A Happy Hectic Mom Called Emak Riweuh [Profil Blogger-Part 8]

Inna Riana emak riweuh



Halo all! Yuhuu, ketemu lagi dengan profil blogger yang tak terasa sudah memasuki part ke 8 aja :) Dan, di bulan Agustus ini, saya mengadakan special theme untuk sedikit merayakan aura positif tentang makna kemerdekaan bagi kita semua, yaitu merdeka dari miskin ilmu. Kenapa penting? Orang yang bisa merdeka dari miskin ilmu akan bisa memerdekakan dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya. Nah, selain profil orang-orang yang saya kenal yang banyak menginspirasi saya, profil blogger satu ini juga tak kalah inspiratif. Siapa dia ? Kita akan berkenalan dengan si emak riweuh yang biasa kita kenal dengan nama beken Inna Riana.

Mungkin nama Inna berasal dari nama belakang yang terdapat pada nama aslinya yaitu Riana Wulandari. Nama yang cantik ini menurut saya menjadi makin cantik dengan karakter dan karya-karya yang dihasilkan emak dengan tiga pasukan riweuh atau three boys ini. Ketiga jagoan itu akrab disebut Aa Dilshad (13,5 tahun), Kk Rasyad (9 tahun), dan Dd Irsyad (6 tahun). Meski memiliki tiga putra dengan rentang usia yang berbeda, tak membuat Mbak Inna menjadi melupakan kewajibannya sebagai seorang ibu, seperti mengantar sekolah, menemani sang buah hati saat acara tertentu, dan yang terakhir begitu spesial, membuatkan masakan home made dengan penuh cinta. Secara, sekarang juga banyak kan emak-emak yang memilih membeli makanan diluar dengan alasan praktis dan kesibukan.

Inna Riana emak riweuh
Inna Riana dan keluarga saat momen lebaran


Menyoal kata riweuh yang menjadi semacam personal branding bagi istri Bapa Dadang yang baru saja berulang tahun ke 40 pada 30 Juli yang lalu, pasti kita bertanya-tanya ya. Coba apa yang ada dalam pikiran temen-temen saat mendengar kata riweuh? Ribet, repot, rempong, dan semacamnya kan? Dan tak bisa dipungkiri kadang ketiga kata itu mengarah pada perasaan membingungkan atau ketidak teraturan. Cenderung negatif.

Tapi, emak berkacamata yang saya kenal di Workshop Dilo Bogor sekitar 4-5 bulan yang lalu ini berhasil menepis anggapan-anggapan tersebut. Sebab si emak riweuh justru berhasil menularkan virus positif lewat ke-riweuh-annya. Itu sudah dimulai sejak emak berdarah campuran Sunda dan Jawa ini lulus dari Jurusan Kesejahteraan Sosial di FISIP Unpad Bandung, kemudian mencicipi kerja di bank swasta asing di Jakarta dan memutuskan berhenti bekerja di tahun 2002 karena menikah. Sejak mengikuti suami yang bertugas berpindah-pindah tempat, ia sudah pernah pindah rumah 10 kali dalam kurun waktu 11 tahun, dan sudah menjejakkan kaki di 6 kota, yaitu Semarang, Banjarmasin, Solo, Denpasar, Palangkaraya, dan Makassar. Mirip juga dengan saya nih, cuma saya belum pernah menghitung berapa kali pindah kost atau kontrakan dan kotanya masih 4 saja, haha...

Riweuhnya sudah terasa belum? Lumayan kan ya, ditambah dengan mengurus three boys tadi tanpa asisten rumah tangga. Juga disambi mengelola toko obat dan mengurus ibu kandungnya atau eyang bagi ketiga putranya, serta berjualan handmade accesories online dan offline dengan cara menitipkannya ke toko milik tetangga. Wow!

Nah, luar biasanya lagi, dengan ke-riweuh-an konsisten tadi, Mbak Inna juga masih mau merawat 'anak-anak' dari hasil 'pernikahan' nya dengan buah pikirannya sendiri :), yaitu blog-blog tercinta yang selalu diperhatikan sesuai porsinya masing-masing. Ada 7 blog yang dimilikinya, include blog rahasia yang tidak dipublikasikan. Namun, 4 blog ini yang rutin 'disuapi' mamanya :

1. Blog tentang parenting, jalan-jalan, dan blogging (www.emakriweuh.com)

Inna Riana emak riweuh



2. Blog tentang cerita curhat, fashion, fiksi, dan lomba (www.innariana.com)

Inna Riana emak riweuh


3. Blog tentang resep masakan, cerita memasak, dan seputar kuliner (www.dapurngebut.com )

Inna Riana emak riweuh


4. Blog tentang aksesoris handmade dan tutorial cara membuatnya (www.inas-craft.blogspot.com)

Inna Riana emak riweuh



Sampai-sampai, saking rajinnya si emak riweuh ini, ia punya blog weekly calendar yang dibuatnya sendiri.

Inna Riana emak riweuh
Foto : via FB Inna Riana

Berkat ketekunannya itu, Mbak Inna yang sehari-hari berkacamata ini menjadi finalis 50 besar Srikandi Blogger 2014 dan mendapatkan kesempatan berkunjung ke Google Office di Jakarta. Dan juga menerbitkan sebuah buku antologi pada tahun 2014 bersama komunitas Warung Blogger, berjudul “Heart Ring. Ketika Hati Saling Memiliki”. Katanya sih, jarang ikut lomba blog, karena energi yang dibutuhkan untuk satu blog post lumayan pakai lembur segala, eh tapi sudah pernah menang pula sebagai Juara 2 Morinaga Chil-Go! Writing Competition pada Februari 2016 dan membawa pulang Samsung Galaxy Note 3 sebagai hadiah. Keren menurut saya, mengingat blogosphere yang sangat kompetitif.

O iya, saya juga salut dengan semangatnya yang besar untuk belajar. Di whatsapp group, seringkali Mbak yang tinggal di kota hujan ini berbagi cerita tentang keikutsertaannya di sesi belajar memotret dan infografis. Tak heran, saya mengamati foto-foto makanannya kece badai kayak bulu mata Syahrini yang sempat ngetop itu. pas day 1 hingga day 30 Ramadhan kemarin semua menu buka dan sahur untuk keluarga tercinta selalu di-update dan menjadi referensi keluarga lainnya di dapur ngebut.  Ini kalau ga percaya...

Inna Riana emak riweuh
 Inna Riana emak riweuh
 Inna Riana emak riweuh

Inna Riana emak riweuh

Inna Riana emak riweuh
Foto : via FB Inna Riana

Pantas kalau hobinya motrat motret pakai smartphone ini juga mendapat apresiasi dari lomba yang diikuti, seperti : juara dua kontes foto Smartphonegraphy (via Twitter), mendapat hadiah menginap gratis di Hotel Padjadjaran Suite and Resort, serta voucher diskon Jungle, Jungle Land, dan Jungle Fest (April 2015). Dan salah satu pemenang dari tiga pemenang kontes foto Mariza Foods (via Instagram), mendapat hadiah satu set alat masak merk Maxim dan produk Mariza Foods (Maret 2016). Ssttt, ternyata Mbak Inna baru bisa memasak sejak menikah loh, dan belajar otodidak dari buku, majalah, dan tabloid. Menurut pengakuannya, saat itu internet belum se-ngehits saat ini. Tambah kagum, ih! :)

Dengan semua prestasi dan pencapaian Mbak Inna yang juga bagian dari Asinan Blogger yang baru-baru ini diliput Radar Bogor, ternyata pernah juga loh merasakan yang namanya stuck sejenak seperti yang dituangkan dalam Ketika Saya Ingin Berhenti Ngeblog.  Manusiawi lah ya, yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk berbagi semangat bangkit dari stuck yang sangat mungkin dihadapi siapapun dalam menjalani rutinitas. Termasuk saya pastinya :).

Satu lagi obsesi yang masih disimpan Mbak Inna adalah menerbitkan buku solo. Hm, menurut saya lagi, itu sangat mudah direalisasikan untuk seorang emak produktif sepertinya. Artikel-artikel yang sudah rapi menjejali kategori di beberapa blog bisa saja dibukukan menjadi niche yang menjadi ke-khas-annya, seperti cooking book, craft book, catatan harian pasukan riweuh, dan cerita riweuh. It's as easy as that kok, Mbak Inna. Semoga obsesinya segera terwujud ya, supaya bisa makin mengukuhkan statement : life begin at 40  kata orang-orang :)


Berkenalan langsung dengan Inna Riana,
silakan menghubunginya di :

Facebook: Inna Riana
Twitter: @EmakRiweuh
Instagram: @innariana



Prita Hw

16 komentar:

  1. aaaa makasih banyak pritaaa...
    jadi maluw, ketahuan riweuhnya hehehe
    makasih untuk kompor semangatnya. aku perlu itu, selain kompor buat masak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, riweuh positif kan mbak? Selain kompor buat masak itu beli dimana ya? #eh ...semangat mbak, ditunggu karya selanjutnya yah :*

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Kalo nggak riweuh bukan emak-emak namanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bapak2 opo Wan? rempong? hihihihi

      Hapus
    2. iyes, emak2 pasti riweuh, tapi brand emak riweuh ya cuma Inna Riana #iklan :D

      Hapus
  3. Aiiih Mbak Inna keren banget! Fix, aku ngefans sama keriweuhan Mbak Inna hehehhe. makasih Kak Prita ulasannya, aku jadi semakin mengenal Mbak Inna #tsah
    Semoga cepat terkabul yah Mbak Inna mimpi-mimpinya. Tetap berprestasi dan selalu menginspirasi. Salam riweuh lah yah pokoknya :p

    Selamat juga yah selanjunya review kak Prita, yeay!!! :DDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang si emak satu ini keriweuhannya bikin ngefans, fa, aku juga, haha..yeyyy,jgn telat loh, ahahaha :D

      Hapus
  4. wiiiih kaya nya enak bingit tuh chef boleh nyobain ga ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung tanya sama chefnya, si emak riweuh :D

      Hapus
  5. Mbak Prita ... aku suka cara penulisan Mbak. Enak gitu bacanya.

    Jadi pengen cepetan ngereview blog Mbak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, aku jadi malu *tutupmuka*, makasih loh Tya. Btw, aku jg deg2an banget nih mau direview, ketauan awamnya :D

      Hapus
  6. Salut bangey deh sama emak riweuh satu ini. Ngeblog ok, usaha jalan, masak pun jadi andalan, kerren 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin emak riweuh fans club apah, hahahaha :D

      Hapus