Aku dan Kamera Ponsel : Ternyata Bisa Diandalkan!

Aku dan Kamera Ponsel giveaway




Halo all! Masih suasana lebaran ga sih? Anyway, yang penting masih bulan Syawal ya, saya juga mau mengucapkan Selamat Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir dan batin, semoga semua amalan kita diterima di sisi Allah SWT ya... Amien..

Hm, kali ini, saya mau ikutan ngeramein giveaway nya Mbak Uniek yang kece abis. Ya kece orangnya, ya hadiahnya, haha... Dari dulu, saya selalu terobsesi untuk punya kamera bagus. Bayangan saya, kamera bagus itu semacam DSLR atau kalau sekarang lagi ngetren mirrorless. Hm, tahu sendiri kalau harga kamera bagus macam begitu pasti sudah tidak bisa diragukan lagi mahalnya :) Mana sanggup buat beli kalau ga bener-bener niat nabung atau dapat rejeki segepok?

Sambil terus tanya sana sini dan update apa sih yang bisa jadi alternatif supaya hasil potret tetep kece tapi harganya ga mustahil banget buat dipenuhi. Aha, saya pun melabuhkan pilihan pada kamera ponsel. Praktis dibawa-bawa alias ga berat-berat amat, cocok dengan postur tubuh yang mungil :)


Aku dan kamera ponsel giveaway
#KameraPonsel udah jadi kebutuhan primer
Cuma, saat itu hasil potret saya menggunakan kamera ponsel itu ga langsung bagus, selain karena pemotretnya amatiran, medianya juga ga terlalu memenuhi syarat. I mean, resolusinya ga terlalu tinggi, tidak adanya flash, dan tidak bisa potret memotret selfie atau wefie kayak orang-orang. Sebab, ga ada kamera depannya, hiks... Selain itu, dasar saya yang ceroboh, smartphone seadanya pun performanya makin turun gara-gara jatuh 10 kali lebih kalau saya ga salah ingat. Duh, parah! Meski begitu, saya tetap memakainya karena belum ada gantinya dan masih bisa dipakai ala kadarnya. Tapi dalam hati, andaikan ada gantinya...

But, saya bertekad sampai saat ini ga akan ganti smartphone baru sampai bisa dapetin hadiah smartphone dari lomba menulis semacam blog competition atau giveaway keren kayak gini. Wah, ngarep amat yak? Namanya juga usaha yang halal sambil mengasah kemampuan :) Tentunya kalau beneran dapet, minimal saya akan belajar untuk lebih menghargai sesuatu yang didapat dengan perjuangan, deuhh... :)

Terus terang, saya jadi mupeng banget pas lihat hadiah dari giveaway ini yaitu Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Apalagi pilihan warnanya juga banyak! Ada hitam, gold, silver, merah, dan putih. Mata udah berbinar-binar aja, apalagi pas beneran tuh smartphone ada di tangan yak :) Yang paling menarik buat saya tentu kamera utamanya yang 13 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan. Dan masih ditambah dengan laser autofocus dengan aperture f/2.0. Wow, makin ngiler :) Autofocus nya yang seperti laser bakal membantu banget untuk bisa mendapatkan gambar yang maksimal.


Aku dan kamera ponsel giveaway
My resolution, hihihi...
Buat saya yang suka potrat potret makanan sebagai arsip kuliner pas mau makan dimana aja, selain berdoa pastinya ya, kamera memang jadi kebutuhan primer :) Contohnya pas perjalanan mudik dari Bekasi ke Jember (kampung halaman saya) kemarin. Pas lagi mau motret makanan di kereta karena baru pertama buka puasa di kereta, terpaksa hasilnya ga bagus karena bergerak-gerak :( Pas lagi transit di Surabaya untuk ganti kereta ke Jember, acara isi perut pun jadi ritual penting. Gambar yang saya potret pas makan sahur, jadi ga terlalu terang karena tanpa flash :( Sama halnya pas saya berwisata kuliner di Jember, setiap momen berburu makanan lokal itu pun tak lepas dari jepretan si kamera ponsel. Coba bayangin kalau motretnya pakai Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, pasti lebih fokus lagi :)


Aku dan kamera ponsel giveaway
Potrat potret kuliner udah jadi kewajiban baru :)
Dan, kalau ada event-event keren yang sering ngundang blogger newbie kayak saya, paling suka banget ambil momen yang langka dan biasanya berurutan tanpa rekayasa. Nah, berarti kita harus pintar membidiknya dong.. Di Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, ada Model Pixelmaster Backlight yang bisa otomatis mengambil potret dalam jumlah banyak menggunakan teknologi canggih ASUS Pixel Enhancing. Hasilnya bisa 400 % lebih terang, serta warna dan detail yang lebih oke karena rentang dinamisnya hingga 4 kali! Saat backlight banget pun, foto yang dihasilkan akan tetap natural.

Contohnya pas event buka bareng kapan hari yang diadakan di suatu restoran di Jakarta, lalu event talkshow makanan sehat bareng instansi pemerintah Badan POM, sampai workshop untuk tambah ilmu yang diadakan komunitas blogger. Kamera is a must! Berhubung saya seringnya naik commuter line sampai pernah kegencet saking penuhnya, kamera ponsel ya tetap jadi pilihan utama. Lagi bayangin juga jadinya foto-foto event seperti ini dipotret dari Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL :)


Aku dan kamera ponsel giveaway
Events Talkshow makanan sehat bareng BPOM

Aku dan kamera ponsel giveaway
Event Bukber bareng Alumni Sampoerna Academy

Aku dan kamera ponsel giveaway
Workshop for Youtubers dan Instagrammers

O iya, biasanya saya juga sering ambil gambar-gambar street photography karena lagi ‘ternak’ blog bertajuk traveling. Selain gambar-gambar landscape yang sayang banget untuk dilewatkan.

Pas sebelum Ramadhan lalu saya dapat beasiswa menulis dari Kemendikbud untuk menulis buku perjalanan ke Singapura, saya berasa rempong karena diajarin seluk beluk pengaturan ISO dari kamera DSLR jadul suami yang terpaksa saya bawa. Sebab kamera ponsel saya ga terlalu fokus dan gawat darurat kalau baterainya mati. Dan beneran, karena agak ribet, dan ponsel saya sendiri mati, saya jadi janjian sama temen sekelompok saat itu, “Nanti di Universal Studio, China Town, atau tempat lain pas HP ku mati gantian ya... Pakai kamera ponselmu, aku fotoin kamu, nanti kamu fotoin aku. Dan janji ga dihapus sampai dikirim email ya...”, rujuk saya kala itu. 

Ini hasil potretan saya dan temen menggunakan kamera ponsel dan sedikit aplikasi edit foto. Coba kalau pakai Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, bisa jadi aplikasi edit foto tak lagi kami butuhkan :)


Aku dan kamera ponsel giveaway
Mejeng pake #KameraPonsel sendiri sebelum mati dan minjem temen :)

Aku dan kamera ponsel giveaway
Street photography dari #KameraPonsel temen juga :)

Yang terpenting juga, kalau ada Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, pas selfie atau wefie ga perlu minjem kamera ponsel temen atau nekat foto pake kamera belakang yang menggunakan insting tingkat tinggi saat hendak ber-self portrait :( Biasanya saya dan suami suka berfoto berdua di tempat manapun yang kami singgahi, sebagai watermark kalau kami sudah pernah berada disana. Bukankah jejak-jejak petualangan juga harus diabadikan supaya tak berujung kenangan yang hilang? Haha... Ini foto nekat kami menggunakan kamera belakang yang memaksa dipakai selfie/wefie, jangan sampai bergetar aja nih tangan :) Ada juga karena saking ga bisanya self portrait, ya minta difotoin lah pakai kamera ponsel temen, dan minta di-tag (kebiasaan), haha...


Aku dan kamera ponsel giveaway
Berhasil selfie :)

Aku dan kamera ponsel giveaway
Selfie pas event, sisanya biasa, dipotoin temen :)

Nah, kalau koleksi fotonya sudah bejibun, hati-hati, penyakit yang muncul kemudian biasanya adalah memori yang terbatas :( Sampai harus memilah dan memilih foto mana yang mau dihapus dan ga dihapus. Lumayan horor :( Tapi, kalau sudah ada Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, kapasitas internalnya sampai 16 GB dengan RAM 2 GB. Dijamin ga nge-hang, karena sistem Android 5 (Lollipop) nya mendukung semua aplikasi berjalan dengan baik. Belum lagi layar lebarnya yang 5.5 inch yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 4 memungkinkan kita untuk melihat-lihat hasil jepretan dengan leluasa. Jadi, no worry lah ya tentang segala sesuatu yang horor tadi :)

Satu lagi kelebihan kamera ponsel buat saya yaitu bisa langsung share on the spot ke medsos, horeeee! Paling seneng kalau layar smartphone bisa diajak kerjasama alias lancar pas disentuh-sentuh atau responsif :) Soalnya di tengah aktivitas lagi jalan-jalan atau event apapun, kita pasti maunya yang serba cepat, kan? Maklum, lagi rempong banget biasanya. Tapi, ga perlu kuatir juga kalau pakai Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, layarnya bisa diapa-apain :) Mau di-touch, di-swipe, atau gesture bisa banget. Kalau lagi dingin di hawa gunung, kita pun bisa pakai glove touch technology nya. 

Untuk mendukung acara share ke medsos, kita juga perlu dukungan jaringan internet yang lancar jaya tanpa macet, nah kita bisa manfaatin dual SIM yang ada di Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Maksudnya yang satu bisa diisi nomor ponsel tetap kita yang udah terkenal sejagat, dan satunya bisa diisi nomor optional yang paketan internetnya lagi promo, biar untung banyak :) Setelah itu, kita pun bebas men-share foto-foto keren yang bikin mupeng dengan dukungan koneksi internet Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang bisa 2G, 3G (HSPA 42.2/5.76 Mbps), dan 4G (LTE Cat4 150/50Mbps).

Kesimpulannya, sekarang saya jadi makin terbuka bahwa untuk mendapatkan foto-foto yang keren dan layak dijadikan rujukan informatif bukan berdasarkan jenis kameranya. Ga harus DSLR atau mirrorless, tapi kamera ponsel pun bisa diandalkan. Kalau kata suami saya yang hobi fotografi itu, bukan tentang kameranya, tapi siapa yang ada di balik kamera itu. Jadi kalau kamera ponselnya udah oke, skill kita juga harus upgrade ya, minimal dengan memperbanyak jam terbang berpotrat potret dalam segala suasana (tetep). ^o^ 

Sekedar tips buat temen-temen yang ingin selalu menghasilkan foto-foto kece nan berguna menggunakan kamera ponselnya dengan baik :


Aku dan kamera ponsel giveaway

1 Pilih piranti kamera ponsel yang memenuhi kebutuhan kita, pahami spesifikasinya dengan baik pula. Pilih saja Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang bisa diandalkan.

2 Jaga kamera ponsel kita dengan baik, seperti rajin membersihkan lensanya, juga menjaga supaya tuh ponsel ga jadi korban kecerobohan kita semisal kena duduki ga sengaja, atau jatuh berkali-kali seperti yang saya alami :)

3 Selalu capture the moment yang menurut kita perlu diabadikan. Ga usah peduli bagus apa ga tuh foto, kita sortir belakangan, memori masih muat kok :)

4 Cari tahu dengan belajar otodidak lewat stalkin foto-foto bagus di blog lain, gimana angle pengambilannya, komposisi garis-garis lurusnya, foto yang bercerita, dan sebagainya

5 Otak atik sedikit dengan aplikasi editing foto yang gampang untuk mempermanis bagian tertentu atau menguji kreasi ala kita (bila diperlukan)  

6 Beri caption yang menarik

7 Share foto informatif ke medsos yang sesuai dan gunakan juga sebagai pelengkap tulisan di blog

Akhirul kalam, selamat bersenang-senang dengan kamera ponselmu :)

    

---Diikutsertakan dalam Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com---



Prita Hw

13 komentar:

  1. Pejwan : semoga hapenya gak kesamber orang pas selfie.. :P

    BalasHapus
  2. Mohon Maaf Lahir batin juga Mba.
    Sepakat deh, kamera ponsel jaman sekarang bisa banget diandalkan untuk potret yang bagus.
    Saya sendiri seringnya motret pake kamera ponsel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok kelewat yah komen ini mbak? *matamanamata*, ember mbak, kameraponsel segalanya sekarang ya

      Hapus
  3. foto-fotonya bagus-bagus mba, gutlak yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mb Zata, dirimu ikutan jugakah? Gutlak juga yakk..

      Hapus
  4. Mbak, makasih tips-tipsnya buat menghasilkan foto kece :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama mbak, maap ya, jaringan eror kpn hari nih, pada ga masuk reply :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Huehe... iya, kalao mau selfie potrait kbetulan pula kamera depan VGA. jadinya pake kamera belakang. Tapi yaitu... butuh insting. Dan passang timer. pasalnya klo pke kamera depan yg VGA kurang memuaskan. Andaikan ada ASUS Zenfone 2 laser hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu, kita samaan dongs, bener banget, butuh konsentrasi tingkat tinggi kann

      Hapus
  7. Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak Uniek udah berkenan mampir2, yes, yg penting udah do de best, wish me luck :)

      Hapus
  8. Aku suka liat Asus ini, modelnya keren dan denger - denger kameranya emang udah bagus ya mba hiihii, semoga berhasil ya.

    BalasHapus