FTBM Kabupaten Bekasi Mojok di International Indonesia Book Fair 2016

FTBM Bekasi IIBF 2016


Bagi para bookaholic dan pegiat literasi, event-event perbukuan sudah pasti ditunggu-tunggu. Apalagi event akbar tahunan seperti International Indonesia Book Fair (IIBF) yang dihelat IKAPI didukung berbagai lembaga dunia dan dalam negeri, penerbit, sponsor, dan media partner pada 28 September hingga 2 Oktober 2016 yang lalu. Termasuk, komunitas seperti Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Bekasi yang juga ikutan mojok :) 

------------------------------------------------------------

Event yang digelar di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) ini tak hanya diikuti industri perbukuan saja loh. Banyak juga instansi dan lembaga seperti Kemendikbud, KPK, Kemenkes, Puspen TNI, LIPI, WHO, Save Orangutan, dan sebagainya. Tak ketinggalan komunitas perbukuan yang diajak ‘hajatan’. Ada komunitas Supernova, blogger buku Indonesia, Forum Penulis Bacaan Anak, Goodreads Indonesia, Jakarta Book Club, storial.co, Rumah Dunia, sampai Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) DKI Jakarta dan Kabupaten Bekasi. 

FTBM Bekasi IIBF 2016
Perpustakaan Digital TNI Puspen yang keren abis
FTBM Bekasi IIBF 2016
Atas : Rumah Dunia, kiri : Komunitas Supernova, kanan : Forum Penulis Bacaan Anak
FTBM Bekasi IIBF 2016
Stan FTBM DKI Jakarta
FTBM Bekasi IIBF 2016
Stan FTBM Kab. Bekasi
Spesialnya lagi, karena event nya internasional, stan berbagai negara juga ada disini. Mulai dari tamu kehormatan tahun ini, yaitu Malaysia, sampai Korea, Cina, Arab Saudi, Mesir, dan banyak lagi. Luengkap banget deh pokoknya. Melihat buku dan aktivitas merayakannya buat saya bagai ada di wahana bermain yang tak ada batasnya.

FTBM Bekasi IIBF 2016
Stan Malaysia pamer Upin Ipin
FTBM Bekasi IIBF 2016
Stan Korea lucu banget :)
FTBM Bekasi IIBF 2016
Stan Mesir yang bersahaja

30 September dan 1 Oktober yang lalu, saya mengunjungi IIBF ini. Pertama dengan seorang kawan yang juga penggila buku. Kedua, dengan suami tercinta yang pas libur. Saya sih paling terkesan dengan stan KPK, LIPI, dan Kemenkes kalau untuk lembaganya. Maklum, disana bisa 'merampok' banyak buku dan merchandise, haha.. Termasuk stan-stan komunitas yang seru buat diajakin ngobrol as always :)

FTBM Bekasi IIBF 2016
Hasil 'jarahan' alias free publication dari IIBF, sampe ga kuat bawanya :)

FTBM Kabupaten Bekasi’s Corner

Niat awal lihat-lihat diskon buku, dapat informasi menarik tentang event-event yang digelar selama lima hari penuh, saya juga sempatkan menyambangi stan FTBM Kab. Bekasi. Meski bukan menjadi bagian dari pengurusnya, lokasi Rumah Baca HOS Tjokroaminoto yang sempat saya kelola juga berada di Kabupaten Bekasi. Jadi, boleh dibilang udah kayak saudara sendiri lah ya :)

FTBM Bekasi IIBF 2016
Eh, ada pengunjung cilik nih lagi nulis buku tamu!

Stan FTBM Kab. Bekasi ini letaknya mojok banget. Dari arah pintu masuk, berjalan ke sebelah kiri, lalu telusuri jalan yang ada seperti mengelilingi sebuah persegi, kita akan menemukannya. Berada di pojok membuat stan ini cukup leluasa untuk meletakkan permainan atraktif yang bisa dimainkan pengunjung stan, yaitu ular tangga raksasa “Aku Anak Berani”. Setahu saya, ular tangga ini merupakan paket lain dari buku Mbak Watiek Ideo yang berjudul sama. Lihat saja keseruan anak-anak sampai orang dewasa memainkannya.

FTBM Bekasi IIBF 2016
Serunya melihat anak-anak bermain
FTBM Bekasi IIBF 2016
Yang dewasa pun ga mau kalah :)

Selain ular tangga raksasa, stan FTBM Kabupaten Bekasi ini juga menyediakan buku-buku untuk dibaca di tempat, memamerkan dan menjual hasil kreasi daur ulang minuman kaleng menjadi miniatur vespa, hingga mendongeng dadakan.

Adalah Ryan Hamzah, salah satu punggawa FTBM Kabupaten Bekasi yang juga pengelola Sanggar Alam Kita di Cikarang yang rajin menunggui stan ini dan menjadikannya ‘hidup’. Mempersiapkan stan bersama Ketua FTBM Kabupaten Bekasi, Ibu Suhartinah, Kang Ryan sangat bersemangat ikut meramaikan IIBF ini. Tidak saja menunggui loh ya, Kang Ryan juga mengawal anak-anak yang bermain ular tangga agar tahu makna dibalik permainan “Aku Anak Berani” tadi.

Kalau bosan bermain ular tangga, Kang Ryan yang juga seorang pendongeng ini tak segan-segan menghibur anak-anak dengan dongeng dan kawan boneka-bonekanya. Super!

FTBM Bekasi IIBF 2016
Kang Ryan in action

FTBM Bekasi IIBF 2016
Kang Ryan selalu semangat di segala suasana

Menurut saya, Kang Ryan ini bisa dijadikan role model bagi pengelola TBM atau perpustakaan komunitas. Selain ramah kepada siapa saja, ia juga dengan penuh perhatian melayani anak-anak sampai orang dewasa. Selain skill mendongeng yang jadi ciri khasnya. Setiap orang memang bisa jadi pendongeng loh, dimulai dengan membacakan cerita dari sumber bahan bacaan juga sah sah-sah saja
Bagi siapa saja yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi, juga bisa buat bergabung di FTBM Kabupaten Bekasi ini. Supaya sebagai pengelola TBM atau perpustakaan komunitas, kita tak seperti katak dalam tempurung yang kesepian. Dengan berjaringan, kita bisa bersinergi dan membangun kekuatan bersama :) Hubungi saja :

Sekretariat: Perum Kompas Indah, Jl. Titian Blok B-17, No. 9, RT 3/RW 7, Desa Mekarsari, Kec. Tambun Selatan, Kab. Bekasi 17510
CP. Ibu Suhartinah 081 3864 29009 atau telp/fax : 021-8830674
Facebook Group : Forum TBM Kab. Bekasi

Dengan dukungan banyak orang yang aware tentang literasi (keberaksaraan yang merujuk pada kemampuan membaca, mengolah informasi, dan mereproduksi informasi), yakin deh Indonesia bakalan makin maju karena masyarakatnya berpengetahuan. Karena dengan berpengetahuan itulah, kita dapat mengubah keadaan menjadi lebih sejahtera dan bermanfaat.

Terus dukung gerakan literasi lokal dari lingkup terkecil seperti keluarga dan komunitas untuk menggelorakan Gerakan Indonesia membaca. Sampai ketemu di event literasi lainnya ya!

FTBM Bekasi IIBF 2016
Gerakkan literasi lokaluntuk Indonesia Membaca!

Foto : dok. Ryan Hamzah, dan www.pritahw.com

Prita Hw

7 komentar:

  1. Waah,,seneng ya mba kalo ada book fair mba, pasti bnyk diskon yaa,,bukunya jg pasti bnyk pilihannya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak, sama kesempatan ikutan event dan nambah relasinya itu loh :D

      Hapus
  2. Wuih... keren banget ya FTBM ini. Bisa ikut acara seru seperti itu. Iya banget, acara kayak gini sudah pasti jadi ajang borong buku diskon. Hehheh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbakkk, seru banget bs dapet stan disini :)

      Hapus
  3. ini yang sering bikin kalap mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget, mesti diiket kenceng2 nih ikat pinggang :)

      Hapus
  4. Ini di bekasi mbaaa? Seneng ya ada book fair selain di jakarta pusat.

    BalasHapus