Hijaukan Eventmu!

written 10 Des 2008

...treat your guest to a green event next time and show them that your attention to their comfort and the health of the planet are important to you...



Hm, sepenggal kalimat itu saya temukan saat iseng-iseng mencari situs hijau di mesin pencari Google, dan inilah dia, vibrantevents.net.

Unik, menari, menantang, berbeda, cool, adalah sederet kata yang saya pilih untuk menggambarkan apa yang mereka tawarkan. Terlebih, buat para environmentalist atau pecinta lingkungan sejati.

Lihat saja sederet daftar jasa mereka, mulai dari mengelola energi CO2 tamu, yang nyatanya memang menjadi salah satu musuh utama bumi yang juga jadi pemicu pemanasan global. Dengan sistem canggih, energi CO2 kendaraan tamu diolah hingga ramah lingkungan, para klien penyelenggara event hanya perlu membayar sejumlah uang. Ada nama seperti DriveNeutral yang dikenal sebagai penghitung karbon kendaraan.

Apalagi ?

Makanan organik dari produk komunitas lokal adalah menu istimewa yang ikut menambah ke-khas-an EO ini. Tentu, dengan membeli produk lokal komunitas, pangan lokal pun dapat bertahan diantara gempuran produk impor. Selain itu, kesehatan pun terjamin dengan kualitas pangan organik yang bersih dari zat-zat kimia bernahaya. Dahsyatny lagi, sisa konsumsi dari makanan para tamu juga diolah menjadi kompos. Dari alam kembali ke alam.

Tak berhenti di situ, pihak EO juga menyarankan klien-nya untuk memilih undangan, dekorasi, sertasouvenir recycle sebisa mungkin. Lengkap dengan pentingnya tempat sampah dari bahan yang sama.

Soal recycle ini, ada lagi hal menarik lainnya. Soal lilin. Ya, lilin tak dipungkiri juga menjadi ornamen pentingg di beberapa event, seperti pesta ulang tahun ataupun pesta perkawinan. Ternyata, ada juga lilin yang ramah lingkungan, yaitu lilin yang tidak terbuat dari parafin, melainkan dari lilin lebah (beeswax). Menurut penelitian EPA (Environmental Protection Agency), parafin yang bahan dasarnya terbuat dari minyak petroleum ini mengeluarkan emisi racun saat dibakar dan dapat menimbulkan zat karsinogen (pemicu kanker). Sedangkan beeswax selain berbau alami, mendukung petani lokal, juga mengurangi membersihkan sampah yang menjadi alergen udara.

Eits, ternyata masih ada lagi.
Krisis air juga ikut-ikutan menjadi perhatian. Kampanye hemat air untuk masa depan juga dipajang di area toilet.

Sepertinya si penggagas EO ini benar-benar menyadari bahwa sekecil apapun tindakan yang manusia lakukan di muka bumi akan membawa dampak yang tidak terkira di masa depan. Jadi, tak ada salahnya kan membuat event pribadi kita menjadi lebih hijau ?
Boleh dicoba...   

-thil

Prita Hw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar