Si Cahaya yang Haus Aktualisasi Diri, Shine Fikri [PROFIL BLOGGER-PART 3]

Halo all ! Ketemu lagi di Inspirasi tokoh kali ini, edisi Profil Blogger yang nggak berasa udah masuk Part 3 aja, senangnyaaaa... 

Kalau sebelumnya ada edisi si fashion blogger, Ifa Musyrifah dan si beauty blogger, Amanda Anandita, kali ini ada Mbak Shine Fikri yang selalu bersinar terang benderang.Emangnya lampu apa? Haha, ini sih sesuai namanya, Nur'aeni dari kata Nur yang berarti cahaya. Dan kemudian dijadikan nama pena dengan arti sama, Shine. Kalau Fikri artinya pemikiran kalau nggak salah ya.. Jadi, bisa diartikan, Shine Fikri adalah cahaya pemikiran. Semoga yang punya nama mengiyakan :)


Shine Fikri saat berkunjung ke Twin Tower KL

Pertemuan Surprise Itu

Hm, sedikit flashback ke belakang, saya mengenal sosok mbak produktif yang saat ini bertransformasi menjadi ibu rumah tangga muda yang nggak bisa diem ini sebenarnya sudah sejak 5 tahun yang lalu. Bener nggak, mbak? Tepatnya kenalannya maya, lewat arisan seperti ini, tapi bukan arisan link, melainkan arisan emak-emak muda yang rempong di inbox Facebook.

Saat itu, akhirnya setelah melewati proses rempong-rempongan yang positif, kami berhasil menelurkan karya bersama yang diterbitkan indie. Segmennya untuk remaja baru lulus SMA, yang bingung menentukan langkah mau kemana. Mau kuliah, kerja, atau menikah, hehe..


Antologi bersama saya dan Shine Fikri

Jujur, saya penasaran banget sama teman-teman yang sering satu buku antologi dulu, karena sama sekali dari kami belum pernah ada yang kopdar. 

Sampai suatu saat di kota hujan bernama Bogor, saya sedang asik live tweet di suatu acara Blog Holic Bogor, dan mata ini tertuju pada akun twitter @shine_fikri. Wah, ini nama yang sudah akrab nih. Dan, benar saja, si mbak Shine duduk di bangku berjarak dua baris dari tempat duduk saya yang paling depan. Surprise!

Sebelum kami sempet foto-foto, si mbak Shine dan mbak Neng Lisojung (yang juga teman lama dan baru ketemu, tunggu profilnya ya :) langsung ketawa ketiwi ramah. Kami bertiga sungguh tak menyangka bisa bertemu tanpa janjian.

"Ini mbak Prita HW?", tanyanya. Belum sempat saya mengiyakan dengan kata iya, mbak Shine nyeletuk lagi, "Aku Shine Fikri, aku nge fans loh sama mbak Prita HW..." Gantian saya yang bengong, apa pula punya fans, udah kayak selebriti aja, haha^^

Shine Fikri, Ibu Rumah Tangga yang Terus Beraktualisasi Diri


Oke, cukup nostalgianya. Sekarang, pasti semua penasaran siapa sebenarnya sosok di balik nama bercahaya itu? 

Shine Fikri bukanlah orang baru di dunia kepenulisan, bahkan sejak masih menyandang status siswa, ibu dua orang anak ini sudah memulai debutnya. Sampai kemudian bergabung dengan komunitas penulisan yang juga memiliki massa besar di Indonesia, yaitu Forum Lingkar Pena untuk wilayah Bekasi. Berbagai jabatan keorganisasian juga sudah pernah disandang si mbak cahaya ini. Bahkan, sebelum dunia blogging ngehits seperti sekarang ini, Shine sempat memiliki akun di Multiply dan akhirnya bereksodus ke blogspot.com untuk meneruskan hobi menulis dan kemudian berbagi dengan yang lain. Ngomong-ngomong eksodus, tos dulu, saya juga sama, mbak :)

Sempat menuliskan tentang dirinya di selayang pandang, seperti :

“Sampai pernikahan memisahkan saya dengan Forum ini. Tak lama saya hamil dan semacam mengutuki diri bahwa saya manusia paling tidak berguna di dunia, tak ada karya, tak ada aktivitas berarti. Orang yang biasanya dari pagi sampai malam kelayapan (kerja-organisasi-kuliah) eh tiba-tiba harus ngendon di rumah ngurus anak. Pandangan yang sangat sempit sekali ketika itu. Mungkin ini yang dinamakan baby blues kali ya?”

Hm, saat membacanya sekilas, saya paham apa yang dirasakan Shine. Tentu tak mudah ya untuk mengalami fase yang sedemikian rupa. Namun, karena dasar aslinya si mbak yang baru jalan-jalan menyusuri KL bareng teman-temannya di FLP Bekasi ini sudah aktif dari sononya, niat untuk tetap beraktualisasi diri terus dipupuk. Dan, meskipun mbak satu ini lulusan IT, ia berkeyakinan bahwa passion nya adalah di dunia tulis menulis dan dunia IT tetap dijalaninya sebagai seorang freelancer yang bekerja dari rumah.

Hingga akhirnya, voila...! inilah sosok Shine. Di tengah kesibukannya mengasuh dua balita, ia tetap bisa eksis bersanding dengan para blogger yang memang diciptakan punya energi lebih :) Bayangkan, harus wara wiri mengikuti berbagai event dan kemudian menuliskannya, lalu harus me-maintain ritme dengan tugas-tugas domestik yang saya yakini juga membutuhkan daya upaya tersendiri.


Ibu rumah tangga dengan dua balita tapi tetap produktif

Sepertinya saya harus banyak belajar mengatur ritme untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ibu rumah tangga yang mengurus sendiri anak-anaknya demi menjadi generasi rabbani terbaik sambil terus berprestasi. Semoga ke depan, makin banyak ibu-ibu muda yang menyadari tugas dan kodrat mulianya sebagai seorang istri dan ibu yang membanggakan. 

Dream Shine, Think Shine, Experience Shine

Kalau tentang blog, silahkan bertandang langsung ya. Sepertinya Shine ingin merepresentasikan nama Shine dalam desain blognya, kuning yang bercahaya dan terang benderang. 


Penampakan blog Shine Fikri

Hanya saja, saya memang sedikit bingung untuk mencari kategori yang ingin saya temukan. Hm, sekedar saran mbak Shine, tool bar nya dibagi dalam kategori saja untuk mempermudah pencarian pembaca ya.. Kan sayang, kalau ada tulisan sekeren Jadilah Agen Perubahan #BeliYangBaik Untuk Masa Depan Cerah ini jadi terlewatkan. Apalagi kalau ada info-info yang sangat penting untuk orang tua yang lain :)

At last, terus berkarya ya mbak Shine, berkah dengan semua karya dan keluarga tercinta^^

Buat yang ingin tahu karya-karya Shine Fikri, langsung aja meluncur ke daftar di bawah ini ya, nggak seru dong kalau saya ceritakan semua disini :)





    

Prita Hw

3 komentar:

  1. Tetap semangat ya mba shine, and shine like diamond for your family and dunia blog

    BalasHapus
  2. ahahahha, mba Pritaaaa :*
    jadi ngikik malem2, duh malu...

    yuk ah ketemuan lagi mba, belum sempet ngobrol panjang kita :D

    thanks y mba sarannya, dari kemaren2 mau bikin kategori tapi ada aja halangannya *excuse :D

    senang bisa berkenalan dg dirimu apalagi ketemu langsung, aduh surprise bgt deh ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa, soon ya kita ketemuan inshaallah, pengen rumpi2an seru lagi, tapi versi nyatanya dong, maya mulu idup, wkwkwkwk^^

      Hapus