Tips Merayakan Weekend Biar Seseru Liburan

Tips Weekend
Sumber : http ://izifunny.com
         
Minggu biasanya buat sebagian orang, terutama pekerja kantoran adalah hari yang istimewa. Untuk apa? Untuk merayakan 'kemalasan', haha.. Maklum, rutinitas harian mau nggak mau memang butuh yang namanya break for a while.

Tapi ternyata merayakan 'kemalasan' ada banyak cara. Bukan hanya sekedar bangun kesiangan, atau lebih pasnya di-siang-siangin bangun, terus makan, terus molor lagi. What's? Membosankan banget yah, meskipun itu sah-sah aja sih, hehe.. Ada juga yang memanfaatkan 'malas' nya untuk hal-hal positif selain urusan kerjaan rutin, yaitu melakukan hobi. Apa aja boleh hobinya, selain makan dan minum, juga dengerin musik. Itu lazimnya udah jadi rutinitas, kan?

Sama kayak saya dan suami nih, kami berdua hobi keluyuran alias ngelayap. Kemana? Kemana aja asal ada yang bisa dilihat. Biasanya sih, kami berburu event-event menarik, selain berkunjung untuk eksplorasi beberapa destinasi wisata. Katanya mau males-malesan? Lah kok malah capek? Coba dulu, baru komen deh! Asli, fisik yang capek seadanya karena perjalanan, bukan capek yang kebanyakan yah, nggak ada apa-apanya sama feedback otak fresh yang kamu dapat.


Tips weekend

Tips weekend

Tips weekend

Tips weekend

Event-event seperti itu keren banget di mata kami. Ada banyak event juga yang bisa kita cari sesuai dengan minat kita, kok.

Sedikit share aja nih, saya dan suami udah hampir sebulanan ini, setiap hari Minggu kelayapan di event-event seru. Sepulang dari sana, kami selalu merasa 'kaya'. Ada aja cerita yang kami dapat, tambahannya sih kalau beruntung dapat hadiah-hadiah dibawa pulang. Dasar pemburu kuis dan doorprize, haha jadi ketauan!

Yang pertama, saat ada ajakan semi mendadak dari kawan-kawan komunitas dan wartawan untuk hunting foto Pesta Laut atau nadran 2015 di Muara Gembong, Desa Pantai Bahagia, di ujung utara Bekasi. Saya yang memang baru dua bulanan jalan tinggal di Bekasi otomatis excited banget. Secara mau lihat tanaman rapi berjajar layaknya taman kota nan cantik atau pantai yang terjangkau, susah banget kan, hiks. Nah, balik lagi, perjalanan lumayan jauh dari tempat tinggal kami di Kampung Mede yang melewati jalanan menyerupai offroad makin masuk ke desa makin membawa nuansa lega tersendiri. Lega karena akhirnya bisa lihat jalan lapang tanpa macet dan di kanan kirinya banyak pohon, serasa dibawa masuk ke suatu desa antah berantah.

Disana saya banyak belajar betapa kearifan lokal masih tersisa di Kabupaten Bekasi, daerah yang masih berdekatan dengan ibukota Jakarta. Tua, muda, anak-anak tumplek blek dalam keriuhan pesta yang esensinya adalah bentuk rasa syukur atas karunia alam yang telah memberi mereka mata pencaharian. Kembang 7 rupa, persembahan kepala sapi, dan beberapa ancak semacem suguhan makanan yang telah diberi doa, dilepas ke laut setelah melewati jajaran hutan mangrove. Tradisinya masih agak kejawen, mirip-mirip di Jogja, Solo, atau beberapa wilayah Jawa lainnya.

Tips weekend
Suasana nadran (pesta laut)

Lanjut, di hari Minggu yang kesekian, tepatnya pertengahan November, tepat tiga bulan pernikahan kami *abaikan*, saya menemani suami hunting foto dalam rangka lomba yang diadakan Pelindo atau IPC bekerjasama dengan Media Indonesia (MI) dan komunitas foto MI, Dari Balik Lensa. Kami nggak ada bayangan apa-apa, yang penting coba! Coba keberanian adu skill fotografi yang beberapa tahun terakhir menjadi hobi tetap suami. Juga coba keberuntungan kali kali menang *ngarep*, dan de javu aja kenapa setiap live in di suatu kota, aku selalu singgah tak sengaja di pelabuhan kota tersebut. Seperti di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, sampai Pelabuhan Semayang Balikpapan. Pengalamannya beda-beda!

Tips weekend

Tips weekend

Kali ini, hunting foto berlangsung dari pukul 10 setelah sesi briefing dan berakhir pukul 18.00. Cukup lama! Seru banget saat kami diajak ke terminal operasi 3 tempat bongkar muat, ke kantor pelayanan terpadunya, ke kantor planning control nya, ke kantor IKT layanan terpadu, dan ke terminal penumpang. Saya yang sebenarnya bukan peserta, karena hari itu saya bertugas jadi asisten fotograer suami, hihihi, ketiban rejeki nomplok. Dapat study tour gratis deh rasanya! Belum lagi merchandise topi, snack. hingga makan siang, dan transportasi antar spot dalam pelabuhan secara gratis! Lumayan pake banget! Dari situ, akhirnya kami bisa melihat bahwa pelabuhan Indonesia tak kalah dengan pelabuhan di negara lain karena kelasnya sudah internasional dan well management. 

Tips weekend

Tips weekend

Yang terbaru kemarin,nggak kalah seru. Tiba-tiba sekitar beberapa hari sebelum hari Minggu tiba,suami dapat undangan dari LensA Community, komunitas penghobi fotografi. Ternyata foto suami yang bertema biru dan dingin di lomba foto LensA terpilih untuk kopdar bareng Arbain Rambey. Yeay.. Bangga juga akhirnya bisa menyemangati suami yang punya potensi tapi masih butuh support untuk lebih berani unjuk karya.

Seru bingits kan ikutan event yang sesuai sama hobi atau passion kita. Coba deh ^o^

Well, sebenarnya merayakan 'malas' selain keluyuran kayak tadi juga bisa sih dilakukan di rumah. Misalnya kayak saya yang hobi baca sama nulis, dan kadang berkebun atau memasak. Ya tinggal explore aja hal-hal itu. Selalu ada aja ide kreatif kalau kamu memang bukan orang 'biasa' yang cuma melakukan hal itu-itu aja.

Nah, ada beberapa tips nih supaya weekend kamu menyenangkan dan merayakan 'malas' jadi satu kegembiraan :

  1. Kenali aktivitas yang jadi passion kita dan itu jarang dilakukan di hari-hari biasa (weekday)
  2. Gabung dengan komunitas yang sesuai minat kamu juga oke buat nambah relasi dan menikmati sesuatu yang baru.
  3. Bikin plan dalam sebulan, misal dua kali hari minggu untuk ngelayap, sisanya buat aktivitas di rumah. Atau terserah aja komposisinya.
  4. Jangan lupa untuk membubuhkan nilai di tiap aktivitas kita. Misal dengan menuliskannya dalam bentuk status di medsos atau tulisan di blog, atau foto-foto kece. Rekam jejak juga perlu loh.
  5. Just enjoy every moment. 

Hidup cuma sekali, nikmati dan jadikan berarti. 

Oke, selamat merayakan 'kemalasan' di akhir minggu besok. \m/


  

Prita Hw

15 komentar:

  1. Serunya kalau weekend jalan-jalan ya mba. Hihi
    Aku pas weekend malah kadang bekerja mba. Biar semangat kerja. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada jug emang yah mbak, kerjaan yg dilakuin pas weekendnya malah :)

      Hapus
  2. saya baru tahu ada pesta laut di bekasi.. thank you atas sharingnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ada di Mugo, kl ga salah tahun ini juga ada 2016, tar dikabari^^

      Hapus
  3. weekend bareng keluarga itu emang mengasyikan ya mba :)

    BalasHapus
  4. Kalau saya weekend, hari mengasuh anak-anak, setelah sepekan ditinggal seharian kerja, hihihi ... biasanya sih jalan-jalan bareng, cari mainan, atau ninton bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya mb jadi saat yg tepat buat full time ya ma anak2, asik jg tuh mbak udahan aktivitasnya :)

      Hapus
  5. krn kantorku buka dari senin ampe sabtu, jd seringnya sih minggu itu aku gunain utk istirahat mbak :D.. walopun kdg kalo bdn masih segeran baru deh jalan2 ama keluarga, sekedar cari kuliner baru aja :D.. yg ptg bisa ngerefresh pikiran kan yaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mbak, ada banyak cara, yg penting kitanya jadi manusia baru lagi besoknya, haha..

      Hapus
  6. Aku belum bikin plan sebulan mbak, lebih seringnya seminggu sekali, misal minggu ini kemana, berarti minggu depannya istirohat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mbak, bebas aja sih, lebih enak gitu memang, selang seling :) tapi minus tidur^^

      Hapus
  7. Kalau banyak acara keren sih Bandung juga banyak, tapi kalau waktunya bisa buat jejalanan gitu asyik sih, sayangnya nggak hihi :(

    BalasHapus