Mengenal Varian dan Kampanye Frisian Flag Susu Kental Manis Lewat Keseruan Factory Visit

Frisian Flag Susu Kental Manis


Siapa yang tak kenal kampanye abadi 4 sehat 5 sempurna? Saya ingat sekali dulu waktu kecil ada buku pedoman 4 sehat 5 sempurna yang ukuran A3, dan selalu saya lihat gambarnya terus menerus. Yang paling saya ingat selain paduan karbohidrat-protein-lemak-vitamin-mineral nya adalah penyempurnanya, yaitu susu. Susu yang paling saya suka yang berjenis susu kental manis dan diseduh dengan air hangat. Terutama coklat. Hmm...

“Siapa yang sudah minum susu hari ini ?”

Pertanyaan itu kerap dilontarkan guru di TK dan sekolah dasar saya dulu. Buat saya yang kurang menyukai susu karena takut eneg, belajar minum susu adalah sebuah perjuangan. Terutama untuk susu putih atau vanilla. Tapi, mama dan eyang putri memang memahami saya. Supaya acara minum susu saya sukses tiap kali sarapan, susu saya diganti rasa coklat. Nah, sampai saat ini, varian rasa yang saya suka untuk susu memang dominan coklat.

Susu favorit keluarga saya sejak dulu itu pasti sudah bisa ditebak. Clue nya jingle iklan berbunyi “susu saya susu bendera...”. Iyap, susu bendera kalau kata orang Indonesia. Alias Frisian Flag.

Ramah Tamah dan Factory Visit #Frisianflag


Beberapa waktu lalu, Rabu, 12 Oktober 2016, saya ketiban rejeki jalan-jalan untuk factory visit ke Frisian Flag via komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB). Kenapa saya sebut ketiban rejeki? Karena dari KEB hanya dipilih 11 orang saja. Sedangkan dari komunitas lain juga tidak banyak. Kalau ga salah, total dari blogger undangan hari itu kurang lebih 24 orang.

Begitu sampai di basecamp Friesland Campina sekitar pukul 10, kami sudah ditunggu oleh yang lain di lantai 2 yang layaknya showroom dengan segala pernak pernik Frisian Flag. O iya, Friesland Campina adalah induk perusahaan yang memproduksi Frisian Flag ini. Bertempat di Belanda, perusahaan ini merupakan salah satu produsen susu terbesar di dunia. Dimiliki secara penuh oleh Zulvelcooperatie FrieslandCampina U.A yang beranggotakan 19.006 peternak sapi perah di Belanda, Jerman, dan Belgia.

Frisian flag susu kental manis

Showroom yang saya maksud tadi bukan seperti showroom mobil ya :) Namanya visitor room. Semacam representasi dari kehadiran Frisian Flag dengan produk unggulan susu kental manis di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang hampir memasuki 1 abad. Tepatnya hampir 95 tahun.

Mulai dari lingkup keluarga, seperti yang tergambar dalam penataan beberapa ruang berikut :


Frisian flag susu kental manis

Frisian flag susu kental manis


Sampai pada gambaran suasana produk Frisian Flag Susu Kental Manis di pasar tradisional hingga swalayan.

Frisian flag susu kental manis


Sebelum visit dimulai, acara dibuka oleh MC ngocol yang (asli) menghibur banget, Mbak Tyas yang cantik jelita mempesona :) (biar seneng), lalu dilanjutkan oleh para orang-orang penting di Frisian Flag yang memaparkan A-Z tentang Frisian Flag. Kan kalau kenalan lebih jauh, kita bisa makin sayang, bener ga? :)

Frisian flag susu kental manis


Pertama, ada Bapak Donny Wibisono, Public Affairs Frisian Flag Indonesia (FFI)yang berbagi tentang sekilas Friesland Campina, goal besar perusahaan, hingga program-program yang super keren yang jadi bagian dari kampanye Frisian Flag. Tentang kampanye Frisian Flag, nanti kita akan bahas lebih lengkap ya :)

Frisian flag susu kental manis


The second chance, ada Mbak Ayu Ratri Khairina Ahza, Senior Brand Manager Susu Kental Manis. Mbak yang hitam manis ini ternyata baru pulang dari Belanda loh, karena sejak 2013 sampai 2016 baru menyelesaikan tugas sebagai Change & Communication Manager Friesland Campina di Amersfoort, Netherlands. Pantesan, aksennya masih kental aksen Belanda yang penuh penekanan di huruf-huruf tertentu :)


Frisian Flag susu kental manis

Sejarah Frisian Flag Susu Kental Manis dibahas tuntas sama Mbak Ahza, termasuk iklan yang sukses di mata masyarakat Indonesia yang berbau kearifan lokal. Seperti slogan terkenal “Ini teh susu...” yang khas Sunda itu. Masih ingat, kan?

Selain sejarah, portfolio produk Frisian Flag Susu Kental Manis juga dibahas tuntas. Saya jadi makin jelas tentang model kemasan dan varian produk #susukentalmanis, ada Frisian Flag Kental Manis Gold, Putih, dan Cokelat. Biar ga ketuker-tuker maksudnya :)


Frisian Flag susu kental manis

Frisian Flag susu kental manis

Frisian Flag susu kental manis


Bahkan, demi terus berinovasi, Frisian Flag melakukan penyempurnaan untuk produk kaleng susu kental manis. Menurut penuturan Mbak Ahza, “Ini karena banyak masukan dan tanggapan dari customer loyal kita. Kalau dituang, tumpahnya kebanyakan. Bikin dong kemasan yang bisa bikin tumpahnya pas. Jadi ga perlu pake dipukul pake palu atau apa”, selorohnya.

Dan, tarraaa... terciptalah kemasan baru yang tumpahan susunya pas, ga terlalu sedikit, dan ga terlalu banyak. Tinggal klik, tarik, tuang, praktis!


Frisian flag susu kental manis



Termasuk kemasan pouch besar ini, juga sengaja diciptakan untuk memberikan kepuasan yang lebih lagi kepada customer.

Frisian flag susu kental manis

O iya, saya baru tahu juga loh, kalau ternyata produk sachet Frisian Flag Indonesia (FFI) itu tercipta karena inovasi solusi mengatasi krisis moneter yang berakibat harga berbagai barang ikut naik. Dan, siapa sangka ternyata kemasan sachet tetap dipertahankan dan memiliki penggemar tersendiri. Ini merupakan upaya FFI supaya masyarakat Indonesia tetap bisa menikmati nutrisi lengkap meskipun kondisi ekonomi sedang tak terlalu berpihak.

Dan, sesi terakhir, kami berkenalan dengan Pak Aryono Bambang Ardhyo yang juga sangat menghibur cara membawakan presentasinya. Sepanjang hari itu, kami jadi ketawa ketiwi tanpa ditahan-tahan :D Pak Aryo yang penampilannya lebih muda dari usianya ini, merupakan Corporate Research & Development FFI.


Frisian flag susu kental manis


Bapak yang sudah berkarir 24 tahun lebih 3 bulan di FFI ini lebih banyak menjelaskan tentang milk knowledge pada kami. Tapi, dengan cara yang menyenangkan. Kata-katanya yang paling saya ingat, “Bakteri itu ibaratnya kayak orang influenza ya, jadi ada proses panas dingin panas dingin berkali-kali, sayang ga ada obat flu buat bakteri…”, katanya kocak. Ucapannya itu langsung mengundang kami semua tertawa terkekeh-kekeh :D

Bersiap Berkelana Mengintip Proses Pembuatan Frisian Flag

Saat pertama diberi kabar untuk factory visit, jujur bayangan saya seperti mengunjungi sebuah peternakan dengan lapangan yang luas kayak di film-film :) Haha, norak amat ya! Padahal bukan disini letak peternakannya, kita ga bakalan ketemu sama namanya sapi. Tapi, produk berkualitas tingginya yang sudah diolah sedemikian rupa ada disini.

Berhubung kali ini kita bersentuhan dengan produk olahan yang siap dikonsumsi langsung, pengunjung dituntut untuk memperhatikan semua panduan tata cara sesuai prosedur keselamatan kerja. Tak mau kalah dengan pramugari yang memperagakan alat-alat safety, di FFI ini pun kita mendapat pengetahuan itu.

Ada Mbak Agatha yang membantu jadi peragawatinya, dipandu Pak Aryo. Kami semua harus mengenakan :
  • Jas putih lengan panjang layaknya petugas lab
  • Sepatu standar khusus
  • Penyumbat telinga untuk menghindari deru mesin
  • Masker
  • Penutup rambut dan kepala
Dan, seperti inilah jadinya kami yang tiba-tiba jadi norak berjamaah (maklumlah ya, kan ga pernah beginian, haha).


Frisian flag susu kental manis


Dibagi dua kloter, kami bergantian memasuki pabrik FFI. Mulai dari melihat mesin pembuat kaleng dan kemasan yang lain, hingga mesin pengisian susu, sampai packing berupa kardus-kardus yang siap didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Canggih amat mesin-mesin yang ada disini. Bayangkan, dalam 1 menit, mesin-mesin itu bisa memproduksi 600 kaleng. Dan, bayangkan juga bila itu dikerjakan pure dengan tenaga manusia. Pasti lama banget ya!

Meskipun, untuk mengisi mesin pengisian dan mengontrol seluruh pengoperasian mesin tetap saja manusia berperan di dalamnya. Ckckck, saya salut banget dengan energi para pekerja di dalamnya. Mereka harus berpanas-panas ria dan mendengar deru mesin setiap saat dengan jam kerja shift yang dibagi dari 24 jam nonstop pabrik ini berproduksi.

FYI, pabrik FFI juga ada di Pasar Rebo yang memproduksi varian lain dari susu kental manis.

Saya jadi sadar, dalam sebuah cerita kesuksesan Frisian Flag Indonesia, semua bagian berperan penting. Dari mulai pekerja pabrik sampai posisi manajerial yang tadi beramah tamah dengan kami. Tentu ini bukan dicapai dalam waktu instan. Patut kita contoh nih!

Kampanye Frisian Flag Susu Kental Manis

Dari obrolan singkat dengan Pak Donny saat sedang jalan-jalan di dalam pabrik, saya jadi sadar kenapa orang Indonesia (selain karena faktor genetis tipe orang Asia) banyak yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata, bahkan cenderung pendek. Contohnya saya nih, waktu kecil memang dibilang ga terlalu suka susu dan harus dipaksa-paksa. Wajar jika akhirnya banyak dari orang diluar Indonesia yang tubuhnya menjulang tinggi, ternyata karena pola konsumsi susunya mempengaruhi pertumbuhan loh. Ini buktinya :


Frisian flag susu kental manis


See? Dari negara-negara di Asia saja, fakta konsumsi susu kita masih tergolong rendah.

Tak heran bila kemudian mengakibatkan malnutrition pada anak-anak di tingkatan urban (perkotaan) yang cenderung overweight dan anak-anak di tingkatan rural (pedesaan) yang cenderung stunting. Ini berdasarkan hasil penelitian SEANUTS (South East Asian Nutrition Surveys) di Indonesia.


Frisian flag susu kental manis


Atas dasar inilah, sekaligus dalam rangka berkonstribusi untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia, Frisian Flag Susu Kental Manis juga rutin menggelar kampanye betapa pentingnya minum susu setiap hari. Selain gaya hidup sehat yang harus mulai dibiasakan dengan sarapan sempurna.

Sepanjang bulan Maret 2016 yang lalu, kampanye Frisian Flag Susu Kental Manis mengambil tajuk “Bulan Sarapan Sempurna”. Selain sehat, sarapan sempurna juga menambah kehangatan bersama keluarga di pagi hari. Dan, tentunya ini membawa semangat tersendiri untuk beraktivitas bagi seluruh anggota keluarga.

Frisian flag susu kental manis


Kenapa Frisian Flag Susu Kental Manis bagus untuk menjadi penyempurna sarapan? Ternyata segala kebaikan susu ada di dalamnya. Mulai dari gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak), sampai gizi mikro (9 vitamin dan 5 mineral). Dianjurkan untuk mengonsumsi 2 gelas setiap hari sesuai takaran saji (40 gram dengan 1 gelas air, ± 140 ml air) sehingga dapat memenuhi 5-8 % kebutuhan energi harian anak dan remaja.

Tak hanya itu, bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta BPOM, di tahun 2016 ini pula, Frisian Flag Indonesia juga mencanangkan program Gerakan Nusantara yang akan gerilya ke lebih dari 510 sekolah dasar di enam propinsi seperti Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Banten, dan Nusa tenggara Timur. Dua propinsi terakhir akan menjadi main focus karena terkategori sebagai wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdalam).


Frisian flag susu kental manis


Belum lagi kepedulian Frisian Flag Indonesia untuk menyejahterakan petani dengan mengupayakan regenerasi lewat pendidikan dan pelatihan, juga sharing knowledge dengan petani-petani Belanda yang memiliki sistem peternakan yang lebih maju dibanding di negara kita.

Rasanya the purpose of FFI yang mencakup tiga hal, yaitu Better nutrition for Indonesia, Good living for our farmer, dan Now and for generation to come benar-benar dijadikan pijakan serius yang terimplementasi dengan baik di program serta kampanyenya. Menurut saya, yang dilakukan FFI bukan sekedar CSR (Corporate Social Responsibility) biasa, tapi lebih dari itu.

Keseruan Ini Harus Berakhir

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Itu juga yang terjadi hari ini. Setelah menikmati makan siang dan mencicipi cara lain menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis ke beragam minuman lezat, kami pun harus menyudahi factory visit sekitar pukul 3 sore.


Frisian flag susu kental manis
Resep lebih lengkap tentang cara lain menikmati Frisian Flag kental manis meluncur kesini


Sebelum itu, FFI benar-benar memanjakan para blogger dengan banyak doorprize. Saya termasuk yang beruntung membawa salah satu doorprize sore itu. Ah, senangnya :) Tak lupa juga kenang-kenangan untuk komunitas KEB dan Temannya Mbak Cici.


Frisian flag susu kental manis

Frisian flag susu kental manis


Dan, ternyata kami juga masih dibekali goodie bag untuk dibawa pulang. Saya yang hari itu kembali ke Bekasi menggunakan kereta pun juga harus berjuang nih buat sampai ke rumah. Tapi, good things pasti akan selalu sampai pada tujuannya ya. Terimakasih atas keseruan dan kenangan manisnya Frisian Flag! Sukses terus untuk kampanye memberikan nutrisi terbaik untuk anak-anak Indonesia ya~


Frisian flag susu kental manis


Prita Hw

23 komentar:

  1. Seru banget ke pabrik frisian flag, banyak ilmu, nambah teman, banjir hadiah pula. Kesana lagi yuk...

    BalasHapus
  2. Sekarang ini ternyata ada kemasan baru lagii ya. Aku suka susu kental manis yang coklat, apalagi kalau dibikin puding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sukaannya ma aku mak, dikasi di atas puding, yg cokelat :) Yuhu, kemasan baru makin oke tuh

      Hapus
  3. Kemasan barunya lebih praktis ya.

    BalasHapus
  4. Hahaaa mbak keren bgt tuh di pabriknyaa... kayaknya ngantor di frisian flag kece bgt yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dongs fikkk, wkwkwk..Semoga kapan bs satu event dan reuni kita ya :) Lagi buka loker juga tuh kayaknya :)

      Hapus
  5. Hehehe iya dulu istilah 4 sehat 5 sempurna sering banget di dengar tapi susu memang punya banyak vitamin buat asupan nutrisi ya mak terutama baik untuk anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, bener banget. Kl biasa minum susu dari kecil ampe dewasa, pasti pertumbuhannya kayak orang bule kali :)

      Hapus
  6. Beneran rabu seru yaa bisa visit ke Pabrik FFI Susu Kental Manis, Bakalan kangen dengan keseruannya pasti hehe

    BalasHapus
  7. menginspirasi banget euy... By : aa Nana #ygGantenng

    BalasHapus
  8. Kemasan susu bendera emang paling pas yg skrng ya, anti bocor tinggal klek

    BalasHapus
  9. kemasan pouch besar bikin puas banget nuang2 susu kental manis ke roti. Lemparin mixernya sini mba prita :p

    BalasHapus
  10. Aku suka sama jinglenyaaa,hehehe. Favoritku sekarang susu kental manis yg gold buat kopi susu atau campuran kue. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku sukanya juga buat campuran mbakk

      Hapus
  11. Kunjungan waktu itu emang seru ya.. full tawa juga. Seneng deh.Jadi nambah wawasan tentang susu frisian flag. Makin cinta :)

    BalasHapus
  12. pantesan menang sist.. asyiiik banget bacanya! Selamaaat yah!

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus