Mempersiapkan MPASI 6 bulan, Bagaimana Caranya ?

MPASI atau makanan pendamping ASI 6 bulan merupakan makanan wajib untuk diperkenalkan kepada bayi anda. Bagaimanapun juga, seiring dengan perkembangan usianya yang sudah mencapai 6 bulan, anda para ibu yang bijak pasti ingin memperkenalkan dan melatih skill bayi anda agar terlatih mengenal makanan selain ASI.

Ada banyak ragam resep yang bisa dicoba bagi ibu untuk mengolah atau bahkan membuat sendiri MPASI 6 bulan.



Mempersiapkan MPASI 6 bulan itu menyenangkan

Beragam resep bisa anda hunting lewat saling bertukar informasi antar ibu yang memiliki bayi berusia 6 bulan, atau mengikuti berbagai grup yang membahas tentang tema tersebut, dan yang paling umum adalah mencari informasi di internet yang dibagikan lewat laman blog seseorang ataupun komunitas tertentu. Dengan begitu, kebutuhan akan peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk MPASI 6 bulan juga penting untuk ibu ketahui.

Namun, sebelum kita membahas apa saja peralatan yang perlu dipersiapkan untuk MPASI 6 bulan, terlebih dahulu anda bisa mengenali ragam jenis makanan apa saja yang bisa diolah atau dibuat sendiri, misalnya :

Pilihlah makanan yang cair atau bertekstur lunak

Sebagai contoh, anda bisa membuatkan bubur susu, bubur saring, bubur susu dan biskuit, atau bubur biasa. Sebaiknya tidak perlu menambahkan gula atau garam supaya bayi mengenal rasa alami makanan dan tidak ketergantungan pada rasa tertentu, terutama bila usianya belum sampai 1 tahun. Sebaiknya anda juga tidak terlalu sering memberikan bubur instan yang banyak dijual di supermarket. Karena itu, variasikan dengan menu kreasi anda.

Kenalkan juga rasa buah-buahan

Buah-buahan bergetah juga sangat bagus untuk dikenalkan dan melatih gerak untuk merangsang pertumbuhan gigi, seperti buah pisang ambon, buah pisang raja, pepaya, jeruk, mungkin juga labu. Latihlah 2-3 hari dengan buah yang sejenis, lalu bisa berganti lagi setelahnya sehingga bayi lebih mengenal jenis rasa buah. Bila perlu, untuk mencegah diare, anda bisa mencampurkan susu dengan jumlah terbatas.

Jika ragam makanan yang akan anda kreasikan sudah mulai anda pelajari, baru kita akan mengenal bersama tentang apa saja peralatan yang perlu dipersiapkan untuk MPASI 6 bulan, yaitu :

Peralatan mengolah makanan

Buat anda yang ibu rumah tangga fulltime atau wanita karier, akan sangat terbantu bila menyediakan berbagai alat pengolah MPASI 6 bulan yang praktis. Misalnya seperti slow cooker - alat untuk membuat bubur tim secara praktis, mirip memasak nasi dalam rice cooker mungkin ya, sekalinya cemplung, kemudian anda tinggal menunggunya jadi.




Peralatan yang membantu anda mengolah MPASI 6 bulan

Ada juga seperti food maker set, peralatan lengkap yang terdiri dari alat pembuat MPASI 6 bulan, yaitu parutan, saringan, atau perasan jeruk. Atau anda juga bisa melengkapi dengan food processor alias semacam blender untuk membuat jus dan menghaluskan bubur, namun dengan ukuran lebih kecil dan hasil olahannya sedikit bertekstur, tidak halus sama sekali seperti blender pada umumnya. Ini supaya si kecil lebih mengenali makanan bertekstur.

Celemek Bayi

Celemek bayi ini mungkin banyak dianggap sepele, tapi sebenarnya sangat penting. Celemek yang lembut dan dengan model yang menarik membuat bayi anda juga lebih bersemangat, selain itu, baju lucunya juga aman jika sewaktu-waktu makanannya tumpah secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Celemek penambah semangat makan si kecil

Gelas bayi

Sebenarnya mungkin bagi anda sebagian berpikir bahwa alat yang satu ini tidak begitu diperlukan, sebab anda masih bisa menyuapi air putih dengan sendok untuk diminum. Tapi, coba anda pikirkan kembali, kapan anda akan mengenalkannya cara meminum yang baik dan benar seperti anak-anak dan orang dewasa pada umumnya ?


Botol dan gelas bayi yang lucu

Nah, inilah saatnya. Biarkan bayi anda berkreasi dari prosesnya sendiri, dan anda membantu untuk mengarahkan dan memilih peralatan yang tepat. Gelas bayi yang lucu dengan pegangan yang pas juga banyak dijual. Tapi ingat, pilihkan hanya yang terbaik dan ergomonis bagi bayi anda. Bentuk dan modelnya yang lucu membuat bayi anda tertarik. Jangan lupa untuk memperhatikan bahan yang BPA free.

Piring, mangkok, dan sendok bayi

Ini merupakan peralatan utama yang bisa menjadi salah satu faktor si kecil tertarik pada MPASI yang anda sajikan. Bentuknya yang lucu, dengan banyak karakter dan warna warni yang menawan akan membuat anda sebagai orang tua menjadi gemas. Tapi ingat, jangan membelinya hanya karena lucu, tapi juga memperhatikan fungsi. Sama dengan gelas bayi, selalu pilih yang BPA free dan bentuk yang ergonomis. Dan jika perlu, pilih juga bahan yang tahan banting, sehingga masih bisa dipakai beberapa bulan ke depan.


Peralatan makan yang menggoda

Yap para ibu, sekarang sudah lebih jelas dong yah tentang apa saja menu yang bisa anda kreasikan dan kira-kira peralatan apa saja yang perlu anda siapkan. Kalau begitu, mari menikmati masa mempersiapkan MPASI 6 bulan.

Prita Hw

2 komentar:

  1. wah, penting bnaget ini infonya kalo udah lahiran nnati Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah,bs dibaca sewaktu2 mb:) sy juga buat arsip sendiri meski masih berusaha program, hihihi. semoga lancar ya mbak sampai lahiran,amien..

      Hapus