Gairah Segar dan Sehat di Pagi Hari

written 24 Jan 2009

Ughh..bangun pagi buat sebagian dari kita pasti bikin males banget yagh ? Sedikit banget orang yang bisa kita temui di pagi hari, kecuali yang memang udah terbiasa kan ?



Alhamdulillah, akhir-akhir ini saya udah bisa bangun pagi ! (gitu aja koq bangga...) Saat waktu Subuh memanggil, tepat jam 4 pagi, saya berusaha mengalahkan rasa kantuk yang akan selalu menyergap bila saya menunda bangun semenit saja... Memang sih, tahajud nya belum rutin, bertahap lah ya.. Aktivitas pertama, tentu saja salat subuh dong ! Dan heningnya waktu subuh benar-benar memberikan ketenangan dalam berdoa...Setelah itu, biasanya saya lanjut menaruh perhatian pada Al-Qur'an kesayangan untuk melanjutkan lembar-lembar ngaji pribadi saya, dan tak jarang langsung membaca juga arti suratnya langsung di terjemahan mungil warna merah pemberian seorang teman. Kadang juga, saya menyempatkan baca-baca buku favorit meski 3-5 halaman,..

Nah, yang dahsyat, ternyata ada penelitian juga loh secara ilmiah tentang betapa berharganya bangun di pagi hari. Sebuah penelitian Dr.Alexander Bruce dari Jerman yang pernah dimuat di majalah Al-Muslimun, menyatakan bahwa di waktu Subuh, banyak terdapat gas ozon, hormon pertumbuhan, dan cortisol yang sangat berguna banget. Kadar gas ozon itu mengandung banyak oksigen yang mampu mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. Gas ozon ini sedang mencapai puncaknya di jam-jam subuh dan akan menipis perlahan hingga matahari terbit. Silahkan dicoba, hirup nafas dalam-dalam, dan otak akan memperolaeh oksigen lebih cepat. Hasilnya, otak jadi lebih cepat nyambung saat diajak berpikir.

Masih tambah dahsyat lagi dengan adanya hormon pertumbuhan, yang sangat penting dalam memperbaiki takaran, kualitas, dan daya guna otak. Hormon ini meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak, yang membuat sel-sel syaraf menerima secara permanen apa yang sedang kita pelajari. Hapalan pun bisa tokcer ! Tapi, perlu diingat nih, hormon ini diproduksi saat kita tidur di tengah malam yang nyaman. Jadi, usahakan minimalisir begadang pastinya...

Bagaimana dengan cortisol ? Perannya membantu kita menghadapi stresor (penyebab stres) pada pagi hari, juga mengurangi peradangan dan keletihan. Puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang subuh.
Dan ternyata dalam Islam, Rasulullah rajin banget ngasih kita teladan yang ga ada duanya. Dulu, beliau selalu membangunkan sahabatnya untuk shalat subuh berjamaah di masjid. Para sahabat berjalan kaki bersama-sama keluar dari rumah untuk menunaikan shalat subuh.

Ini pun relevan dengan perintah Allah di QS.Al-Muzamil ayat 5 yang menyuruh kita untuk bangun di sepertiga malam terakhir, antara jam2 hingga 3 pagi...

Subhanallah, ternyata bangun pagi juga salah satu faktor yang membuat otak cerdas yah..Sebagai bukti, bisa kita lihat misal kita atau teman-teman di sekitar kita yang selalu bangun siang, biasanya wajahnya jadi kelihatan kurang segar dan sedikit lecek... Itu kan gara-gara mereka kehilangan gas ozon, hormon pertumbuhan, dan cortisol yang baik banget untuk kesehatan tadi...

Kalau ada pilihan gini sih, saya pasti lebih memilih sehat dong, sekarang lagi getol-getolnya ngajak suami nih, yang bangunnya agak siangan, jam 5-5.30 an dan setelah itu tidur lagi...hehehe..Saya sih ga patah arang, pernah sekali saya sukses mengajaknya olahraga senam-senam kecil di halaman belakang rusun yang sempit banget...Memang, setelah kegiatan baca-baca, biasanya saya senam-senam kecil, menggerakkan otot tangan, kaki, punggung, dada, dan baru tadi pagi, sambil sedikit nyontek-nyontek di majalah, saya coba senam otot, yang banyak memainkan hirup-buang napas, juga menyentuh titik akupunktur seperti di rahang pipi dan daun telinga...Setelahnya, biasanya saya bersiap menyirami aneka tanaman yang selalu membangkitkan semangat (tunggu yah cerita saya soal ini). Baru kemudian mengerjakan job-desc ibu rumah tangga, cuci piring yang menumpuk, juga cuci pakaian yang tidak terlalu banyak, saya sedang berusaha nih nyuci dua hari sekali, daripada nge-laundry 2 minggu sekali..Hasilnya, lumayan, hemat juga...

Dan semuanya selesai cepet loh...jam 8-8.30 biasanya udah beres dan langsung berpikir buat makan pagi...Mulai awal februari saya bertekad bangun lebih pagi, soalnya jam6.30 sudah harus berangkat ngantor yang jaraknya sekitar 1 jam dari rumah...

Bangun pagi memang selalu saya tunggu,..Aktivitas yang sungguh menyenangkan dan membangkitkan energi untuk memulai setiap hari yang saya jalani menjadi lebih berguna...

-sumber penelitian : majalah Muslimah, gambar : www.littlepiku.wordpress.com-

Prita Hw

1 komentar: