A Little Story About NgobCan OPPO

Kata pertama yang pengen saya ucapkan adalah permohonan maaf. Lho kok ? Karena baru muncul untuk menulis a little story about Ngobrol Cantik OPPO yang digelar Blogger Perempuan Network.

Jujur, saya senengggg banget lah bisa terpilih sebagai salah satu peserta, mengingat sebelumnya harus bikin tulisan dulu, kenapa sih saya harus ikutan ini acara. Tapi, nggak perlu saya bahas lagi ya, langsung cus aja kesini untuk baca alasan yang saya sampaikan waktu itu :)

Kesan pertama pas dateng ke acara NgobCan ini, jujur deg-degan banget, karena saya ngajak suami yang tentu berjenis kelamin laki-laki, hahaha... Saya terlalu terpatok dengan kata PEREMPUAN. Gender banget kan saya. Cuma nggak lucu aja bayangin diantara para perempuan dan sebagian besar hijaber, ada sosok dia. Eh, tapi itu cuma bayangan cupu saya doang. Orang-orang OPPO dan cafe nya ya kan laki-laki juga, wkwkwkwk. Sumpah, pengen ketawa ini nulisnya :)

Lupakan soal kecupuan saya, lanjut pada kesan kedua saya, soal tempatnya yang kereeeennnn pake banget. 2Madison yang bertempat di daerah Kemang ini ternyata juga sekaligus tempat pamer karya home decor and art. Setiap sudutnya sangat instagrammable, cakep buat jeprat jepret gitu. Lihat aja nih aksi saya yang sok-sok an lihat-lihat tapi nggak beli, hahaha... Survei dulu lah :)) ~alesan

Keren banget kan showroom nya, ini khusus handbag dan pashmina

Lalu, apa saja yang saya dapat ? Selain snack dan minum free, juga sesi makan bareng setelah NgobCan, pastinya dapet ilmu dong! Tak lupa, doorprize dan goodie bag yang memang harus dan wajib saya bawa pulang. Ya, semacem hunter lah saya ini kalau ada beginian :)

Oke, fokus. Soal ilmu, dari pembicara pertama, si Mbak Linda Kayhz, seorang beauty vlogger yang akun Youtube nya diikuti oleh puluhan ribu subscriber! Wow.

Ini yang namanya Mbak Linda, sama kan imutnya ? :)

Si mbak cantik nan imut ini membagi kisahnya. Awalnya hanya karena kesenangan untuk berbagi tentang make up dan segala tips n' trik nya, tapi siapa sangka ternyata banyak banget yang justru ketagihan. 

Dimulai dari akun twitter, Mbak Linda pun beralih menuju Youtube agar detail tutorialnya bisa dengan mudah disimak. Dan untuk membuat video itu awalnya memang tak mudah lho, nggak semua orang biasa untuk ber make up sambil  ngomong, dan stabil gitu.. Tapi karena jam terbang, ya semuanya akhirnya terbiasa.

Terus, apa sih resepnya bisa dilanggan banyak orang itu ? Buat kamu yang Youtubers perlu menyimak nih :

Update rutin
Ini jadi komponen yang penting banget. Minimal kamu harus bisa berkomitmen dengan new post mu. Kalau Mbak Linda, a new video every week. Dengan begitu, para followers juga bersemangat untuk cari tahu. Ibaratnya toko kelontong yang sering buka dan yang sering tutup. Kamu pasti lebih memilih untuk belanja di toko yang sering buka, kan ? Karena pasti stok barangnya lebih lengkap dan selalu baru. Begitulah kira-kira :)
Jujur dan apa adanya
Nah, to be honest, please. Maksudnya adalah, awal ini semua dimulai adalah karena niatan berbagi. Jadi ketika kamu sedang menyampaikan review tentang suatu produk tertentu, jujur aja tentang apa plus dan minusnya. Tujuannya, karena followers kamu bakal mengambil apa yang kamu sarankan. Kalau si Mbak Linda ini, meski dirinya sudah banyak permintaan endorse, tapi dirinya tetap memperhatikan poin ini. Salut!  

Memiliki karakter sendiri
Mbak Linda paham betul dengan karakter dia yang apa adanya. Jadi dia tidak memaksakan untuk menjadi orang lain dalam tutorial yang dibuat. Ketika salah satu peserta menanyakan, ada kemungkinan nggak sih Mbak Linda ini bermain make up ala karakter kartun atau tokoh tertentu ? Dengan tegas, Mbak Linda menjawab bahwa itu bukan genre nya. Jadi, berusahalah untuk expert pada apa yang menjadi karaktermu. Noted.

Menampung ide subscriber atau follower
Nah, kalau yang ini bisa jadi kayak feedback ya atas apa yang telah diupayakan. Saran dan kritik pasti perlu banget, meski akan selalu ada lovers dan haters biasanya. Tapi, kalau menurut pengakuan Mbak Linda sih, dia sampai menyebut followers nya sweetie. Saking baik-baiknya. Jadi, perlu banget untuk kita bisa berkomunikasi dengan followers kita dengan menanggapi komen yang dirasa penting dan juga menampung apa masukannya. Kadang masukan itu jadi bahan berharga lho saat kita stuck. 
Dipandu oleh Mbak Nadila Fitria  host yang juga sering wara wiri di acara salah satu program Trans 7 ini, Mbak Linda pun harus mengakhiri sesinya. Thanks ya, Mbak !

Pembicara kedua tak kalah seru dan cantik pastinya, ada Mbak Lulu Elhasbu, si fashion blogger yang juga selebgram dengan followers hampir 300 ribu di Instagram. Sst, percaya nggak kalau sebenarnya Mbak Lulu ini malu lho difoto di depan umum kalau misalkan bukan untuk urusan pekerjaan ? Masa sih, menurut pengakuannya sih begitu. Urusan pekerjaan itu misalnya lagi fashion show atau pemotretan tertentu.

Bareng Mbak Lulu Elhasbu, semoga nggak kayak iklan before after ya :p

Hm, lalu gimana sih cara untuk meningkatkan followers di Instagram, mbak ? Wah, saya yang kali ini mupeng banget pengen tahu. Keliatan ya, wanna be banget. Hahaha, biasa lah, newbie kan harus membangun image :) Simak tips nya :

Niat berbagi
Sama seperti Mbak Linda, Mbak Lulu juga memegang teguh prinsip ini. Awalnya kenapa memiliki akun dan kemudian merawatnya, selain kebutuhan berelasi, karena pasti juga ingin berbagi sesuatu yang bermanfaat. Siapa tahu dari apa yang dibagi, menjadi inspirasi untuk yang lain. Sampai-sampai untuk soal lovers dan haters, Mbak Lulu nggak terlalu mempedulikan. Dulu banget, kalau sempat, ia hapus misal ada yang bikin ribut di thread comment. Tapi, sekarang, misal nggak terlalu mengganggu sih, biarin aja. Termasuk online shop yang juga sering promo di thread itu. "Itung itung bagi-bagi lapak", katanya sambil tersenyum manis.

Rajin Update
Kalau yang ini kurang lebih sama dengan yang disampaikan Mbak Linda di atas ya. Semakin sering, semakin besar kemungkinan followers bertambah.

Foto yang apik dan bercerita
Foto yang apik disini bukan harus pakai standar kamera tertentu, tapi lebih pada kualitas gimana kita menyajikannya. Maksudnya, kalau pose ootd misalnya, nah bisa perhatikan latar foto, juga posenya. Mbak Lulu sampai memperagakan teknik berfotonya, modelling dikit nih. Mainkan pundak dan wajah menghadap kemana, juga tangan. Misal tangan tak dipakai, mending sembunyikan. Sedang bila mata tak tertuju kamera, maka tataplah satu titik supaya tak kosong. Weih... 

Setelahnya, perhatikan dari foto satu ke foto lain, misal kita ingin menceritakan hari itu kita pergi kemana, maka di foto itu, Mbak Lulu sering membagikannya seperti cerita berseri. Misal, Pagi ini kemana, siang kemana, lalu terakhir kemana. Setidaknya, informatif lah ya...

Mbak Lulu on Instagram

Selain itu, kalau kita ada waktu, boleh juga untuk mengeditnya sehingga terkesan apik, bukan diputihin banget dan jadi nggak wajar lho ya :)

Ada keragaman foto 
Keragaman disini maksudnya, bukan hanya berisi foto-foto narsis terus. Variasikan dengan hal apa yang menarik, misal sarapan pagi kita, atau buku terbaru yang sedang dibaca, atau bisa jadi sudut ruangan yang oke. Dan sambungkan dengan kata-kata motivasi atau quote yang bikin semangat, sesuai konteksnya.

Yuhuuu, akhirnya lengkap sudah serapan ilmu dari kedua pembicara. Sesuai temanya, "Youtube & Instagram : Strategies to Grow Your Audience", dua orang ini memang mewakili banget.

Dua pembicara, Mbak Linda dan Mbak Lulu

Sebelum makan dan pulang, sesi foto bareng dong dengan seluruh peserta yang cantik-cantik, tim OPPO, juga tim Blogger Perempuan yang sangat semangat membagi ilmu dan membentuk networking diantara para blogger. 

Cheers!

Thanks tim Blogger Perempuan
Alhamdulillah juga, akhirnya saya juga membawa doorprize dari OPPO dan juga goodie bag dari Calysta Skin Care. Meski bukan HP nya ya ~ngarep~, beruntunglah saya dapet kaos OPPO Community dan diary blocknote. Meski itu didapet dengan usaha ding, bukan beruntung, kan harus ngajuin pertanyaan dulu :) Kalau yang goodie bag, baru deh dapet semua, isinya facial wash dan sun screen, pas banget sabun muka saya lagi menipis, hahaha :)

Yeyyyy, dapet doorprize dan goodie bag!

Anyway, nggak sengaja juga ketemu temen kongkow hari sebelumnya, Salman Faris, yang juga travel blogger, yang ternyata diundang khusus sama salah satu founder Blogger Perempuan. Oalahhh...
Terakhir, ijinkanlah saya foto-foto sama para lelaki ini. Special thanks buat my luvly husband yang setiaaaaaa bangettttt, jadi ojek sampai jadi tukang foto.

Ini namanya Salman Faris, FYI aja :)

My luvly husband, I love u to the moon n' back :*

Thanks semuanya. Sampai ketemu di NgobCan mendatang ya...~~~








Prita Hw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar