata mahasiswa Sejarah UI toh...", kata saya suatu ketika lewat teks. Selama ini saya sering berhubungan sama mahasiswa UI juga soalnya, dari jurusan dan fakultas yang sama dengan Tya pula. Eh ternyata circle nya masih itu-itu juga :)

Kenapa Saya Menyebut Tya Dare to be Different Dibanding yang Lain?

Kalau kita mengucap atau mendengar frase "anak muda", pasti bayangan masa kini tuh anak muda yang kebanyakan fokus sama hal-hal konsumtif, cenderung hedonis, dan untuk berkarya mesti dikompor-komporin penuh perjuangan. Ini kebanyakan loh ya, ga bisa digeneralisasi memang.

Nyatanya, gadis yang ternyata rumah orangtuanya ada di Bekasi ini, juga hobi makan, tidur, jalan-jalan, dan berdandan. Jadi masih seimbang :)

Yang membuat Tya berbeda dari anak muda seusianya, menurut saya adalah :
  • Blogger sejak dari remaja
Ini sesuai yang dituturkan oleh Tya :

"Saya udah suka ngeblog dari remaja, seingat saya sejak kelas 3 SMP. Memang, saya suka menulis. Membuat blog adalah sarana saya untuk mempublikasikan tulisan saya. Tulisan saya bukan tulisan berbobot waktu itu. Isi blog saya dulu curhatan semua. Saya belum produktif ngeblog saat itu. Saya ngeblog kalo lagi mood aja, maka itu, blog saya jarang update. Saya juga sering gonta-ganti blog, tapi sejauh ini, saya baru coba blogspot dan wordpress. Alasan gonta-ganti blog, sih, karena saya lupa password dan malas mengklik “forgot password”

Wah, sejak kelas 3 SMP dan sampai sekarang terus kontinyu dengan niatan ngeblog yang lebih serius, pastinya makin matang dong ya. Makanya, saat ini, Tya mengelola blog ber-niche lifestyle yang diberi nama Ruang Berbagi Kisah.

Tampilan blog Tya yang fresh

Kita bedah sebentar deh tentang blog Tya ini. Menurut saya sih, tampilannya udah oke dan responsif. Cuma, saya bingung melihat tag di side bar, sepertinya kalau dibikin kategori di menu bar bagian atas lebih rapi (saran ya, Ty).

Karena kemarin Tya suka me-review teman-teman blogger lain tentang 'daleman' blog, sekarang gantian :) Setelah saya cek 11 Oktober kemarin, DA (domain authority) dari blog ini masih melayang di bawah standar minimal 10 untuk sebuah TLD kalau memang mau di-monetize, yaitu 8. Sedangkan PA (page authority) nya lumayan, yaitu 23. Semangat ya Tya, setelah profil kamu diulas, inshaallah banyak membantu deh :)  
Tangkapan layar DA dan PA untuk www.tyanapit.com - 11 Okt 2016

Tangkapan layar Alexa Rank untuk www.tyanapit.com - 11 Okt 2016

Sedangkan untuk neng Alexa, ada di kisaran 700 ribuan. Yuk, makin tingkatin lagi biar seksi dan makin singset di atas 500 ribuan :)
  • Terus bersuara lewat tulisan
Ternyata, ga hanya menulis di personal blog nya aja loh, tapi juga di portal lainnya, seperti Qureta dan Archive of Our Own (AO3). Itu yang cukup aktif. Sedangkan sebelumnya, Tya juga pernah menulis di blog Kompasiana dan Fanfiction.net.

Dan, saya juga termasuk suka dengan tulisan Tya. Cerdas tapi tetap bernuansa muda. Pantas bila salah satu tulisannya akhirnya menjadi salah satu pemenang blog competition yang diselenggarakan In Harmony Clinic dan Blogger Perempuan.


  • Anak muda yang aktivis diluar kampus
Nah, kalau soal yang ini, mirip-mirip saya :) Cenderung memilih berekspresi positif, ga bisa diem kalau lihat fenomena sosial yang 'mengganggu' pikiran banget. Yayasan Lentera Sintas Indonesia dipilih Tya sebagai wadah menyuarakan kegelisahannya. Tya aktif menjadi relawan disana sejak yayasan tersebut masih berstatus sebagai komunitas bagi penyintas kekerasan seksual.

Tya saat mengikuti International Conference on Feminism, keren ya!

Untuk mendukung itu pula, Tya juga aktif menjadi Sahabat Jurnal Perempuan. Jurnal yang satu ini juga menjadi favorit saya semasa kuliah, isinya benar-benar berisi. Salut buat Tya yang masih mau memikirkan hal lain bagi kaum yang tak seberuntung kita kondisi sosialnya. Bahkan, baru-baru ini Tya juga membuat mini giveaway untuk mengajak para perempuan bersuara. Yuk, ikut meramaikan! Klik aja di pic nya ya..

http://www.tyanapit.com/2016/09/29/mini-giveaway-mulaibicara-kekerasan-seksual-kendaraan-umum/#more-760

Tiga hal tadi sejujurnya merupakan hal yang otentik dari seorang Tya Napitupulu. Kalau menurut curhatannya, Tya mengaku sedang mencari jati diri sehingga masih bingung blog nya mau diarahkan kemana. Hm, pernyataan saya di awal paragraf ini setidaknya jadi masukan buat kamu ya, Tya. Tiga hal di atas itu udah jadi pembeda, dan tinggal kawinkan aja semua passion mu di Ruang Berbagi Kisah. Karena ga semua orang, merasakan pengalaman 'mewah' seperti yang Tya rasakan. Saya yakin, banyak banget dari pengalaman Tya berjibaku dengan para orang-orang hebat yang jarang diketahui publik. Ini juga yang mendasari Dunia Gairah yang saya bangun soalnya :)

Terakhir, just be you, Tya, dare to be different as always!

Ngobrol asik dengan Tya, bisa langsung hubungi kontak di bawah ini :

Facebook : Tya Napitupulu | IG/twitter : @tyanapit | email : tya_napit@hotmail.com

Prita Hw

4 komentar:

  1. Aku jadi malu hehehe...
    Makasih masukannya, Mbak. Nanti aku mau benerin blog aku. Aku tambahin menu bar juga biar ga pada rempong cari-cari tulisanku. Makasih buat masukannya, ya, Mbak. Ini bantu banget buat jadi masukanku memfokuskan blogku.

    BalasHapus
  2. Wah kelahiran 96, masih muda. Anak UI pula, keren dia ya mbak. Aku kelas tiga SMP nggak kepikiran baru buat ngeblog, beda nih dengan Tya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak banget kalo masih ABG udah kenal blog, gedenya pasti keren :D hehe

      Hapus
  3. Semoga aja pas udah gede jadi mengenal dunia blogging dan punya toko online, trus sukses hehe :D amin

    BalasHapus