Memilih Baju Bayi Aman dan Nyaman, Bagaimana ?

Memilih baju bayi mungkin menjadi tantangan tersendiri buat anda para orang tua, lebih lebih yang masih newbie atau termasuk pendatang baru. Mungkin kalau anda sudah berpengalaman dengan kelahiran anak pertama, tak akan sulit untuk mengasuh yang kedua, dan seterusnya.Namun, untuk orang tua yang baru pertama memiliki bayi, tentu memilih baju bayi menjadi sesuatu yang amat baru.


Pilih yang nyaman dan aman untuk bayi

Memilih baju bayi berbeda dengan memilih baju anak-anak, apalagi dewasa. Jika anak-anak sudah bisa menyampaikan maksud lewat perkataannya, bayi hanya bisa menyampaikan maksud lewat bahasa abstraknya. Entah dengan tangisan atau erangan misalnya.

Karena itu, dalam memilih baju bayi diperlukan kepekaan orang tua untuk bisa memahami dengan tulus apa yang menjadi keinginan mereka. Atau lebih jauh, apa yang mereka rasakan.

Ada dua kata kunci untuk memilih baju bayi, yaitu yang aman dan yang nyaman. Bagaimana kira-kira ?

Memilih Baju Bayi yang Aman  

Baju bayi yang aman menjadi prioritas nomor satu. Sebab bayi belum bisa mengamankan dirinya sendiri seperti layaknya anak yang berusia lebih besar atau orang dewasa.


Pilih baju bayi yang aman

Pilihlah baju bayi yang aman dari segi pernak pernik yang melengkapi baju itu sendiri. Biasanya, banyak orang tua yang tergiur oleh modelnya yang lucu, tapi lalai tentang kemanannya.

Hindari model yang terlalu ribet dan membuat bayi anda dalam bahaya, seperti :
  • Baju yang beraksesori kancing, pita, payet, manik-manik, dan pernik keras lainnya. Sebab bila pernik tersebut lepas dari bahannya, biasanya mudah tercecer dan bisa menjadi ‘mainan baru’ yang bahaya bila dimasukkan ke dalam mulutnya.
  • Baju yang terdapat kancing di belakang, lebih baik pilih yang berkancing depan. Kenapa ? Sebab posisi bayi sampai usia sebelum 4 bulan, masih banyak terlentang, sehingga letak kancing di belakang baju bisa menjadi pengganjal untuk posisi tidurnya. Kancing di depan juga bisa memudahkan anda untuk memasukkan lewat kepala, apalagi kepala bayi untuk usia dini masih sangat rentan.
  • Baju yang memakai karet elastis di pergelangan tangan kaki maupun pinggang, karena itu menyebabkan sedikit sesak dan juga meninggalkan bekas.
  • Baju yang memiliki kerutan menumpuk yang terlalu tebal juga bisa menimbulkan efek sesak.

Memilih Baju Bayi yang Nyaman
   
Selain baju yang aman, faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah soal kenyamanan. Faktor ini adalah segalanya untuk anak. Bila tak nyaman, bayi anda pasti juga akan risih dan berujung pada rewel.

Pilih baju bayi yang nyaman


Jika anda memiliki bayi rewel, tentu sebagai orang tua, anda pun ingin mencari akar masalahnya, bukan ? Nah, ada baiknya mengantisipasinya sebelum itu terjadi pada anda.

Memilih baju bayi yang nyaman, haruslah diperhatikan hal-hal seperti :
  • Hindari pemilihan bahan yang tidak menyerap keringat, seperti nilon, parasut, jeans, dan polyester. Sebab keringat yang berlebihan akan menyebabkan bakteri masuk dan menimbulkan biang keringat. Sebaiknya pilih bahan yang terbuat dari katun.
  • Hindari pemilihan bahan yang terlalu tebal dan juga memicu munculnya keringat berlebihan, bahkan meski hanya di bagiann tertentu, seperti leher. Kecuali bila memang cuaca sedang memasuki musim hujan dan pancaroba yang lebih dingin dari biasanya.
  • Hindari membeli baju bayi yang terlalu pas dengan ukuran badannya, apalagi sampai sangat ketat di bagian lengan, leher, ketiak, dan selangkangan. Ingat, kulit bayi masih belum terbentu sempurna jaringan kulitnya, sehingga mudah terkena gesekan.
Itulah cara memilih baju bayi yang aman dan nyaman. Sebaiknya jangan tergiur oleh model yang aduhai atau harga yang miring, tapi tetapkan faktor aman dan nyaman sebagai prioritas anda.

Memilih baju bayi laki-laki yang berkualitas, anda bisa melongok disini dan untuk memilih baju bayi perempuan yang berkualitas, silakan lihat-lihat disini.

Terakhir, perhatikan reaksi bayi saat sedang memakainya, apakah ekspresinya berubah atau ada tingkahnya yang menurut anda lain dari biasanya. Jika ada, teliti lagi baju yang dikenakannya.

Selain itu, cucilah baju bayi dengan sabun cair, hindari sabun bubuk dan pewangi yang dapat menimbulkan iritasi karena kandungan zat kimia yang lebih kuat.

Selamat memilih baju bayi yang aman dan nyaman untuk buah hati tercinta.

Prita Hw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar