Baca Ini Bisa Bikin Kamu Cinta Produk Lokal Lebih dari Sebelumnya


cinta produk lokal mataharimall.com
Ceritanya rejeki anak sholehah yang dapet beasiswa menulis disono, kesimpulan : Indonesia is the best place in the world!

Are you from Indonesia ?
Yes, I’m Indonesia.


Pernah merasakan mengucapkan frase itu saat tak berada di Indonesia? Rasanya gimana? Amazing, kebanggaan tak bisa dipisahkan, itu yang saya rasakan. Bagi temen-temen yang pernah mengalami hal serupa, pasti sepakat kalau kita masih merasa amazing, artinya kita masih punya rasa cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Bahasa kerennya, nasionalismenya masih ada disini (sambil nunjuk dada sendiri), hehe..

Tapi, miris banget saat ucapan “Saya orang Indonesia” dianggap tak terlalu istimewa saat diucapkan di negeri sendiri. Kebalikannya, cenderung berkonotasi negatif. Mungkin sebagian malah mendapat yang namanya bully semacam “Apa yang kamu bisa banggain dari Indonesia?” Huhhh, dada langsung sesak.

Menurut saya, ini tak lepas dari banyaknya efek media yang lebih ‘mencari-cari kesalahan’ bangsa sendiri tanpa menyebarkan berita positif bersamaan dengan itu. Kalaupun ada, ya pasti jumlahnya ga sebanding.

cinta produk lokal mataharimall.com


Padahal banyak yang bisa dibanggain dari Indonesia yang subur makmur ini, salah satunya keindahan alam dan hasil kerajinan tangan penduduk lokal. Produk lokal makin banyak diproduksi oleh penduduk lokal sendiri ataupun masyarakat era kekinian yang punya inisiatif kreatif untuk mengemasnya jadi sesuatu yang lebih menarik dan marketable. 

cinta produk lokal mataharimall.com
Secuil surga yang terhampar di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah~

cinta produk lokal matahari mall.com
Penjaja kue tradisional di pasar tradisional kampung halaman saya, Jember tercinta, Jawa Timur~
Tapi, sayang seribu sayang, banyak dari kita atau lingkungan kita nih, yang masih memandang sebelah mata dengan produk lokal. Rasanya kalau belanja belanji merk luar itu berasa keren, pede, dan gengsi! Asumsi kualitas lebih tinggi pula. Makanya, tak jarang hasrat ini mencoba untuk dipenuhi saat kita pergi ke negara lain. Belanja produk luar membabi buta!

Tapi sadar ga sih, ternyata banyak produk luar yang kita nilai bergengsi itu, malah berasal dari Indonesia. Hiks, makjleb kan... Seperti yang diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat yang menyindir kebiasaan masyarakat kelas menengah yang sering berbelanja ke luar negeri, “Percayalah sama tempat belanja dalam negeri yang sangat nyaman, aman, dan produknya enggak ada kualitas barang palsu. Belanja barang palsu saja kok sampai ke luar negeri, percayalah sama pemerintah," kata Djarot, saat menutup pagelaran Festival Jakarta Great Sale 2016, di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Minggu (17/7/2016). Ini saya lansir dari kompas.com.    

cinta produk lokal mataharimall.com

Terus terang, saya jadi miris :( Sebab, di Indonesia sendiri, pemerintah juga udah mati-matian ikut mengkampanyekan keberadaan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) loh. Lewat berbagai event kreatif, pameran, bahkan sampai menyediakan galerinya.

Lalu, kenapa kita harus mencintai produk lokal ?

Hm, sepertinya pertanyaan klise ya atau retoris? Alias tak memerlukan jawaban :) Tapi baiklah, sebagai warga negara yang baik yang mencoba menyebarkan virus #IndonesiaBangga, saya mau beberkan alasannya.

 cinta produk lokal mataharimall.com

Pernah dengar kan ungkapan yang bilang begini, “Jangan bertanya apa yang negara sudah berikan untukmu”. Tapi bertanyalah, “apa yang sudah kamu berikan untuk negaramu”. Nah, buat kita yang belum mempersembahkan semisal emas seperti pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kemarin, ya minimal ini bisa jadi suatu upaya yang sangat berharga.

cinta produk lokal mataharimall.com

Ga percaya? Dengan berbelanja menggunakan rupiah di negeri sendiri, kamu ikut menjadi pahlawan devisa (jadi ga perlu jadi TKI/TKW juga kan biar disebut pahlawan devisa?), yang artinya membantu pertumbuhan ekonomi lokal. Uang yang kita bayarkan tadi, digunakan oleh pelaku usaha untuk membeli bahan baku, atau menggaji karyawan yang semuanya merupakan aset lokal.

 cinta produk lokal mataharimall.com

Industri UKM berkembang, lapangan kerja bertambah (yang berarti mengurangi pengangguran), dan bisa membayar pajak. Pajak akan digunakan negara untuk membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya. Buat siapa? Buat kita semua juga, kan? Wah, panjang juga ya ternyata alurnya? (sambil manggut-manggut sendiri).

Kalau gitu, gimana solusinya supaya kita bisa mendapatkan produk lokal berkualitas ?

Nah, kalau pertanyaan yang ini, saya suka banget, hehe.. Ada banyak kok solusinya, nih 4 cara yang bisa membantu kita terhubung dengan produk lokal berkualitas :

1 Kunjungi pelaku usaha lokal saat travelling

cinta produk lokal mataharimall.com

Tiap kita singgah di suatu tempat karena alasan sedang melakukan perjalanan, pasti tak bisa dilepaskan sama yang namanya cari oleh-oleh. Bener kan? Nah, ini kesempatan kita untuk mendapatkan produk lokal langsung dari pelaku usahanya. Banyak juga biasanya sentra kampung yang sudah dijadikan destinasi wisata tersendiri. Kita bisa searching dengan bertanya pada penduduk lokal atau tour guide kita.

2 Nitip temen yang lagi travelling

cinta produk lokal mataharimall.com

Ini cara smart yang sedikit merepotkan orang lain, hehe.. Tapi kalau temen kita itu juga udah terbiasa melakukan hal yang sama, ya ga ada masalah. Bukan nitip dibeliin sebagai bagian dari oleh-oleh loh ya... Tapi, kita bisa menitipkan sejumlah uang untuk dibelanjakan produk lokal yang kita cari. Misalkan saat berkunjung ke Jogja, Pekalongan, kita bisa nitip beli kain batik khas daerah sana. Saat ke Lombok, kita bisa nitip kain motif khas daerah sana juga, dan sebagainya. Ini cara hemat kalau kita memang sedang ga ada tujuan ke daerah itu dalam jangka waktu lama :)

3 Datang ke Galeri UKM yang disediakan pemerintah

cinta produk lokal mataharimall.com

Hm, mungkin kalau di Jakarta, seperti gedung SMESCO itu loh, yang galerinya dinamakan Galeri Indonesia Wow yang difasilitasi oleh pemerintah. Kalau di luar Jakarta, seperti Surabaya, Semarang, dan sebagainya, biasanya di masing-masing kantor Dinas Perindustrian & Perdagangan, Koperasi, dan UKM juga menyediakan semacam galeri atau pameran terjadwal. Cuma, memang produk yang disediakan terbatas pada UKM yang sudah diberikan pendidikan dan pelatihan oleh Dinas tersebut.


4 Cari saja online di MatahariMall.com



Siapa yang tak tahu Matahari? Dept. Store nya sudah lebih dulu ada dan tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan di kota kelahiran saya, Jember, Jawa Timur, yang dikenal mall oleh masyarakat sekitar ya Matahari ini :D Nah, sekarang, sudah ada sister company nya nih. Secara, banyak kan orang sekarang yang udah mager (males gerak), dan pengennya tinggal klak klik, transfer, duduk-duduk manis, dan voila, barang datang dengan selamat!

Khusus buat kita yang ingin mencari produk lokal disini, ada program Jual Online Aja (JOA) yang mewadahi UKM di Indonesia yang diperkirakan sampai 55 juta loh! Kenapa perlu diwadahi? Kata CEO muda nan gantengnya, Hadi Wenas, JOA ini memang sengaja dibuat untuk mengembangkan UKM di Indonesia di platform transaksi yang lebih aman. It’s called eCommerce. Sebab, biasanya rata-rata UKM masih berjualan offline dan ada kendala geografis untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.

cinta produk lokal mataharimall.com

Karena itu, sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) nya, MatahariMall.com rela muterin kota-kota di Indonesia untuk menggelar workshop JOA ini. Bahkan, berawal di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali pada tahun 2015, di 2016 ini udah merambah aja ke kota-kota lain. Kabarnya sepanjang Maret-November 2016 akan mengunjungi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Serius banget kan?

Bahkan, di tiap kota, dipilih 2 TeMMan Super yang didampingi bisnisnya. Tapi ada syaratnya, produknya harus unik, stok barangnya cukup, presentasi produk dan kemasannya juga harus bagus. Dan, kabar baiknya, tahun ini JOA ini juga menggandeng komunitas dan asosiasi UKM.

cinta produk lokal mataharimall.com
Sumber : www.mataharimall.com

TOP. Saya angkat 4 jempol sama 4 jempol lagi punya suami saya deh untuk upaya MatahariMall.com ini :D

Produk lokal seperti boneka cemprut indun, power collection, kain tenun bantal, handycraft, bahan pangan lokal kayak abon, kripik pisang, dan lain-lain semuanya ada. Caranya gampang banget untuk pilih-pilih produk lokal. Simak yang ini nih, tapi jangan lupa daftar dulu untuk punya akun sendiri ya.

cinta produk lkal mataharimall.com
cinta produk lokal mataharimall.com

Kenapa MatahariMall.Com untuk Pilihan Belanja Online?

cinta produk lokal mataharimall.com

Didukung oleh perusahaan ritel terbesar yaitu Lippo Group yang mengelola Matahari Department Store dan Hypermart. Tingkat kunjungannya 10,9 juta orang ke websitenya, dan lebih dari 35 ribu order per hari saat pertama launching pada tanggal 9 bulan 9 yang lalu!

cinta produk lokal mataharimall.com
Sumber : Presentasi Workshop Affiliate Marketing Bekasi

Lalu apalagi?

cinta produk lokal mataharimall.com

1 Brand yang kuat, siapa sih yang ga tahu Matahari Mall ya kan? Nah, sekarang sudah ada online nya, ini melekat banget di benak masyarakat Indonesia. Karena jauh sebelum ada platform online, Dept. Store nya sudah menjadi gaya hidup di tengah-tengah kita. Saya juga ngaku kalau soal ini :)

2 Varian produk yang sangat banyak lebih dari 1 juta produk, dan pastinya kita ga bakal kehabisan produk. Malah bisa puas memilah dan memilih.

3 Ada layanan O2O (Online to Offline). Kita bisa mengambil, mengembalikan, atau membayar barang yang sudah di-order secara offline. Tinggal pilih, mau di-pick up di lokasi dan COD, atau e-locker.

4 Free ongkir. Ini yang paling favorit! Khusus produk fashion, kesehatan, dan kecantikan bebas ongkir tanpa minimal loh. Dan, untuk pembelanjaan minimal 100 ribu, ada bebas ongkir sampai angka 30 ribu. Lumayan (pake) banget.

5 Promo & diskon. Wah, untuk para perempuan seperti saya, ini godaan banget deh!
cinta produk lokal mataharimall.com

6 Seamless shopping experience. Pengalaman berbelanja disini semudah klak klik dan like, hehe.. Mau diakses dari PC, netbook, ataupun smartphone, semuanya bisa. Dan, kalau pengalaman saya mengubek-ubek, bikin betah dan ketagihan karena tampilan yang nyaman dan kualitas foto yang bagus.

Alasan-alasan di atas, udah cukup membuat saya mupeng. Mupeng apa? Pengen cepet-cepet buka-buka, lihat-lihat, lalu klik, hehe.. Rasanya kalau denger belanjaan murah dan gampang, ada hormon bahagia yang menghampiri :)

Apa Kata Pelaku UKM ?

 


“Sejak bergabung di JOA dan menjadi TeMMan Super, bisnis Rendang Den Lapeh semakin laris. MatahariMall.com sangat keren karena mendukung UKM" - Margaretha Crisnasari, Bisnis Rendang Den Lapeh, Jakarta

cinta produk lokal mataharimall.com

“Penyebaran produk semakin luas dan menambah pangsa pasar kami. Ditambah lagi, dengan penawaran MatahariMall.com yang bebas ongkos kirim,”- Bagoes Organica, penjual produk organik, Jakarta Timur (beritasatu.com) 

cinta produk lokal mataharimall.com

"Jadi TeMMan Supernya MM jelas seneng banget. Tidak hanya karena hadiahnya yg WOW komplitnya. Pelatihannya kemarin dan nantinya juga pasti bakal bikin omzet saya melejit. Saya sangat yakin bergabung dengan MM adalah pilihan tepat" - Fajarruddin Achmad, The Keraton Care, Yogyakarta (mataharimall.com)

Itu hanya cuplikan kecil dari beberapa TeMMan Super MatahariMall.com. Selebihnya, pasti lebih banyak. Jadi, kita pilih-pilih sekarang aja? Hayuuukk ah, belanja produk lokal ga cuma bikin kita seneng karena bisa jadi bagian dari kebanggaan sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Tapi, juga berefek samping ikut ngasih berkah rejeki buat para pelaku UKM yang notabene baru merasakan berkah online lewat MatahariMall.com ini.

Berkah online buat blogger juga ada loh, gabung aja di program affiliate aja! Caranya baca disini ya.

Sekarang, yakin kan kalau kita lebih cinta produk lokal lebih dari sebelumnya?



Prita Hw

28 komentar:

  1. Waww..amazing, bacanya bikin bulu kuduk merinding. Tak ada pertanyaan, sudah jelas dalam ulasan yg lengkap ini. Kereeen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, thanks udah mampir2 yak..merinding? pake jaket dulu :D

      Hapus
  2. keren banget mbak. hebat lah mbak amazing..

    BalasHapus
  3. wooow, lenngkap sekali. Aku mah cinta indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, makin jauh melangkah, makin cintaaa jugaaa..

      Hapus
  4. Aku cinta Endonesaaaaaahhhhhhh

    BalasHapus
  5. kece bgt ini postingan, pesan dan perform nya

    BalasHapus
  6. Suka mba sama foto-fotonya, kayak GIF gitu. Cintai ploduk-ploduk Indonesia *kayak iklan mesin air

    BalasHapus
  7. Aku juga klo traveling ke daerah selalu beli produk lokal mereka, g prnh ketinggalan ini hehe

    BalasHapus
  8. Wow.. Ini semacam ringkasan acara, tapi tidak bisa disebut "ringkas" karena lengkaaaap.. Trus, itu bikin image yang bergerak tentu memerlukan effort dan dedikasi tinggi untuk sebuah tulisan :O

    Sukses terus "mbak" Prita.. hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dedikasi tinggi utk sebuah tulisan, wkwkwk.. itu begadang berdua ma misua mas :D

      Btw mbak nya ada kutipannya *ngakak*

      Hapus
  9. Matab bgt.... Aku juga suka sama produk indonesia... Oya aku juga suka bgt beli di matahari krn gak pake mikir...pasti bagus hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl aku sering ma temen2 nyebutnya, beli merk matahari pasti aman, hehe

      Hapus
  10. Produk lokal selama kualitasnya bagus, saya beli kok. Apalagi sekarang makin dimudahkan dg adanya belanja online macam mataharimall.com. Mba ajarin dong bikin yg gerak2 itu, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. he eh mbak, aku ngubek2 mataharimall bawaannya pengen belanja aj..

      yg gerak2 itu pake flash mb, tar tinggal diatur kecepatan geraknya..dibikinin suami, haha

      Hapus
  11. Senada dg crita anak2 setelah kmrn diajak eyangnya ke negera sebelah. Mereka shock oleh harga cinderamata yg super mahal. "Gak kayak di indonesia ya Bun, harganya murah2.".

    Giliran emaknya bilang sok bijaksana" makanya banggalah jd orang Indonesia"

    BalasHapus
  12. I Love Indonesia deh...bangga beli barang dari luar negeri..pas di cek made in Indonesia, yeaah..mending beli di sini yaa..pastinya lebih murah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha, makjleb mbak ya, tp jg skaligus bangga sih..

      Hapus
  13. Saya orang indonesia! :D
    Keren! Ulasannya lengkap mbak :D

    BalasHapus
  14. UKM memang makin berjaya dgn kehadiran ecommerce seprti matahari mall. Semoga pemerintah juga makin kuat kasih dukungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak, kl didukung byk pihak kan makin cepet berkembang ya mbak, semoga :)

      Hapus