7 Destinasi Travelling Hemat di Surabaya


Travelling hemat Surabaya



Surabaya.. Surabaya.. oh Surabaya..
Kota kenangan.. kota kenangan.. yang tak terlupa..

Pernah denger lagu arek-arek Suroboyo itu? Lagu ini yang selalu saya ingat setiap menginjakkan kaki di Surabaya. Maklum, saya termasuk orang yang 'dibesarkan' kota ini. Bukan dari lahir loh ya :) Tapi melanglang buana sejak kuliah hingga live in kurang lebih 10 tahunan (ga berasa banget).

Buat temen-temen diluar Surabaya, kota ini welcome enough buat jadi tujuan. Selain travellingnya bisa hemat, city tour di Surabaya juga bikin memori kita selalu tertaut ke kota yang full of memories ini.Alasan-alasan keseimbangan untuk sebuah kota metropolitan inilah yang bikin saya jadi bangga kalau bercerita tentang Surabaya ke semua orang. Untuk bisnis dan kerja oke, buat belajar tata kota dan urusan lingkungan hijau juga ayo, apalagi buat travelling :) Apalagi travelling hemat, hukumnya wajib buat para backpacker sejenis saya :) Ini dia tipsnya :

1 Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari

Pernah kan mendengar celetukan, “makanya apa-apa jangan direncanain, tar banyak gagalnya. Mending kalo mau pergi, langsung cuz...”. Dan, saya langsung membantahnya mentah-mentah. Hari gini, semua harga dan keadaan ga bisa diprediksi, well prepare is a must! Ga ada salahnya kok rajin cek info promo, apalagi kalau untuk pengguna pesawat.

Travelling hemat Surabaya

Kalau saya sih, lebih suka naik kereta api dengan embel-embel promo, biar hematnya nampol :D Nah, itupun tetap harus dipesan jauh-jauh hari ya, at least sebulan sebelumnya.

2 Pilih kamar terbaik untuk melepas lelah

Namanya travelling ga mungkin ga merasakan capek. Tapi, capek yang patut diperjuangkan. Pain is worthed :) Makanya, untuk urusan istirahat juga harus dipikirkan. Tapi, gimana caranya supaya kita bisa mendapatkan hotel harga hemat dengan kualitas yang oke?

Zaman serba cepat ini pastinya banyak pilihan. Salah satunya kita bisa hunting kamar di internet. Dan, baru kemarin saya jadi bersemangat banget karena menemukan Zen Rooms. Saya juga baru tahu kalau Zen Rooms ini bukan hotel loh (norak-norak bergembira rasanya karena baru tahu, hehe) :) Ternyata Zen Rooms adalah virtual hotel operator yang bekerja sama dengan hotel-hotel budget setara bintang 3 atau bisa juga guest house. Aheyy! Hepi banget deh nemu beginian. Saat ini, selain di Jakarta dan Bali, Zen Rooms juga sudah ada di beberapa kota, seperti Surabaya, Yogyakarta, Bogor, Bandung, Batam, dan Makassar. Di luar negeri seperti Singapore pun ada.

FYI, bukan sembarang kamar loh yang dipilih sama Zen Rooms. Tapi cuma kamar terbaik yang sudah melalui seleksi ketat kebutuhan utama bagi traveler, seperti kamar yang bersih, tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, dan jangan lupa, the most important things (buat saya juga), yaitu wifi kenceng :) 

Caranya gimana? Sabarrrr :) Kita bisa langsung ke web nya atau langsung download aja via  playstore di android kita. Semudah itu? Yes!

Saat kita pesen room, Zen Rooms dengan senang hati bakal menghias kamar untuk kita dengan pernak pernik merahnya yang bergairah :)


Pantesan ya, kalau yang sudah merasakan bermalam menggunakan Zen Rooms jadi ketagihan :) Lihat nih testimoninya:

Travelling hemat Surabaya
Sumber : id-blog.zenrooms.com

Untuk pilihan di Surabaya, tenang saja, ada banyak pilihan. Dan, sst, lokasinya strategis semua loh itu! Termasuk kalau kita turun di Bandara Juanda, ada yang cuma 5-10 menitan dari bandara.

Travelling hemat Surabaya
Sumber : id-blog.zenrooms.com

3 Selalu manfaatkan menu sarapan di hotel dan bawa bekal cemilan

Jangan pernah lewatkan kesempatan sarapan di hotel. Isi perut dengan nutrisi yang cukup dan sesuai aktivitas. Supaya saat kita lagi asik travelling, perut aman lah buat sekedar kenyang. Kecuali, ada menu khusus dan unik untuk berwisata kuliner. Boleh juga misal mau membawa cemilan yang kita beli dulu di mini market.

4 Bawa selalu air mineral dan simpan uang lebihnya untuk naik kendaraan umum

Urusan yang satu ini juga wajib banget dibawa kemanapun kita pergi. Sedia air mineral sendiri lebih praktis dan hemat pastinya. Harga satu botol air mineral lumayan juga kalau ditotal untuk beberapa kali beli, mendingan disimpan buat tambah ongkos angkot atau taksi :)

5 It’s time to city tour

Surabaya ini termasuk punya luas wilayah yang lumayan lah ya, dan sekarang bahkan sudah ada jembatan MERR yang menghubungkan jalan protokol yang hanya tinggal lurus menuju bandara. Jadi, kalau ini pengalaman pertama, penting banget untuk membuat destinasi city tour hemat budget. Ini beberapa rekomendasi saya:)

Daerah Gubeng dan sekitarnya

Kalau kita turun di stasiun Gubeng, pilihlah untuk menjejak di Gubeng lama. Keluar dari Gubeng lama, bisa mampir di Depot Gubang Pojok kalau ingin merasakan masakan Jawa original.

Menyeberang ke arah jembatan Kali Mas, tengoklah Monumen Kapal Selam (monkasel) yang juga bisa dimasuki. Disitu landscape kota dengan sungai yang cukup terjaga diantara gedung perkantoran pencakar langit terlihat jelas. Melewati Surabaya Plaza atau disebut Delta Plaza, kita akan menemukan perempatan air mancur.

Travelling hemat Surabaya
Jembatan Kali Mas dan suasana pagi hari
Travelling hemat Surabaya
Monkasel diantara landscape Surabaya

Menyeberang lagi, ada sebuah gedung yang dulunya dipakai Belanda untuk berpesta, yaitu Balai Pemuda, biasanya digunakan untuk event pameran. Ke belakang, ada Perpustakaan Kota Surabaya yang cozy. Di simpang kanan perempatan, kita bisa mampir di Zangrandi Ice Cream yang sangat legendaris. Sedang di seberang bagian depan Balai Pemuda, kita akan melihat Post Office yang separonya adalah coffee shop.

Travelling hemat Surabaya
Perpustakaan Kota Surabaya di daerah pusat, belakang Balai Pemuda

Balai Kota

Travelling hemat Surabaya
Suasana malam hari yang syahdu. Sumber : www.eastjava.com (sudah tertera ya, hehe)

Nah, Balai Kota ini juga gedung bersejarah dan cagar budaya di Surabaya. Letaknya, lurus saja dari arah Zangrandi. Ada juga city tour bus yang biasanya mampir mengajak eksplorasi gedung ini, selain gedung bersejarah lain. Tanyakan jadwalnya di Tourism Information di Balai Pemuda.

Tugu Pahlawan, Hotel Majapahit, dan sekitarnya

Travelling hemat Surabaya
Gagahnya saksi sejarah. Sumber : www.id.wikipedia.org

Tugu Pahlawan juga searah dengan Balai Kota tadi. Di tugu ini, kita juga akan mengenang sisa-sisa sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo merebut kemerdekaan. Sekalian tanyakan juga rute menuju Hotel Majapahit yang pernah menjadi tempat penyobekan bendera negara Jepang menjadi merah putih saja. Kawasan ini merupakan kawasan bersejarah, termasuk gedung yang dulunya bernama Siola. Kabarnya ada museum baru juga disana. Saya belum sempat juga berkunjung kesana :)

O iya, tak jauh dari kawasan ini, kita juga bisa mampir ke mall tertua di Surabaya, Tunjungan Plaza. Atau mau ke arah Pecinan dengan pusat kuliner bernama Kya Kya juga boleh. Masjid Cheng Hoo juga ada :) Masih satu area, kita juga bisa mampir ke House of Sampoerna. Silahkan googling ya.

Taman kota

Travelling hemat Surabaya
Taman Bungkul dari atas, memukau ya! Sumber : www.perencanaankota.blogspot.com

Hampir di seluruh sudut kota Surabaya semuanya bisa dinikmati. Tak ada satupun celah lahan yang tak hijau. Komitmen pemerintah kotanya sangat terlihat jelas di sisi ini. Pengelolaan taman-taman kota seperti Taman Bungkul, Taman Flora, Taman Lansia, Taman Pelangi, dan sebagainya dengan segala fasilitasnya patut diacungi jempol.

Pantai Kenjeran

Travelling hemat Surabaya
Menjelang senja di Pantai Kenjeran. Sumber : www.forum.maxmanroe.com

Menuju ke perbatasan Selat Madura, kita akan menikmati apa yang disebut Pantai Kenjeran. Bila masuk di wilayah Pantai Kenjeran baru, kita akan dikenakan karcis dan melihat banyak ornamen yang menghiasi gapura-gapura. Kalau ingin sedikit berbeda, bolehlah menuju jalur Kampung Nambangan. Kita akan melewati Pasar ikan, jejeran pedagang kaki lima, dan menikmati pantai lebih dekat.

Wisata Mangrove

Travelling hemat Surabaya
Perahu-perahu sedang terdampar di pinggir hutan mangrove kawasan Rungkut

Ada dua tempat untuk wisata mangrove, di Wonorejo dan Rungkut. Untuk Wonorejo, fasilitas yang disediakan relatif lebih lengkap. Kita bisa menaiki kapal untuk melihat jejeran hutan Mangrove hingga ke laut lepas yang masih Selat Madura dan berhenti sejenak untuk makan siang (bila mengambil paket ini). Di Wonorejo, kita juga akan menemukan produk petani Mangrove, seperti sirup bahkan batik mangrove.

Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Travelling hemat Surabaya
KBS tampak depan. Sumber : www.pergipiknik.com

Ga lengkap rasanya kalau ke Surabaya ga berpose dengan lambang Suro (sejenis ikan) dan Boyo (buaya) di depan KBS. Kalau kita travelling dengan anak-anak, bisa juga mengenalkan satwa sejak dini. Ada area outdoor games juga di dalamnya, seperti flying fox dan lainnya.


Gimana? Ga sabar berkunjung ke Surabaya? So do I. Ga sabar banget mengenang masa-masa di Surabaya. Menjelajah sehari semalam di Surabaya rasanya masih kurang :) Siapkan kamar yang tepat untuk melepas lelah ya :) Jadi, kapan kita ke Surabaya?



Prita Hw

32 komentar:

  1. Hehe.. ikut song norak2 bergembiranya mba Prita. Aku jg merasa bahagia pas menemukan zenrooms, berana menemukan apa yg dibutuhkan selama ini utk traveling. Kamar jyaman dg harga hemaat

    BalasHapus
  2. Destinasi Wisata di Surabaya keren ya. traveling dengan zen rooms juga gak kalah keren kemana mana gak kwatir lagi nyari kamar murah dan nyaman

    BalasHapus
  3. Eh, Surabaya ternyata seksi abisss yak sebagai destinasi wisata :)
    BANGGA! Untunglah ada zen rooms di kota tercinta enihhh

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. seksi bangetz mbak sbg metropolitan, BANGGA (juga)

      Hapus
  4. hyaaa ampuun asyik banget jalan jalan di surabaya. lihat fotonya saya langsung ngebayangin setting buat novel gitu. heheh ... btw makasih banget info tentang zen room nya baru tahu saya. mau donload ah buat kalo pergi ke luar kota budget hemat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak ke sby, asik tuh stay bentar buat mendalami nulis novel mb, cari kamarnya pake zen rooms :)

      Hapus
  5. Aku belum pernah nyobain zenroom nih. Murce yaaaa. Aku ke surabaya malah blum pernah explore, menarik jg yaaah..

    BalasHapus
  6. ahh jadi pengen ke Surabaya dan nginep di Zenroom

    BalasHapus
  7. Wii jadi dapet destinasi menarik buat bawa anak nihh..

    Beberapa tahun lalu kesana sama anak gak kemana-mana. Nah sekarsng anaknya ngajakin lagi, tapi masih bingung mau kemana, eeh dapet beberapa disini ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, smg bermanfaat ya mbak, happy travelling!

      Hapus
  8. Surabaya nih bakal aku kunjungi nanti sama suami, pengen kesini banget.. tapi panas banget ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, panasnya tuh beda ama Jkt mbak, tergantung cuaca :) lebih terik, tapi ga polusi banget, hehe

      Hapus
  9. Pertama kali k surabaya waktu dpt panggilan kerja tuch mba di daerah jl Sudirman pp jadi mau kesana lg mksh y infny.

    BalasHapus
  10. Udah semua kecuali jembatan kalimas :D
    Jd kangen jalan ke surabaya lg

    BalasHapus
  11. Ikuuutttt... hehehe. Belum pernah nih ke surabaya.
    Zen rooms cuma bisa download di android aj ya mba? Iphone kayanya blm ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kayaknya masih android deh..cobain mbak ke sby, pasti jatuh cinta, haha

      Hapus
  12. Auw..semua belum pernah kukunjungi. Bulan mei lalu cuma sempat ke Suroboyo karnival dan Taman Prestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah Sby Carnival aku blm pernah, baru kayaknya mbak:) Taman Prestasi udah deket ma Balai Kota dan Balai Pemuda mbak

      Hapus
  13. Duuhh pengen ke Surabaya belum kesampean. Nah ini tipsnya kece banget mba. Bisa dicontek. Xixi.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. wahh surabaya memang keren dan asyik bgt, kesana sempat ngunjungi KBS n taman bungkulnya mbak

    BalasHapus
  16. Dulu hanya lewat saja ketika sekolah di Jember....ah...membaca tulisan mbak prita ini sepertinya harus dijadwalkan mbolang ke Surabaya nih....semoga bisa awal tahun ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mampir2 lagi, banyak yg berubah mas, perkembangannya bikin aku juga gedeg2, hehe

      Hapus
  17. Nah.. kalau jalan-jalannya saya malah belum kalau di Surabaya.. Hihi..

    BalasHapus