Mengenal Jimmy Ahyari, Apoteker yang Sukses Menjadi Pengangguran Premium

Jimmy Ahyari


Halo all! Sebelum menuliskan ini, hati saya kenapa jadi berbunga-bunga ya begitu mau menuliskan tentang Mas Jimmy Ahyari (jangan geer ya mas). Ini bukan catatan review atau arisan link yang biasanya saya gunakan untuk mengulas profil blogger loh ya... Ini salah satu catatan dari Workshop Matahari Mall.com yang mempertemukan saya dengan sosok yang ramah dan humoris tersirat ini :)

Mungkin hati saya berbunga-bunga karena bisa punya kesempatan kenal langsung dengan blogger yang sudah sukses dan menjadi role model seperti mas dengan dua anak dan (calon) nambah seorang lagi ini. Khususnya di bidang Affiliate Marketing yang ditekuninya di situs perdagangan global paling populer, amazon.com.

Hadir di sesi terakhir workshop malam itu, Mas Jimmy yang mengenakan kaos oblong hitam dan jeans ala kadarnya ini, berhasil menyedot perhatian. Caranya yang santai tapi ‘berisi’ membuat seisi ruangan menjadi terhibur dan melek. Beda dengan pembicara sebelum-sebelumnya. 


Jimmy Ahyari


Meski mengaku perlu belajar public speaking setelah mampir di portofolio public speaking saya, Mas Jimmy ini menurut saya punya cirri khas yang otentik sebagai pembicara. Ga usah belajar mas, jam terbangnya kan udah jauh :) Wara wiri dari Banjarmasin ke kota-kota lain, dan seringkali dibonusi tiket PP bareng keluarga dan fasilitas hotel untuk menginap sekeluarga, itu sesuatu yang diidam-idamkan, minimal oleh saya :)  

Mantan Apoteker yang Banting Setir

Terang-terangan Mas Jimmy memperkenalkan dirinya lewat tampilan awal slide seperti ini :

Jimmy Ahyari


Dahi saya langsung berkerut, lah kok bisa-bisanya? Ternyata pekerjaannya di salah satu perusahaan dengan gaji lumayan saat itu membuatnya minim waktu dengan keluarga. Sampai acara keluarga besar pun, ia tak bisa hadir. Karena keresahan itulah, ia meminta restu orang tuanya untuk memilih mengundurkan diri dan bekerja dari rumah sebagai internet marketer. Entah gimana cara Mas Jimmy merayu orang tuanya, nanti silakan ditodong saja ya buat yang ingin tahu tipsnya :)

Awal kenal blog dari seorang pembicara yang menampilkan CV nya di layar, ia penasaran. Ikut-ikutan membuat blog pertama kali dengan platform wordpress, dan diisi tugas-tugas kuliah. Dari hobinay mempercantik blog, barulah ia tahu kalau pengunjung yang datang sudah ratusan. Lantas ia pun punya pikiran seperti ini dan simak kisahnya tentang domain dan hosting ya :

Jimmy Ahyari

Jimmy Ahyari

Jimmy Ahyari


Dari pengalaman itulah, kini Mas Jimmy Ahyari memiliki sekitar 147 blog kalau saya ga salah ingat. Taoi, itu semua ga instan, tapi dengan proses. “Yang penting amanin dulu domainnya, bangunnya belakangan...”, itu ucapan yang sempat saya rekam kala itu. Kata Mas Jimmy juga, “It takes money to make money”. Wah, setuju!

Apa itu Affiliate Marketing?


Dalam kehidupan nyata, menurut Mas Jimmy, affiliate marketer sendiri mirip dengan makelar. Sedangkan kegiatannya semacam salah satu jenis promosi atau pemasaran produk/jasa yang akan memberikan komisi/rewards jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Tips ala Mas Jimmy untuk berburu duit dengan affiliate marketing adalah :

  • Analyse

Jimmy Ahyari

  • Create & Content

Jimmy Ahyari

  • Traffic

Jimmy Ahyari

  • Revenue

Jimmy Ahyari



Apa Tips dan Kunci Sukses Seorang Pengangguran Premium?


Pengangguran mungkin hanya frase-frasean untuk menggambarkan betapa fleksibel waktu yang dimiliki seorang freelancer, termasuk blogger. Tapi kalau dilihat lagi cara kerjanya, apa iya setelah melakukan berbagai teknik blogging sekaligus terjun menjadi seorang affiliate marketing, kita udah bisa duduk-duduk lalu duit di rekening mengalir?

Hm, jangan hanya melihat yang tampak saat ini. Lihatlah apa yang ada di belakang kesuksesan itu sendiri. Itu sih yang saya tangkap dari penjelasan Mas Jimmy malam itu. Membangun dan mengambangkan blog menurutnya, it’s not some instant stuff! Kalau Mas Jimmy berkaca dari pengalamannya, sebuah blog bisa mendatangkan duit setelah dikelola dengan benar adalah minimal 8 bulan. Keren, ya!

Kunci suksesnya menurut mas berambut gondrong yang menyukai pertemanan maya dilanjutkan dengan pertemanan nyata ini adalah :


Jimmy Ahyari


O iya, satu lagi yang masih saya ingat. Ternyata ilmu dan keprofesiannya sebagai apoteker itu berguna juga buat profesi blogger nya saat ini. Yaitu detail dalam melakukan pencatatan. Bayangkan, Mas Jimmy ini rajin banget mencatat setiap alur internal maupun external link yang ia bangun dalam sebuah link building. Menurutnya, itu perlu strategi. Seperti meracik sebuah obat.

Tipsnya, setiap mengeluarkan satu external link ke sebuah laman, Mas Jimmy berkomitmen untuk mendapatkan setidaknya empat backlink. Ckckck, saya cuma bisa geleng-geleng. Kok ada ya makhluk yang detailer macam begini? (Bukan detailer yang sales obat ya, maksudnya orang yang detail, hehe)

Saat diminta untuk menutup sesi dengan quotes atau simpulan, ini versinya :




Asli simple dan bikin geli ya:)

Selepas dari workshop itu, saya rajin colek-colek mas nya kalau butuh saran atau bingung tentang affiliate (maklum mainan baru), meski belum serius amat sih karena bingung ngatur waktu, hehe.. (alesan aja).

Satu lagi, kalau bertanya berapa penghasilannya dari affiliate marketing, kamu ga bakal nemu jawaban pastinya. Takut riya’ katanya. Tapi pastinya ga bakal digaet MatahariMall.com untuk keliling seluruh Indonesia dong ya kalau ga spektakuler. Yang mau kepoin mungkin googling aja :D

Anytime butuh ilmu-ilmu tentang teknis blogging, especially affiliate marketing, meluncur aja ke blog utamanya ya :

    www.jim.my.id   


Prita Hw

23 komentar:

  1. wow....147 blog. Itu gimana ngupdate-nya masing2nya ya? Masya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah mbak, sepertinya ada teknik khusus :)

      Hapus
  2. 147 blog mak, wah keren banget managemen waktunya :)

    BalasHapus
  3. bener-bener blogger yang menghasilkan ini mah :)) jadi pingin ikutan juga

    BalasHapus
  4. Wah ini mh mastahnya kastah mab prita, harus belajar banyak nuh sm mas jimmy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. he eh mbak, makanya sering sy colek mas nya, wkwk

      Hapus
  5. wah jadi pengen ketemu mas jimmy. 147 lhoooo gak main-main. income dari adsense juga pasti tinggi :'') lah saya? udah ditolak adsense 2 kali eee mundur teratur.
    memang ya usaha tidak mengkhianati hasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat nyoba lagi mas, saya masi mau coba ini.. Gampang kan ada mastahnya tar kl ngalamin kesulitan :D

      Hapus
  6. Wow, kalo total ke blog ternyata bisa jadi ladang dolar

    BalasHapus
  7. Wuihhh 147 yawww... Jadi pingin belajar banyak dari blognya mas Jimmy :D

    BalasHapus
  8. Kereeeennnn mba, pengen belajar tapi suka mentokk hehe

    BalasHapus
  9. waduh banyak nyaaaa... demi dollar yah. Makasih sharingnya ya, mba. Coba contek dikit2 :D

    BalasHapus
  10. Jadi semangat benerin blog supaya bisa dapat adsense

    BalasHapus
  11. Wow, luarrrr biasaa! Mau kepoin blognya ah! TFS, Mba. :)

    BalasHapus
  12. Terimakasih sekali lagi mbak prita.. (perasaan kemarin udah ngirim komen, lah koq ga ada, kayaknya jaringan di pedalaman memang sulit wkwkwk)..

    Tapi tulisan mbak prita ini memang "luar biasa".. saya aja "kaget" bacanya.. saya bukan mastah, saya masjim :D Saya juga seorang blogger receh, blogger goodybag dan blogger lainnya :D

    *masih terharu* ��

    BalasHapus
  13. Kepepoleran bang jimmy memang sepadan dengan orangnya dan hasil usahanya. Hahai ... kapan yah saya bisa seperti dia [ ngarep banget mungkin !! ]

    BalasHapus
  14. semoga ada acara MM juga di Banjarmasin :) masa orang diluar kalimantan aja yg bisa liat Masjim sebagai pembicaranya :(

    btw itu 147 blog yang ketauan aja, yg gak ketauannya bisa berkali kali lipat euy.

    BalasHapus
  15. kawa belajar lawan sidin mun di banjarmasin, setuju lawan komennya blogger banjarmasin, hehehe

    BalasHapus