Tips SEO ala Mas Nur Anasta – Zeta Media Network

Seperti yang sudah saya tulis di Workshop MatahariMall.com : Smart Income Through Affiliate Marketing, disini saya akan berbagi tentang apa dan bagaimana sih tips SEO ala Mas Nur dari Zeta Media Network yang mahir ber-internet marketing ini.

Sebelumnya, kita perlu menyamakan persepsi dulu tentang SEO yang awalnya dipahami sebagai Search Engine Optimization. Karena, khusus di bahasan ini, kita akan membahas tentang Search Experience Optimization. Kata masnya, bukan pencarian mesinnya yang ditingkatkan, tapi pengalaman pencariannya. Oke, noted :)

Awal, dibuka dengan sharing yang menjawab pertanyaan besar yang ada di kepala saya selama ini, kenapa sih selalu yang dibicarakan blogger adalah : blog kita di mata Google. Kenapa Google begitu digdaya di dunia internet ini?

Ternyata, jawabannya karena angka pencarian dari tahun ke tahun, dari tiga mesin pencari dominan, yaitu Google, Yahoo, Bing, Google lah yang mengalami peningkatan drastis. Dan, pencarian lewat mesin pencari ini sudah mencapai 100 milyar pencarian per bulannya!


tips SEO

Pencarian secara global didominasi di Eropa sebesar 32,1 % dan diikuti oleh kita di Asia Pasifik yang mencapai 30,8 %. Dan, ¾ total pencarian seluruh search engine didominasi oleh Google. Wah, pantesan ya kalau Google ini selalu didengerin :)


tips SEO


Nah, ngomongin tentang pencarian. Pasti semuanya pernah ada di posisi user yang sedang butuh informasi ya? Temen-temen bisa perhatikan, bila kata kunci kita langsung menjurus pada sesuatu yang berbentuk produk atau layanan, maka yang akan muncul di baris pertama hasil pencarian adalah hasil paid search yang biasanya langsung menuju produk atau layanan yang dituju. Karena itu berbayar semacam advertorial. Sedangkan sisanya adalah organic search.

Advertorial akan berguna untuk user yang memang sedang berkebutuhan untuk mendapatkan produk atau layanan yang dimaksud, karena itu prosentase di-klik hanya 10 %. Sedangkan diluar advertorial, prosentase di-kliknya bisa sampai 90 %, karena dianggap organik, alias bukan iklan :) Dari sini, bisa terukur kan, perilaku pencari informasi gimana (saya jadi inget mata kuliah psikologi informasi dan jasa penelusuran informasi dulu, oke abaikan).


tips SEO


Menurut masnya, ada dua hal dalam SEO pyramid yang harusnya dilakukan lebih dulu daripada dua yang lain. 

tips SEO

Ini nih yang harus jadi fokus lebih dulu (tingkatan satu dan dua dari bawah) :

1 Kemudahan akses dan kualitas konten

Secara garis besar, yang perlu diperhatikan adalah seberapa responsif blog kita, kontennya unik, dan say no to duplicate. Maksimalkan struktur URL kita dengan permalink, dan hindari URL yang tidak dapat dibaca. Perhatikan title tags nya juga. 

tips SEO

Pastikan juga tidak ada broken link dalam blog post kita. Salah satu caranya jangan pernah menghapus konten.
tips SEO

Ada tips nih buat yang merasa blog post nya sudah tidak terlalu sesuai, sebaiknya jangan dihapus, tapi diedit aja, lalu kita bisa tambahkan note di bawahnya. Misalnya :

Note : postingan ini sudah tidak up to date / tidak relevan / tidak berlaku

2 Teliti keyword dan target yang dituju

Nah untuk memaksimalkan pengalaman pencarian yang mudah untuk target yang kita tuju, sebaiknya kita bisa bertindak sebagai user yang sedang mencari informasi yang kita butuhkan.

Bisa juga kita menganalisa keyword yang akan kita incar, hasil pencariannya seperti apa. Usahakan jangan memilih keyword yang persaingannya terlalu tinggi. Bisa-bisa blog post kita jadi tenggelam di tengah banjir luapan artikel per harinya.

Beberapa yang perlu dimaksimalkan agar keyword yang kita rancang menemukan target yang dituju :
  • Isi meta description yang mengandung keyword, dan perhatikan jumlah minimal karakternya supaya lebih mudah dideteksi. 

  • Keyword spesifik, dan mengandung empat kata

tips SEO

Menyimak keyword dari apa yang sering ditulis atau dicari customers, atau apa yang dikatakan sales people juga berguna untuk memperkaya keyword yang akan kita gunakan.
tips SEO
  • Isi Alt Image
Caranya : klik image yang sudah diupload, klik properties, dan pilih alt image. Alt image selain membantu mengoptimalkan  keyword saat pencarian, pada awalnya ternyata berfungsi untuk memudahkan tuna netra membaca gambar.
  • Gunakan Sub Heading-Minor Heading, atau H1-H2, dan seterusnya
Bila Sub Heading atau H1 kebesaran, kita bisa setting ukuran fontnya menjadi normal.

Nah, kalau urusan SEO pyramid paling bawah, yaitu tingkat 1 dan 2 sudah beres, kita bisa langsung melirik yang tingkat ke-3 dan ke-4, yaitu :

3 Link Building

Membangun link menuju ke blog atau web kita sangat penting untuk meningkatkan berbagai atribut-atribut seperti DA, PA, Alexa (yang saya sendiri juga baru kenalan sama mereka ini, hehe).

Ada dua konsep yang bisa digunakan :
  • Dapatkan link secara manual, bisa dengan mencari web atau blog yang menerima guest post, lalu sebagai imbalannya, kita mendapatkan backlink. Atau mengadakan arisan link yang saat ini kerap dilakukan komunitas blogger, atau menawarkan saling tukar review blog secara personal.
tips SEO
  • Dapatkan link dengan meneliti si competitor, ini khususnya untuk pelaku internet marketing atau sales people ya. Telusuri darimana sumber tadi berasal, dan kemudian adakan event khusus untuk juga mendapatkan link dari mereka. 

tips SEO

Selain mendapatkan backlink diluar blog kita, bangun juga internal link dari blog post kita yang lain.

4 Social  

Perkembangan pengoptimalan pencarian, saat ini juga menggunakan optimalisasi media sosial untuk memastikan artikel tersebut berguna. Seringkali sebuah artikel yang menarik, benar-benar bermanfaat, atau kadang kontroversi, menjadi sebuah viral content.

Sebuah artikel dapat menjadi viral content karena didukung oleh komponen-komponen di bawah ini (makin ramai di-share, makin viral) :

tips SEO

Yap, akhirnya selesai juga nih tips SEO ala Mas Nur Anasta yang dibagi untuk kita. 

Baca Juga : Mengenal Jimmy Ahyari, Apoteker yang Sukses Menjadi Pengangguran Premium


Semoga bermanfaat dan bisa langsung diterapkan ya. Semangat!

Prita Hw

4 komentar:

  1. makasih sharingnya. kayanya aku hrus lbih blajar bnyk lg sputar seo nih :D

    BalasHapus
  2. Banyak bgt masukannya mba, sebagian besar dipi blm paham. Pernah workshop ttg SEO tapi blm begitu lihai.

    BalasHapus
  3. aku ngga ngeh sama istilah istilahnya T^T

    BalasHapus
  4. Masih belum paham dengan H1-H2, Su Heading- Minor Heading

    BalasHapus